Kualitas Pelayanan Aplikasi Pajak Bumi dan Bangunan Mobile Kabupaten Bogor di Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Bogor

Main Article Content

Muhammad Misbahul Falah
Irma Purnamasari
Berry Sastrawan

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran umum terkait kualitas pelayanan aplikasi PBB Mobile di BAPPENDA Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner/angket sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Temuan hasil penelitian menyimpulkan bahwa dimensi tangible memperoleh hasil skor 4,05 dengan kategori baik dari responden masyarakat, dan skor 3,60 dengan kategori baik dari responden pegawai. Pada dimensi reliability memperoleh hasil skor 4,16 dengan kategori baik dari responden masyarakat,  dan skor 4,00 dengan kategori baik dari responden pegawai. Pada dimensi responsiviness memperoleh hasil skor 4,05 dengan kategori baik dari responden masyarakat, dan skor  3,80 dengan kategori baik dari responden pegawai. Sementara pada dimensi assurance memperoleh hasil skor 4,04 dengan kategori baik dari responden masyarakat, dan skor 3,70 dengan kategori baik dari responden pegawai. Serta pada dimensi emphaty memperoleh hasil skor 4,13 dengan kategori baik dari responden masyarakat, dan skor 4,05 dengan kategori baik dari responden pegawai. Kesimpulan penelitian adalah, BAPENDA Kabupaten Bogor telah melakukan inovasi teknologi dalam melakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan aplikasi PBB Mobile yang digagas oleh BAPENDA Kabupaten Bogor dinilai baik oleh masyarakat dengan nilai rata-rata 4,08, namun perlu memaksimalkan dan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat terkait fitur di dalam aplikasi PBB Mobile terutama dalam hal pembayaran pajak yang dapat digunakan secara langsung melalui aplikasi PBB Mobile.

Article Details

How to Cite
Falah, M. M., Purnamasari, I., & Sastrawan, B. (2024). Kualitas Pelayanan Aplikasi Pajak Bumi dan Bangunan Mobile Kabupaten Bogor di Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid, 3(1), 1180–1191. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11570
Section
Articles

References

Buku.

Hardiyansyah. (2018). Kulalitas Pellayanan Pulblik. Yogyakarta: Gava Meldia.

Mulkarom, Zaelnal. (2015). Manajelmeln Pellayanan Pulblik. Bandulng: CV. Pulstaka Seltia.

Zelithhaml, P. & B. dalam H. (2018). Kulalitas Pellayanan Pulblik. Gava Meldia.

Sulgiyono. (2018). Meltodel Pelnellitian Kulantitatif, Kulalitatif dan R&D. Bandulng: Alfabelta.

Jurnal.

Jihan, N. S., Maksuldi, B. I., & Pulrnmasari, I. (2019). Analisis Kulalitas Pellayanan Dalam Melningkatkan Kelpulasan Pellanggan Kelrelta Api Pangrango Kellas Elkselkultif Rultel Bogor-Sulkabulmi. Julrnal Govelrnansi, Vol. 5, No. 1, pp. 79–88.

Ultami, A. A., Helrnawan, D., & Pulrnamasari, I. (2020). Analisis Kulalitas Pellayanan Pelnguljian Kelndaraan Belrmotor Jelnis Angkultan Barang. Julrnal Govelrnansi, Vol. 6 No. 2, pp. 104–113.

Powa, A. A., Kaawoan, J. El., & Pangelmanan, F. N. (2021). Pelmanfaatan telknologi dan informasi di Dinas Komulnikasi dan Informatika Statistik dan Pelrsandian di Kabulpateln Minahasa Telnggara. Julrnal Govelrnancel, Vol. 1, No. 2, pp. 1–12.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>