IDENTIFIKASI PERMASALAHAN DALAM PENGEMBANGAN RPP OLEH PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Afrida Sesrita

Abstract

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) ialah kegiatan yang merencanakan pembelajaran secara langsung untuk setiap satu pertemuan atau lebih di dalam kelas. Pengembangan RPP berdasarkan silabus untuk memberikan arahan terhadap kegiatan pembelajaran peserta didik dikelas dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Namun beberapa pendidik mengalami kendala dalam pengembangan RPP maka dari itu tujuan dari mengidentifikasi permasalahan dalam proses pengembangan RPP. Adapun untuk metode yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada pendidik di SD Negeri Cimande 1 dengan model Miles & Huberman dan  Dari hasil kegiatan dalam penelitian kesimpulan yang bisa ditarik yaitu permasalahan dalam proses pengembangan RPP adalah kurangnya pengetahuan tentang komponen-komponen apa saja yang ada di dalam RPP kemudian kendala waktu yang tidak cukup banyak dalam proses pengembangan RPP dikarenakan kesibukan yang lain di sekolah maupun diluar sekolah, dan sarana dan prasaran yang kurang memadai untuk mewujudkan target yang dibuat di dalam RPP juga menjadi kendala bagi pendidik di SD Negeri Cimande 1. Adapun hal tersebut tidak mengurangi proses pembuatan RPP karena para pendidik selalu berpatokan pada Langkah-langkah dan tujuan dalam pembuatan RPP.

Article Details

How to Cite
Sesrita, A. (2023). IDENTIFIKASI PERMASALAHAN DALAM PENGEMBANGAN RPP OLEH PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(4). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/8807
Section
Articles

References

Alawiyah, T., & Sesrita, A. (2022). Kontribusi Perhatian Orang Tua Dalam Memotivasi Tanggung Jawab Belajar Anak Di Sekolah Dasar Negeri. Sittah. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i1.12

Azmi, S., Hapipi, & Saputra, I. (2019). Pelatihan Penyusunan Dan Pengembangan Rppmenurut Permendikbud No. 22 Tahun 2016bagi Guru-Guru Sd Gugus Ii Ampenan Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 5.

Jannah, M., Kemala Dewi, N., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis Faktor Kesulitan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Di Sdn 05 Ampenan. Primary Education Journal, 2(1), 2021. https://journal.unram.ac.id/index.php/pendas

Pendidikan, Kebudayaan, K. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013. Supporting Children with Dyslexia, 40–40. https://doi.org/10.4324/9780203821411-19

Puspita, T., & Sesrita, A. (2022). The Influence of Using Animated Learning Media on Students Activities in Natural Science Course. Islamic Journal of Integrated Science Education (IJISE), 1(2), 103–114.

Putri, D. R., & Putra, E. D. (2021). Analisis Permasalahan Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Kelas IV di SDS YKPP Lirik. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 521–532. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1018

Republik Indonesia, P. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Zitteliana, 19(8), 159–170. bisnis ritel - ekonomi

Sauri, A., Widyasari, & Sesrita, dan A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Effect Of Principal Leadership To Teacher Performance. Tadbir Muwahhid, 2(1).

Seftiani, S., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sd Negeri The Influence Of Teacher Professionalism On Student Motivation In State Primary School. In SITTAH: Journal of Primary Education (Vol. 1, Issue 2).

Sesrita, A. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui Ctl Berasosiasi Teknik Think-Pair-Share Improved Understanding Of Concepts Through Ctl Association Think-Pair-Share Technique. CTL Dan Teknik Think-Pair-Share, 3(2), 60–68.