Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13423Keywords:
Video animasi, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Sekolah DasarAbstract
Pembelajaran bahasa Indonesia belum berjalan dengan baik, hal tersebut dapat dilihat dari setiap pelajaran karena guru hanya menggunakan metode ekspositori. Akibatnya, siswa tampak tidak antusias dan cenderung pasif karena proses pembelajaran yang monoton dan membosankan. Akibatnya, guru lebih banyak mendominasi kelas daripada siswa. Oleh karena itu, untuk membuat pelajaran lebih mudah dipahami siswa, guru memerlukan media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia sumber daya atau alat bantu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Curug 1. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Data penelitian diperoleh melalui tes esai dari nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran video animasi, sebagaimana terindikasi dari hasil uji Independent sample T-test dengan Sig. 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05, yang mengakibatkan penolakan terhadap H0. Hal ini didukung oleh perbandingan skor rata-rata pretest antara kelas eksperimen (26,17) dan kelas kontrol (31,88), serta skor rata-rata posttest antara kelas eksperimen (42,65) dan kelas kontrol (36,58). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran video animasi berpengaruh secara positif terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri Curug 1.
References
Alannasir, W. (2016, Agustus). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI MANNURUKI | Alannasir | Journal of Educational Science and Technology (EST). https://ojs.unm.ac.id/index.php/JEST/article/view/2561
Audie, N. (2019). PERAN MEDIA PEMBELAJARAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), Article 1.
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488
Christin Adianti, C., Firdaus, R., & Nurwahidin, M. (2023). EFEKTIVITAS VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. 12.
Furoidah, M. F. (2010). PENGARUH MEDIA ANIMASI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VII MTS SURYA BUANA MALANG. https://www.semanticscholar.org/paper/PENGARUH-MEDIA-ANIMASI-PEMBELAJARAN-TERHADAP-HASIL-Furoidah/eb6ef8da835d02b84de8908faad6f250b0a695d9
Hanifah, N. M., B, M. A. K., & Budiman, M. A. (2019). PENGARUH MODEL OPEN ENDED PROBLEM BERBANTU MEDIA KOTAK TELUR PELANGI (KOTELA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Journal of Education Technology, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21734
Hendra, Afriyadi, H., Tanwir, Hayati, N., Supardi, Laila, S. N., Prakasa, Y. F., Hasibuan, R. P. A., & Asyhar, A. D. A. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL (Teori & Praktik). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Iren, F. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV UPT SPF SDN PAMPANG KOTA MAKASSAR. https://repository.unibos.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/5727/2023%20Fefbrianti%20Iren%204519103018.pdf?sequence=1#:~:text=Media%20video%20animasi%20pembelajaran%20di%20sekolah%20dasar%20masih,yang%20efektif.%20juga%20memudahkan%20guru%20dalam%20menyampaikan%20pembelajaran.
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261
Mahmud, S., Isro’ani, F., Pebriana, P. H., Karim, A. R., Noto, M. S., Aminah, N., Kusriandi, W., Aminah, Fara Kessi, A. M., Maharani, A., Rosidah, A., Sukmana, U., Sudarsono, & Evelyn Laiya, R. (2023). Media Pembelajaran. LovRinz Publishing.
Melati, E., Fayola, A., Hita, I., Saputra, A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6, 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Mulyati. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS II SDN BANYUANYAR 1 SURAKARTA. 2 No.1.
Nazilah, A., Sulistyawati, I., & Pramulia, P. (2022). PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SDN KEPUH KIRIMAN I WARU SIDOARJO. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.26740/eds.v6n2.p161-169
Nazmi, M. (2017). PENERAPAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA PGII 2 BANDUNG. https://web.archive.org/web/20180428042025id_/http://ejournal.upi.edu/index.php/gea/article/viewFile/6272/4723
Novitasari, D. D. (2020). Penerapan Media Video Animasi dalam Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMAN 10 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021 [bachelorThesis, Jakarta : FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/55381
Nugraha, S., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). STUDI PENGARUH DARING LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1, 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74
Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223
Sari, M. P., & Iba, K. (2023). ANALISIS PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI DENGAN BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI DONGENG PADA SISWA KELAS IV. 7.
Setiawan, Z., Pustikayasa, I. M., Jayanegara, I. N., Setiawan, I. N. A. F., Putra, I. N. A. S., Yasa, I. W. A. P., Asry, W., Arsana, I. N. A., Chaniago, G. G., Wibowo, S. E., Anggara, I. G. A. S., & Gunawan, I. G. D. (2023). PENDIDIKAN MULTIMEDIA: Konsep dan Aplikasi pada era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sisdiknas. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R&D.
Wahyuningtyas, R., & Suteng Sulasmono, B. (2020). PENTINGNYA MEDIA DALAM PEMBELAJARAN GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anisa Fitriani, Rasmitadila, Sobrul Laeli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.