Pentingnya Penguasaan Operasi Hitung Dasar dalam Pemecahan Masalah Matematika
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14205Keywords:
Operasi Hitung Dasar, Pembelajaran Matematika, Pemecahan masalah matematikaAbstract
Artikel ini menekankan pentingnya menguasai operasi aritmatika dasar dalam memecahkan masalah matematika. Penguasaan operasi hitung dasar sangat penting dalam pemecahan masalah matematika. Dasar yang kuat dalam matematika diletakkan dengan memahami operasi aritmatika dasar, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, serta kemampuan dasar yang diperlukan untuk berhasil dalam mata pelajaran matematika. Tanpa penguasaan operasi hitung dasar, siswa mungkin akan kesulitan untuk memecahkan masalah matematika yang lebih kompleks. Penguasaan operasi hitung dasar memungkinkan siswa untuk mengembangkan pemikiran logis, meningkatkan kecepatan kalkulasi, dan membangun kepercayaan diri dalam menghadapi soal-soal matematika tingkat lanjut. Hasil penelitian menyoroti perlunya menekankan kemampuan operasi dasar dalam kurikulum matematika untuk meningkatkan kemahiran siswa dalam memecahkan masalah secara umum. Siswa yang menguasai operasi dasar secara otomatis mampu mengalokasikan lebih banyak sumber daya kognitif untuk aspek strategis pemecahan masalah. Sebaliknya, siswa yang masih kesulitan dengan operasi dasar cenderung terhambat dan frustasi saat menghadapi soal kompleks. Pendidik yang menyadari pentingnya operasi aritmatika dasar dapat membantu siswa membangun fondasi yang kuat dalam matematika dan mempersiapkan mereka untuk keberhasilan di masa depan. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang lebih sulit, guru harus memastikan bahwa siswa memiliki pemahaman yang kuat tentang operasi aritmatika dasar. Penekanan pada penguasaan operasi hitung dasar sangat penting dalam mempersiapkan siswa menghadapi tantangan matematika yang lebih kompleks.
References
Amalia, D. R., Chan, F., & Sholeh, M. (n.d.). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Operasi Hitung Perkalian Pada Pembelajaran Matematika di kelas IV.
Cahyono, E. A. (n.d.). LITERATUR REVIEW ; PANDUAN PENULISAN DAN PENYUSUNAN.
Dodo, A. I., Lede, Y. K., & Making, S. R. M. (2023). Analisis Pemecahan Masalah Siswa dalam Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Bulat Siswa SMP Negeri 1 Kota Tambolaka. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2861–2872. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.604
Fauzi, A., & Rahmatih, A. N. (n.d.). Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Dasar Matematika Berdasarkan Kecepatan Berhitung.
Fitri, A. (2018). ANALISIS PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI OPERASI HITUNG DITINJAU DARI PERPSEKTIF STRATEGI HEURISTIK PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. BUANA ILMU, 2(2). https://doi.org/10.36805/bi.v2i2.340
Kamarullah, K. (2017). PENDIDIKAN MATEMATIKA DI SEKOLAH KITA. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Santi, C., Helmon, A., & Sennen, E. (2022). PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. 2(2).
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Sari, P. D. R., & Subekti, E. E. (2023). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI KAUMAN BLORA. Wawasan Pendidikan, 3(1), 227–237. https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.11357
Situngkir, E. N., & Surya, E. (n.d.). PENTINGNYA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasa.
Wandini, R. R. (2023). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD Negeri 101767 Tembung. 7.
Yani T., A., Rosmaiyadi, R., Sumarno, M., Novanto, Y. S., & Djunaedi, E. (2023). Tingkat Kemampuan Penalaran Matematis pada Konsep-Konsep Operasi Hitung Dasar Mahasiswa S1 PGSD. Variabel, 6(2), 98. https://doi.org/10.26737/var.v6i2.4840
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yes Safari, Zira Putri Faradila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.