Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan Kelas IV SDN Cinagara 01
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14517Keywords:
Peran Guru PAI, Karakter KedisiplinanAbstract
Penelitian ini berfokus pada peran guru PAI dalam pembentukan karakter siswa. Tujuan pembentukan karakter ini adalah agar anak memiliki karakter-karakter tersebut sehingga mereka dapat menjadi orang yang terbiasa dengan disiplin di mana pun mereka berada. Penelitian ini dilakukan di SDN Cinagara 01. Tujuannya adalah untuk menjadikan ajaran Islam sebagai dasar dalam mendidik anak, termasuk menerapkan karakter kedisiplinan dalam kegiatan dan program sekolah. Dan penelitian ini bertujuan untuk menentukan seberapa besar peran guru PAI dalam membangun karakter kedisiplinan di kelas IV SDN Cinagara 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI memainkan peran yang signifikan dalam menentukan disiplin siswa. Kemampuan mereka untuk melakukan tugas mereka sebagai pendidik, pembimbing, pelatih, dan penasihat, juga tauladan membuktikan hal ini.
References
Cikka, H. (2020). PERANAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i1.45
Fauziah siti, P., Maryani, N., & Wulandari ratna, W. (2019). Pelaksanaan Model Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar.
Hartini, S. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI ERA MODERN SINERGI ORANG TUA DAN GURU DI MTs NEGERI KABUPATEN KLATEN. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.24269/ajbe.v2i1.882
Hendriana, E., & Jacobus, A. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MELALUI KETELADANAN DAN PEMBIASAAN. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1, 25. https://doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262
Marzuki. (2022). Pendidikan Karakter Islam. Amzah.
Muchith, M. S. (2017). GURU PAI YANG PROFESIONAL. QUALITY, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.21043/quality.v4i2.2121
Nana Syaodih Sukmadinata, A. (2003). Landasan psikologi proses pendidikan / Nana Syaodih Sukmadinata. Universitas Indonesia Library; Remaja Rosdakarya. https://lib.ui.ac.id
Nuranti, N., Hanief, M., & Mustafida, F. (2019, July 15). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kota Batu. https://www.semanticscholar.org/paper/STRATEGI-GURU-DALAM-MEMBENTUK-KARAKTER-SISWA-DI-Nuranti-Hanief/1a4bea3fc9d9523939fab8071ee23b1a053e4a75
Octamaya Tentri Awaru, N. L. (2018). Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMA NEGERI 1 BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2340748
Sisdiknas. (2003). UU No. 20 Tahun 2003. https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912
tohirin. (2005). Psikologi pembelajaran pendidikan agama Islam: (Berbasis integrasi dan kompetensi) / Tohirin | OPAC Perpustakaan Nasional RI. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=438425
wedi samsudi, abdul muis. (2022). PERAN GURU PAI di dalam penanggulangan kenakalan siswa. 7. https://www.journal.ibrahimy.ac.id/index.php/edupedia/article/download/2207/1438
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Halida Azzahra, R. Siti Pupu Fauziah, Muhammad Ichsan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.