PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: PENDAMPINGAN KEGIATAN KEAGAMAAN BERBASIS TAUHID

Main Article Content

Rusi Rusmiati Aliyyah
Indah Nurrosma
Siti Nur Paridotul Ramadhan Ramadhan

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia yang merupakan aktivitas intrakurikuler memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.  Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pendampingan kegiatan keagamaan berupa bimbingan mengaji, membaca iqra, membaca Al-qur’an dan membaca jum’amma kepada masyarakat desa Benda yang menjadi lokasi kegiatan KKN. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, akhirnya banyak anak-anak dan remaja di Kampung Bodogol Desa Benda Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi yang akhirnya memiliki peningkatan kemampuan membaca Iqra dan Al-qur’an secara bertahap. Kegiatan pendampingan keagamaan ini memberikan manfaat yang sangat besar bagi warga Desa Benda karena dapat membantu orang tua, dan pemerintahan Desa Benda untuk memberantas buta aksara arab dan Al-qur’an sehingga dapat memberikan penanaman nilai-nilai keagamaan sejak dini kepada warga setempat. Kendala sulitnya tenaga pendidik (Ustadz) yang dapat mengajar di Desa Benda menjadi terbantukan dengan hadirnya kelompok KKN yang memberikan pendampingan kegiatan keagamaan.

Article Details

How to Cite
Aliyyah, R. R., Nurrosma, I. ., & Ramadhan, S. N. P. R. (2021). PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: PENDAMPINGAN KEGIATAN KEAGAMAAN BERBASIS TAUHID . Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 136–142. https://doi.org/10.30997/qh.v12i3.4500
Section
Articles
Author Biography

Rusi Rusmiati Aliyyah, Universitas Djuanda Bogor

SINTA ID: 5984816

SCOPUS ID: 57209455524

References

DAFTAR PUSTAKA

Al-Laahim, K. (2008). Panduan Tadabbur al-Qur’an, Solo: Kiswah Media.

Aliyyah, Rusi Rusmiati et al. (2017). “Peningkatan Cinta Lingkungan Dan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Melalui Program Pengabdian Masyarakat Increased Love for the Environment and Empowerment of Rural Communities Through Community Service Programs.” : 46–60.

Aliyyah, Rusi Rusmiati et al. (2018). Developing Entrepreneurship Characters through Community Service Program. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM),2(2), 265-287. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPMM.002.2.07

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Cetakan ke-13. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadillah, Muhammad (2012). Desain pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Hakim, R. (2014). “Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al-Qur’an”, Jurnal Pendidikan Karakter.

https://id.m.wikipedia.prg/wiki/Taman_Pendidikan_Al-Qur%27an.

Jalaluddin. (1989). Metode Tunjuk Silang Belajar Al-Qur’an. Jakarta: kalam Mulia.

Nursahid, R. (2015). “Program Pembelajaran Tilawah Al-Quran”, Jurnal Tarbawy, Vol. 2, Nomor 2.

Syarifuddin, A. (2004). Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur’an, Jakarta: GemaInsani Press.

Sa’dullah. (2008). 9 Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an, Jakarta: Gema Insani.

Sani, R. A. dkk. (2018). Penelitian Pendidikan. Tangerang: Tira Smart.

Setiawan, Eko. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Albana Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurna Of Education Vol. 1 No. 2, 68-75. ISSN: 2620-4355.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods) Cetakan (ke-9). Bandung: Alfabeta.

Tahyudin, Didi. (2020) “Peran Ustadzah dalam Proses Bimbingan Menghafal Al-Qur’an pada Anak Usia Dini di Griya Qur’an Al-Madani Kota Palembang,” 15.

Teguh Prasetyo, Resti Yektyastuti, Hasan Bisri, Helmia Tasti Adri, Deski Halim Soedjani, Sobrul Laeli, Lilis Fauziah Balqis. (2020). Panduan Kuliah Kerja Nyata Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru 2020.

Utami, Nurul, dan Farid Haluti. (2009). “Pendampingan Bimbingan Belajar Bacaan Al- Qur’an Pada Anak - Anak.” Monsu’ani Tano : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 https://doi.org/10.32529/tano.v2i1.220.