Pengaruh Komunikasi Keluarga Terhadap Kesulitan Membaca Siswa Kelas Rendah
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14660Keywords:
Komunikasi Keluarga, Kesulitan MembacaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan komunikasi keluarga dan kesulitan membaca siswa. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh komunikasi keluarga terhadap kesulitan membaca siswa di SDN Ciranjang. Metode yang digunakan kuantitatif jenis korelasi. Jumlah responden sebanyak 40 siswa dan kuesioner, observasi dan wawancara di gunakan untuk mengumpulkan data. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment. Rumus Conbach’s Alpha digunakan untuk uji reliabilitas. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh hasil nilai persamaan regresi linier yaitu nilai a sebesar -5.537, nilai b 174 dihitung dengan rumus Y = -5.537 + 174X dan hasil uji signifikansi yaitu r hitung > r tabel atau dituliskan 4.973 > 2,024, dimana hasil tersebut menunjukkan besarnya pengaruh komunikasi keluarga terhadap kesulitan membaca. Besarnya pengaruh sebesar R-Square 0,394 dipresentasikan sebesar 39,4% dan sisanya sebesar 60,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
References
Debi Julianti, Zahra Khusnul Lathifah, A. M. (2023). Dukungan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa Slow Learner (Studi Kasus Di Kelas Iv). Al-Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 1(2), 48–70. https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/8199%0Ahttps://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/download/8199/3705
Karimah Amatullah, Siti Pupu Fauziah, dan W. (2022). Efektivitas Komunikasi Interpersonal pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) di Sekolah Dasar Islam Terpadu Azzahra. (pp. 61–77).
Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611–2616. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1278
Ruli, E. (2020). Tugas dan Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 143–146.
Santoso, J. (2022). Ketertarikan Game Online dari pada Minat Membaca Bagi Anak. 2(2), 105–110.
Sarnoto, A. Z. (2022). Komunikasi Efektif pada Anak Usia Dini dalam Keluarga Menurut Al-Qur ’ an. 6(3), 2359–2369. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1829
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Syahrani, K. (2018). Analisis Faktor Orang Tua Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(9), 1–11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11421
Walimah, S. (2021). Pengaruh Komunikasi Guru Dan Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1532–1538.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lasmini, Siti Pupu Fauziah, Annissa Mawardini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.