Pengaruh Komunikasi Keluarga Terhadap Kesulitan Membaca Siswa Kelas Rendah

Authors

  • Lasmini Universitas Djuanda
  • R. Siti Pupu Fauziah Universitas Djuanda
  • Annissa Mawardini Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14660

Keywords:

Komunikasi Keluarga, Kesulitan Membaca

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan komunikasi keluarga dan kesulitan membaca siswa. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh komunikasi keluarga terhadap kesulitan membaca siswa di SDN Ciranjang. Metode yang digunakan kuantitatif jenis korelasi. Jumlah responden sebanyak 40 siswa dan kuesioner, observasi dan wawancara di gunakan untuk mengumpulkan data. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment. Rumus  Conbach’s Alpha digunakan untuk uji reliabilitas. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh hasil nilai persamaan regresi linier yaitu nilai a sebesar -5.537, nilai b 174 dihitung dengan rumus Y = -5.537 + 174X dan hasil uji signifikansi yaitu r hitung > r tabel atau dituliskan 4.973 > 2,024, dimana hasil tersebut menunjukkan besarnya pengaruh komunikasi keluarga terhadap kesulitan membaca. Besarnya pengaruh sebesar  R-Square 0,394 dipresentasikan sebesar 39,4% dan sisanya sebesar 60,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

References

Debi Julianti, Zahra Khusnul Lathifah, A. M. (2023). Dukungan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa Slow Learner (Studi Kasus Di Kelas Iv). Al-Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 1(2), 48–70. https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/8199%0Ahttps://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/download/8199/3705

Karimah Amatullah, Siti Pupu Fauziah, dan W. (2022). Efektivitas Komunikasi Interpersonal pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) di Sekolah Dasar Islam Terpadu Azzahra. (pp. 61–77).

Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611–2616. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1278

Ruli, E. (2020). Tugas dan Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 143–146.

Santoso, J. (2022). Ketertarikan Game Online dari pada Minat Membaca Bagi Anak. 2(2), 105–110.

Sarnoto, A. Z. (2022). Komunikasi Efektif pada Anak Usia Dini dalam Keluarga Menurut Al-Qur ’ an. 6(3), 2359–2369. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1829

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syahrani, K. (2018). Analisis Faktor Orang Tua Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(9), 1–11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11421

Walimah, S. (2021). Pengaruh Komunikasi Guru Dan Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1532–1538.

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Lasmini, Fauziah, R. S. P., & Mawardini, A. . (2024). Pengaruh Komunikasi Keluarga Terhadap Kesulitan Membaca Siswa Kelas Rendah. Karimah Tauhid, 3(8), 8331–8339. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14660
Abstract viewed = 5 times