IDENTIFIKASI PERMASALAHAN DALAM PENGEMBANGAN RPP OLEH PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) ialah kegiatan yang merencanakan pembelajaran secara langsung untuk setiap satu pertemuan atau lebih di dalam kelas. Pengembangan RPP berdasarkan silabus untuk memberikan arahan terhadap kegiatan pembelajaran peserta didik dikelas dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Namun beberapa pendidik mengalami kendala dalam pengembangan RPP maka dari itu tujuan dari mengidentifikasi permasalahan dalam proses pengembangan RPP. Adapun untuk metode yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada pendidik di SD Negeri Cimande 1 dengan model Miles & Huberman dan Dari hasil kegiatan dalam penelitian kesimpulan yang bisa ditarik yaitu permasalahan dalam proses pengembangan RPP adalah kurangnya pengetahuan tentang komponen-komponen apa saja yang ada di dalam RPP kemudian kendala waktu yang tidak cukup banyak dalam proses pengembangan RPP dikarenakan kesibukan yang lain di sekolah maupun diluar sekolah, dan sarana dan prasaran yang kurang memadai untuk mewujudkan target yang dibuat di dalam RPP juga menjadi kendala bagi pendidik di SD Negeri Cimande 1. Adapun hal tersebut tidak mengurangi proses pembuatan RPP karena para pendidik selalu berpatokan pada Langkah-langkah dan tujuan dalam pembuatan RPP.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Alawiyah, T., & Sesrita, A. (2022). Kontribusi Perhatian Orang Tua Dalam Memotivasi Tanggung Jawab Belajar Anak Di Sekolah Dasar Negeri. Sittah. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i1.12
Azmi, S., Hapipi, & Saputra, I. (2019). Pelatihan Penyusunan Dan Pengembangan Rppmenurut Permendikbud No. 22 Tahun 2016bagi Guru-Guru Sd Gugus Ii Ampenan Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 5.
Jannah, M., Kemala Dewi, N., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis Faktor Kesulitan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Di Sdn 05 Ampenan. Primary Education Journal, 2(1), 2021. https://journal.unram.ac.id/index.php/pendas
Pendidikan, Kebudayaan, K. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013. Supporting Children with Dyslexia, 40–40. https://doi.org/10.4324/9780203821411-19
Puspita, T., & Sesrita, A. (2022). The Influence of Using Animated Learning Media on Students Activities in Natural Science Course. Islamic Journal of Integrated Science Education (IJISE), 1(2), 103–114.
Putri, D. R., & Putra, E. D. (2021). Analisis Permasalahan Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Kelas IV di SDS YKPP Lirik. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 521–532. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1018
Republik Indonesia, P. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Zitteliana, 19(8), 159–170. bisnis ritel - ekonomi
Sauri, A., Widyasari, & Sesrita, dan A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Effect Of Principal Leadership To Teacher Performance. Tadbir Muwahhid, 2(1).
Seftiani, S., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sd Negeri The Influence Of Teacher Professionalism On Student Motivation In State Primary School. In SITTAH: Journal of Primary Education (Vol. 1, Issue 2).
Sesrita, A. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui Ctl Berasosiasi Teknik Think-Pair-Share Improved Understanding Of Concepts Through Ctl Association Think-Pair-Share Technique. CTL Dan Teknik Think-Pair-Share, 3(2), 60–68.