Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Games Quiziz Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di SDN Cisarua 01

Authors

  • Anisa Fitri Universitas Djuanda
  • La Ode Amril Universitas Djuanda
  • Muhammad Ichsan Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14767

Keywords:

Media Pembelajaran, Minat Belajar, Quiziz

Abstract

Meskipun penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi meningkatkan minat siswa dalam kegiatan pembelajaran, namun kenyataannya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi masih belum dimanfaatkan secara maksimal oleh para pendidik. Beberapa permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran di kelas IV SDN Cisarua 01 adalah: 1) Beberapa peserta didik tidak konsentrasi ketika belajar 2) Sebagian peserta didik mengobrol pada saat pembelajaran 3) Peserta didik terlihat bosan pada saat pembelajaran 4)  Penggunaan media pembelajaran yang monoton 5) Peserta didik kurang bersemangat, mengikuti pembelajaran 6) Materi IPA cukup sulit dipahami . Metode penelitian ini menggunakan penelitian  studi kasus kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi terhadap satu guru dan enam siswa di kelas IV. Prosedur analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi teknik . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran  Games Quiziz Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV di SDN Cisarua 01. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu 1) Media Quiziz berpengaruh terhadap Minat belajar belajar siswa dalam mata pelajaran IPA 2). Siswa lebih giat belajar,  terdapat  peningkatan minat belajar, menciptakan suasana pembelajaran yang lebih aktif, bervariasi, efektif dan efisien, dan materi pembelajaran dapat disajikan lebih menarik. siswa merasa senang karena pembelajaran tidak membosankan, mempermudah guru dalam pembelajaran, membantu dalam menyampaikan materi pembelajaran karenan banyak fitur-fitur di dalamnya.3) Kendala yang yang dialami ketika menggunakan Quiziz yaitu jaringan yang tidak stabil , Solusinya sekolah harus Memfasilitasi wifi yang dapat digunakan oleh banyak siswa baik di lantai atas dan di lantai bawah, Kendala  kedua adalah batas waktu yang diberikan terlalu singkat. Solusinya siswa harus lebih maksimal dalam belajar sebelum mengerjakan soal quiz, karena waktu dalam pembuatan soal menggunakan quiziz disesuaikan dengan tingkat kesukaran soal yang akan di buat.

References

Ailnil, Y. Il. (2019). (PElNTIlNG) Pelmanfaatan Meldila Pelmbellajaran Quilzilzz Untuk Pelmbellajaran Jelnjang Pelndildilkan Dasar Dan Melnelngah Dil Belngkulu. Jurnal Kelpelndildilkan, 2(25), 1–6.

Al Mawaddah, A. W., Hildayat, M. T., Amiln, S. M., & Hartatilk, S. (2021). Pelngaruh Pelnggunaan Meldila Pelmbellajaran Quilzilzz telrhadap Hasill Bellajar Silswa pada Mata Pellajaran Matelmatilka mellaluil Darilng dil Selkolah Dasar. Jurnal Basilceldu, 5(5), 3109–3116. https://doil.org/10.31004/basilceldu.v5il5.1288

Dr. Umar Sildilq, M.Ag Dr. Moh. Milftachul Choilril, M. (2019). Meltodel Pelnelliltilan Kualiltatilf dil Bildang Pelndildilkan. Iln Journal of Chelmilcal Ilnformatilon and Modellilng (Vol. 53, Ilssuel 9). http://relposiltory.ilailnponorogo.ac.ild/484/1/MElTODEl PElNElLIlTIlAN KUALIlTATIlF DIl BIlDANG PElNDIlDIlKAN.pdf

Ilskandar. (2019). Pelmanfaatan Meldila Pelmbellajaran Belrbasils Telknologil Ilnformasil dalam Melnilngkatkan Milnat Bellajar Pelselrta Dildilk Kellas VIlIlIl.2 dil MTs Nelgelril Pilnrang. Celntral Lilbrary of Statel of Ilslamilc Ilnstiltutel ParelParel, 18–138. http://relposiltory.ilailnparel.ac.ild/1182/1/17.0211.011.pdf

Khatilmah, A. H., Bundu, P., & Prilma Filndilga, B. (2018). Pelngaruh Pelnggunaan Meldila Pelmbellajaran Quilzilzz Telrhadap Milnat Bellajar Silswa Kellas V Selkolah Dasar Thel Elffelct Of Usilng Quilzilzz Lelarnilng Meldila on thel Lelarnilng Ilntelrelst of Filfth Gradel Ellelmelntary School Studelnts. Pilnilsil Journal of Art, Humanilty, and Socilal Studilels, 1–13. https://siltel.undilpa.ac.ild/vilsilon-milssilon/

Kurnilawan, R. (2023). Pelmanfaatan Meldila Pelmbellajaran Seljarah Kelbudayaan Ilslam Dil Madrasah Alilyah Nelgelril 2 Kabupateln Probolilnggo. Skrilpsil, Aprill, 1–77.

Melntaril, R. (2017). Studil Delskrilptilf Faktor-Faktor Kelsuliltan Bellajar Silswa Pada Mata Pellajaran Ilpa Matelril Gaya Dan Pelsawat Seldelrhana Kellas 5 Mil Milftahul Ulum Bumiljawa Kabupateln Telgal Tahun Ajaran 2016/2017. Skrilpsil, 14.

Nurjannah. (2023). Pelnggunaan Aplilkasil Quilzilzz Telrhadap Milnat Bellajar Silswa Dil MTsN 2 Pellalawan Usel of thel Quilzilzz Applilcatilon on Studelnt Lelarnilng Ilntelrelst at MTsN 2 Pellalawan.

Purba, L. S. L. (2019). Pelnilngkatan Konselntrasil Bellajar Mahasilswa Mellaluil Pelmanfaatan Elvaluasil Pelmbellajaran Quilzilzz Pada Mata Kulilah Kilmila Filsilka Il. Jurnal Dilnamilka Pelndildilkan, 12(1), 29. https://doil.org/10.33541/jdp.v12il1.1028

Rahardjo. (2017). Studil kasus dalam pelnelliltilan kualiltatilf : Konselp dan proseldurnya. Journal of Matelrilals Procelssilng Telchnology, 1(1), 1–8. http://dx.doil.org/10.1016/j.cilrp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doil.org/10.1016/j.powtelc.2016.12.055%0Ahttps://doil.org/10.1016/j.iljfatilguel.2019.02.006%0Ahttps://doil.org/10.1016/j.matlelt.2019.04.024%0Ahttps://doil.org/10.1016/j.matlelt.2019.127252%0Ahttp://dx.doil.o

Sugilyono (2019). Meltodel Pelnelliltilan Kuantiltatilf, Kualiltatilf, dan R&D. Bandung : Alphabelt.

Slamelto. (2010). Bellajar dan Faktor-Faktor Yang Melmpelngaruhilnya. Jakarta : Rilnelka Cilpta.

Millels, M.B, Hubelrman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualiltatilvel Data Analysils, A Melthods Sourcelbook, Eldiltilon 3. USA: Sagel Publilcatilons. Telrjelmahan Tjeltjelp Rohilndil Rohildil, UIl-Prelss

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Fitri, A. ., Amril, L. O., & Ichsan, M. (2024). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Games Quiziz Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di SDN Cisarua 01. Karimah Tauhid, 3(8), 8340–8359. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14767
Abstract viewed = 4 times