PENDAMPINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS QUIZIZZ DAN WORDWALL

Authors

  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda, Indonesia
  • Siti Mulyanah Universitas Djuanda, Indonesia
  • Torusma Sihombing Universitas Djuanda, Indonesia
  • Rahma Kartika Universitas Djuanda, Indonesia
  • Shidqie Kurnia Syandi Universitas Djuanda, Indonesia
  • Siti Jenab Universitas Djuanda, Indonesia
  • Parda Silvia Pratama Universitas Djuanda, Indonesia
  • Adinda Salma Aqilah Universitas Djuanda, Indonesia
  • Ujang Ahmad Fahrudin Universitas Djuanda, Indonesia
  • Tsania Mahmudah Millenia Universitas Djuanda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v10i2.12313

Keywords:

Pengabdian Kepada Masyarakat, Media Pembelajaran, Kuliah Kerja Nyata

Abstract

Pendidikan merupakan proses perubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok dalam upaya mendewasakan manusia melalui sebuah pengajaran ataupun penelitian. Seiring perkembangan zaman, media pembelajaran saat ini sangat beragam, salah satunya menggunakan media Quizizz dan Wordwall. Menurut hasil pengamatan penulis menemukan permasalahan yang dihadapi peserta didik, yaitu kurangnya semangat dan keaktifan peserta didik dalam belajar. Dalam hal ini membuat penulis terdorong untuk melakukan kegiatan pendampingan belajar menggunakan metode Quiziz dan Wordwall dikelas. Tujuan pengabdian ini adalah 1) Diharapkan siswa lebih atraktif, menarik, dan menyenangkan; 2) Memberikan dukungan bagi pendidik dan tutor untuk meningkatkan kapasitas mereka untuk inovasi dalam upaya pendidikan, termasuk pemanfaatan media pembelajaran; 3) Siswa memahami konten atau ide yang disediakan dengan lebih mudah; dan 4) Diharapkan bahwa hasil belajar siswa akan meningkat.

 

References

Aliyyah, Rusi Rusmiati, D. (2021). Training on writing scientific articels based on community service. JCES (Journal of Character Education Society), 4(2), 285–297.

Aliyyah, R. R., Saraswati, S., Ulfah, S. W., & Ikhwan, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Media Video Pembelajaran. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 317. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.317-326.2021

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Khasanah, A. Z., Sutoyo, A., & Nusantoro, E. (2013). Meningkatkan motivasi belajar siswa underachiever melalui layanan bimbingan kelompok. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(3), 66–74.

lamsari purba, leony sanga. (2019). Peningkatan konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Putu-Ekayani/publication/315105651_Pentingnya_Penggunaan_Media_Pembelajaran_Untuk_Meningkatkan_Prestasi_Belajar_Siswa/links/58ca607eaca272a5508880a2/Pentingnya-Penggunaan-Media Pembelajaran-Untuk Meningkatkan-Prestasi-

Moghtaderi, M., Saffarinia, M., Zare, H., & Alipour, A. (2020). Kewajiban Negara Dalam Penyediaan Fasilitas Pendidikan Kepada Masyarakat Menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Quarterly Journal of Health Psychology, 8(32), 73–92. http://hpj.journals.pnu.ac.ir/article_6498.html

Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75–81. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21285

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Sari P, & Yarza H. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195–199.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Aliyyah, R. R., Mulyanah, S., Torusma Sihombing, Rahma Kartika, Shidqie Kurnia Syandi, Siti Jenab, Parda Silvia Pratama, Adinda Salma Aqilah, Ujang Ahmad Fahrudin, & Tsania Mahmudah Millenia. (2024). PENDAMPINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS QUIZIZZ DAN WORDWALL. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 172–176. https://doi.org/10.30997/qh.v10i2.12313

Issue

Section

Articles