Inovasi Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Main Article Content

Anisa Fitri

Abstract

Fenomena di sekolah menunjukkan bahwa dalam pembelajaran matematika masih terdapat kecenderungan guru jarang menggunakan media/alat peraga, guru menggunakan media/alat peraga seadanya atau sangat sederhana, jauh dari menarik perhatian siswa karena tidak memperhatikan komposisi warna, ukuran kurang proporsional, dan tidak dikemas dengan baik. Kondisi yang demikian menjadikan pembelajaran matematika tidak menarik, tidak menyenangkan, sehingga tidak optimal dalam membantu siswa untuk memperoleh konsep-konsep matematika, oleh karena itu diperlukanya inovasi dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Inovasi media pembelajaran apa saja yang di gunakan di SDN Cikereteg dan untuk mengtahui pengaruh media pembelajaran tersebut dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Studi Kasus. Dengan menggunakan jenis penelitian Kualitatif, Penelitian ini dilakukan di SDN Cikereteg 1, subjek dari penelitian adalah guru yang ada di SDN Cikereteg 1 sedangkan objeknya yaitu Inovasi Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN Cikereteg 1. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan literatur atau kajian kepustakaan. Hasil penelitian yang di peroleh yaitu Inovasi media pembelajaran pada Mata pelajaran Matematika di SDN Cikereteg 1 diantaranya menggunakan media gambar, puzzle, games,  vidio dan alat peraga, berdasarkan hasil wawancara penggunaan media tersebut sangat efektif dalam pembelajaran matematika siswa tidak merasa bosan karena media oembelajaranya bervariasi dan lebih mudah dalam memahami materi pelajaran matematika pada saat pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Fitri, A. (2023). Inovasi Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(2), 442–448. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i2.7946
Section
Articles

References

Adindha, D. R. (2020). PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN PARAKAN SALAK. (Doctoral dissertation , Universitas Djuanda).

Ahsani, E. L. (2022). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BEAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD 5 PASURUHAN LOR. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 60-69.

Amir, A. (2016). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika. . Jurnal Eksakta, 2(1), 34-40.

Andrijati, N. (2014). Penerapan media pembelajaran inovatif dalam pembelajaran matematika sekolah dasar di PGSD UPP Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(2).

Cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (tgt) terhadap hasil belajar matematika siswa sd. . Jurnal cakrawala pendas, 3(1).

Handayani, N. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. . Mimbar Ilmu, 25(1), 120-131.

Khotimah, S. H. (2019). Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang. . Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48-55.

Kurniawati, S. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN LECTORA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN HARJASARI 01 . (Doctoral dissertation, Universitas Djuanda Bogor ).

Nurdyansyah, N. (2019 ). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo Jawa Timur: UMSIDA Press.

Prastica, Y. H. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. . Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5(5), 3260-3269.

Rahmawati, N. O. (2022). Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Pecahan Campuran Siswa Kelas Tinggi Di Masa Pandemi COVID-19. . Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Mayarakat, 3(2), 147-156.

Solihah, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika. SAP (Sususnan Artikel Pendidikan ), 1(1).

Sri, A. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: UPT UNS Press Universitas Sebelas Maret.

Suciptiati, E. B. (2019). Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Play). Al-Kaaf: Jurnal Riset Kajian Kependidikan dan Ekonomi Islam, 2(3).

Sya, M. F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 71-81.

Yunita, S. &. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa. Syntax Idea, 3(8), 1999-2006.