PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU KELAS TERHADAP PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI LEUWIBATU 06

Main Article Content

Pajriani Dewi
Amir Mahrudin
Syukri Indra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan guru kelas terhadap peserta didik di SD Negeri
Leuwibatu 06. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Leuwibatu 06, Desa Leuwibatu, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III dan IV yang berjumlah 38 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi peserta didik dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III dan IV SDN Leuwibatu 06 yang berjumlah 38 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah sampel jenuh yang semua populasinya dijadikan sampel karena jumlahnya kurang dari 100. Penelitian ini menggunakan instrumen skala kepemimpinan guru kelas dan skala perilaku belajar peserta didik. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan teknik analisis yang dilakukan diperoleh nilai t hitung sebesar 3,861 dan t tabel sebesar 2,021, dengan nilai signifikansi 0,000 0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara variabel kepemimpinan guru kelas terhadap perilaku belajar peserta didik di SD Negeri Leuwibatu 06.

Article Details

How to Cite
Dewi, P., Amir Mahrudin, & Syukri Indra. (2023). PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU KELAS TERHADAP PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI LEUWIBATU 06. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 1(4). Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/6789
Section
Articles

References

Asma. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Guru terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 5 Enrekang. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Makasar: UIN Alauddin Makasar.

Fitra, A. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Guru dalam Proses Pembelajaran Terhadap Partisipasi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kleas VII SMP Negeri 3 Patebon Kendall Tahun Ajaran 2012/2013. Economic Education Analysis Journal, 2(2): 32-38.

Kusuma, A. H. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi

Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI Pati Tahun Ajaran 2012/2012. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Nurlaili. (2012). Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 008 Sungai Jalau Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan

Keguruan. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Syarif Kasim Riau.

Rahayu, R. dan Susanto, R. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(2): 220-229.

Rais, R., Mahrudin, A., dan Ilyas, A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Guru terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik. Tadbir Muwahhid, 2(2): 144- 155.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.