Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Video Pembelajaran Terhadap Proses Belajar Siswa SD Dimasa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Siti Nurharirah
Rasmitadila

Abstract

Permasalahan ini membahas kompetensi guru sekolah dasar selama pandemi covid-19 yang sangat rendah. Karena dikuranginya alokasi waktu pembelajaran sehingga pembelajaran terbatas. Keterbatasan teknologi yang digunakan oleh siswa, karena tidak semua siswa memiliki teknologi. Keterbatasan dalam berkomunikasi antara siswa dan guru, siswa dan siswa. Keterbatasan dalam penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir kesulitan guru SD dalam mengajar yang berkaitan dengan permasalahan kompetensi guru SD selama pandemi covid-19. Penelitian ini melibatkan 4 orang narasumber yaitu guru SDN Balandongan 1. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara secara langsung. Analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik wawancara. Hasil penelitian menemukan bahwa pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19 mengalami berbagai kendala bagi siswa dan guru, terutama jika berbasis pembelajaran online. Hambatan tersebut berupa kompetensi guru, ketimpangan teknologi, kesulitan guru dalam penilaian dan kesulitan dalam berkomunikasi. Penelitian ini telah memberikan jawaban dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SDN Balandongan 1 terkait topik permasalahan kompetensi guru SD selama pandemi covid-19 yang masih rendah.

Article Details

How to Cite
Nurharirah, S., & Rasmitadila. (2022). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Video Pembelajaran Terhadap Proses Belajar Siswa SD Dimasa Pandemi Covid-19. Karimah Tauhid, 1(5), 580–589. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i5.6494
Section
Articles
Author Biography

References

Zephisius RudiyantoEso Ntelok. (2021). PERAN GURU KELAS DALAMMENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. Vol. 5, No. 2, BulanJuliTahun2021, Hal. 148-155

Sudrajat, J. (2020). KOMPETENSI GURU DI MASA PANDEMICOVID-19. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis. Vol 13, No 2, (2020) 100-110.

Agustin M, dkk. (2021). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1 (2021) Pages 334-345.

Amelia R, dkk. (2021). Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Desain Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. ELSE (Elementary School Education Journal). Volume 5 Nomor 2 Agustus 2021.

Yusuf Siregar M, dkk. (2020). Strategi Guru dalam Meningkatkan KualitasMengajar selama Masa Pandemi COVID-19. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan. Volume 7 Nomor 2 Tahun 2020

Dr. Rina Febriana, M.Pd. (2019). Kompetensi Guru. Jl. Sawo Raya No. 18, Rawamangun Jakarta Timur oleh PT Bumi Aksara.

Prof. Dr. Conny R. Semiawan. Metode Penelitian Kualitatif. Jl. Palmerah Barat No. 33-37, Jakarta oleh PT Grasindo.

Rusmiati Aliyyah R, dkk. (2021). Model Pendampingan: Peran Guru Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Berprestasi. World Wide Journal of Multidisciplinary Research and Development (Feb-2021). ;7(2): 25-31.

Rasmitadila, dkk. (2021). Persepsi Guru Pembimbing Khusus terhadap Manfaat Model Strategi Pembelajaran Berbasis Sistem Pembelajaran Alamiah Otak (SiPAO) bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kelas Inklusif. DIDAKTA TAUHIDI : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 8 Nomor 2, Oktober2 021: 87-103

Saragih H. (2008). KOMPETENSI MINIMAL SEORANG GURU DALAM MENGAJAR. JURNAL TABULARASA PPS UNIMED. Vol.5 No.1, Juni 2008

Linda R.F.C & Ngazizah N. (2021). Kompetensi Guru terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021. P-ISSN: 2579-625.

Drs. M. Aunur Rofiq, MA. (2009). Pengelolaan Kelas. Malang: Direktorat Jendral PMPTK - academia.edu

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>