Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Games Quiziz Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di SDN Cisarua 01
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14767Keywords:
Media Pembelajaran, Minat Belajar, QuizizAbstract
Meskipun penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi meningkatkan minat siswa dalam kegiatan pembelajaran, namun kenyataannya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi masih belum dimanfaatkan secara maksimal oleh para pendidik. Beberapa permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran di kelas IV SDN Cisarua 01 adalah: 1) Beberapa peserta didik tidak konsentrasi ketika belajar 2) Sebagian peserta didik mengobrol pada saat pembelajaran 3) Peserta didik terlihat bosan pada saat pembelajaran 4) Penggunaan media pembelajaran yang monoton 5) Peserta didik kurang bersemangat, mengikuti pembelajaran 6) Materi IPA cukup sulit dipahami . Metode penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi terhadap satu guru dan enam siswa di kelas IV. Prosedur analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi teknik . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Games Quiziz Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV di SDN Cisarua 01. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu 1) Media Quiziz berpengaruh terhadap Minat belajar belajar siswa dalam mata pelajaran IPA 2). Siswa lebih giat belajar, terdapat peningkatan minat belajar, menciptakan suasana pembelajaran yang lebih aktif, bervariasi, efektif dan efisien, dan materi pembelajaran dapat disajikan lebih menarik. siswa merasa senang karena pembelajaran tidak membosankan, mempermudah guru dalam pembelajaran, membantu dalam menyampaikan materi pembelajaran karenan banyak fitur-fitur di dalamnya.3) Kendala yang yang dialami ketika menggunakan Quiziz yaitu jaringan yang tidak stabil , Solusinya sekolah harus Memfasilitasi wifi yang dapat digunakan oleh banyak siswa baik di lantai atas dan di lantai bawah, Kendala kedua adalah batas waktu yang diberikan terlalu singkat. Solusinya siswa harus lebih maksimal dalam belajar sebelum mengerjakan soal quiz, karena waktu dalam pembuatan soal menggunakan quiziz disesuaikan dengan tingkat kesukaran soal yang akan di buat.
References
Ailnil, Y. Il. (2019). (PElNTIlNG) Pelmanfaatan Meldila Pelmbellajaran Quilzilzz Untuk Pelmbellajaran Jelnjang Pelndildilkan Dasar Dan Melnelngah Dil Belngkulu. Jurnal Kelpelndildilkan, 2(25), 1–6.
Al Mawaddah, A. W., Hildayat, M. T., Amiln, S. M., & Hartatilk, S. (2021). Pelngaruh Pelnggunaan Meldila Pelmbellajaran Quilzilzz telrhadap Hasill Bellajar Silswa pada Mata Pellajaran Matelmatilka mellaluil Darilng dil Selkolah Dasar. Jurnal Basilceldu, 5(5), 3109–3116. https://doil.org/10.31004/basilceldu.v5il5.1288
Dr. Umar Sildilq, M.Ag Dr. Moh. Milftachul Choilril, M. (2019). Meltodel Pelnelliltilan Kualiltatilf dil Bildang Pelndildilkan. Iln Journal of Chelmilcal Ilnformatilon and Modellilng (Vol. 53, Ilssuel 9). http://relposiltory.ilailnponorogo.ac.ild/484/1/MElTODEl PElNElLIlTIlAN KUALIlTATIlF DIl BIlDANG PElNDIlDIlKAN.pdf
Ilskandar. (2019). Pelmanfaatan Meldila Pelmbellajaran Belrbasils Telknologil Ilnformasil dalam Melnilngkatkan Milnat Bellajar Pelselrta Dildilk Kellas VIlIlIl.2 dil MTs Nelgelril Pilnrang. Celntral Lilbrary of Statel of Ilslamilc Ilnstiltutel ParelParel, 18–138. http://relposiltory.ilailnparel.ac.ild/1182/1/17.0211.011.pdf
Khatilmah, A. H., Bundu, P., & Prilma Filndilga, B. (2018). Pelngaruh Pelnggunaan Meldila Pelmbellajaran Quilzilzz Telrhadap Milnat Bellajar Silswa Kellas V Selkolah Dasar Thel Elffelct Of Usilng Quilzilzz Lelarnilng Meldila on thel Lelarnilng Ilntelrelst of Filfth Gradel Ellelmelntary School Studelnts. Pilnilsil Journal of Art, Humanilty, and Socilal Studilels, 1–13. https://siltel.undilpa.ac.ild/vilsilon-milssilon/
Kurnilawan, R. (2023). Pelmanfaatan Meldila Pelmbellajaran Seljarah Kelbudayaan Ilslam Dil Madrasah Alilyah Nelgelril 2 Kabupateln Probolilnggo. Skrilpsil, Aprill, 1–77.
Melntaril, R. (2017). Studil Delskrilptilf Faktor-Faktor Kelsuliltan Bellajar Silswa Pada Mata Pellajaran Ilpa Matelril Gaya Dan Pelsawat Seldelrhana Kellas 5 Mil Milftahul Ulum Bumiljawa Kabupateln Telgal Tahun Ajaran 2016/2017. Skrilpsil, 14.
Nurjannah. (2023). Pelnggunaan Aplilkasil Quilzilzz Telrhadap Milnat Bellajar Silswa Dil MTsN 2 Pellalawan Usel of thel Quilzilzz Applilcatilon on Studelnt Lelarnilng Ilntelrelst at MTsN 2 Pellalawan.
Purba, L. S. L. (2019). Pelnilngkatan Konselntrasil Bellajar Mahasilswa Mellaluil Pelmanfaatan Elvaluasil Pelmbellajaran Quilzilzz Pada Mata Kulilah Kilmila Filsilka Il. Jurnal Dilnamilka Pelndildilkan, 12(1), 29. https://doil.org/10.33541/jdp.v12il1.1028
Rahardjo. (2017). Studil kasus dalam pelnelliltilan kualiltatilf : Konselp dan proseldurnya. Journal of Matelrilals Procelssilng Telchnology, 1(1), 1–8. http://dx.doil.org/10.1016/j.cilrp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doil.org/10.1016/j.powtelc.2016.12.055%0Ahttps://doil.org/10.1016/j.iljfatilguel.2019.02.006%0Ahttps://doil.org/10.1016/j.matlelt.2019.04.024%0Ahttps://doil.org/10.1016/j.matlelt.2019.127252%0Ahttp://dx.doil.o
Sugilyono (2019). Meltodel Pelnelliltilan Kuantiltatilf, Kualiltatilf, dan R&D. Bandung : Alphabelt.
Slamelto. (2010). Bellajar dan Faktor-Faktor Yang Melmpelngaruhilnya. Jakarta : Rilnelka Cilpta.
Millels, M.B, Hubelrman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualiltatilvel Data Analysils, A Melthods Sourcelbook, Eldiltilon 3. USA: Sagel Publilcatilons. Telrjelmahan Tjeltjelp Rohilndil Rohildil, UIl-Prelss
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anisa Fitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.