PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU KELAS TERHADAP PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI LEUWIBATU 06
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan guru kelas terhadap peserta didik di SD Negeri
Leuwibatu 06. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Leuwibatu 06, Desa Leuwibatu, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III dan IV yang berjumlah 38 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi peserta didik dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III dan IV SDN Leuwibatu 06 yang berjumlah 38 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah sampel jenuh yang semua populasinya dijadikan sampel karena jumlahnya kurang dari 100. Penelitian ini menggunakan instrumen skala kepemimpinan guru kelas dan skala perilaku belajar peserta didik. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan teknik analisis yang dilakukan diperoleh nilai t hitung sebesar 3,861 dan t tabel sebesar 2,021, dengan nilai signifikansi 0,000 0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara variabel kepemimpinan guru kelas terhadap perilaku belajar peserta didik di SD Negeri Leuwibatu 06.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Asma. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Guru terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 5 Enrekang. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Makasar: UIN Alauddin Makasar.
Fitra, A. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Guru dalam Proses Pembelajaran Terhadap Partisipasi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kleas VII SMP Negeri 3 Patebon Kendall Tahun Ajaran 2012/2013. Economic Education Analysis Journal, 2(2): 32-38.
Kusuma, A. H. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi
Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI Pati Tahun Ajaran 2012/2012. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Nurlaili. (2012). Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 008 Sungai Jalau Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Syarif Kasim Riau.
Rahayu, R. dan Susanto, R. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(2): 220-229.
Rais, R., Mahrudin, A., dan Ilyas, A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Guru terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik. Tadbir Muwahhid, 2(2): 144- 155.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.