PENDAMPINGAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN GRAMATIKAL TERJEMAH

Authors

  • Rusi Rusmiati Aliyyah
  • Tsania Mahmudah Millenia Universitas Djuanda
  • Ujang Ahmad Fahrudin Universitas Djuanda
  • Adinda Salma Aqilah Universitas Djuanda
  • Shidqie Kurnia Syandi Universitas Djuanda
  • Rahma Kartika Universitas Djuanda
  • Parda Silvia Pratama Universitas Djuanda
  • Siti Jenab
  • Siti Mulyanah Universitas Djuanda
  • Torusma Sihombing Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v9i3.10281

Keywords:

Bahasa Arab, Model Gramatikal Terjemah, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu kegiatan yang  bertujuan membantu masyarakat dalam berbagai bidang yang merupakan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi guna melatih mahasiswa dalam bermasyarakat dan mengimplementasikan apa yang telah dipelajari di perguruan tinggi tersebut. Pada umumnya pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada saat Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan menyiapkan beberapa program kerja yang telah tersusun sehingga mempermudah mahasiswa untuk terjun langsung kepada masyarakat, disamping itu perlu pengamatan dan pengenalan lingkungan yang bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam menyusun program kerja. Tujuan dalam kegiatan pengabdian masyarakat (PKM) di Madrasah Diniyah Taklimiyah Awaliyah Tarbiyatul Fallah, untuk  membantu peserta didik agar dapat menggunakan bahasa arab dengan baik dan benar, dengan kaidah bahasa arab yang sesuai, agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode gramatikal terjemah yang dimana metode pembelajaran ini merujuk kepada teknik pembelajaran yang menerangkan tentang tatacara atau kaidah dalam berbahasa yang sesuai. Sehingga hampir seluruh peserta didik mampu memahami cara penggunaan suatu mufrodat dengan baik dan benar. Dari kegiatan pendampingan belajar yang kurang lebih 30 hari tersebut peserta didik mampu menghafal kurang lebih 10 kosakata bahasa arab dengan baik dan memahami setidaknya kaidah dan cara penggunaannya dalam bahasa arab dasar, serta pembuatan media pembelajaran guna membantu peserta didik dalam mengingat lebih banyak kosakata bahasa arab.

References

Aliyyah, Rusi Rusmiati, D. (2021). Training on writing scientific articels based on community service. JCES (Journal of Character Education Society), 4(2), 285–297.

Aliyyah, R. R., Septriyani, W., Safitri, J., Nur, S., & Ramadhan, P. (2021). Kuliah Kerja Nyata : Pengabdian Kepada Masyarakat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663–676. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4122%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/4122/pdf

Arina Nur Sofiana, Nur Hapsari Paramitha, & Nurul Huda. (2021). The Problems of Reading Arabic Text in Terms of Phonological Aspects (Case Study in Fifth Grade Students of SD Qurrota A’yun Babadan Bantul DIY Academic Year 2020/2021). Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 138–162. https://doi.org/10.14421/almahara.2021.071-08

Aslah, Z. (2017). Upaya Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Arab dengan Metode Bernyanyi Kelas VII B MTsN 6 Sleman Yogyakarta. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 273–290. https://doi.org/10.14421/almahara.2017.032-05

Firman, F. (2020). Pendidikan Islam Dan Moralitas. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 6(1), 171–181. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v6i1.132

Fitria, A. (2018). تعليم مخارج الحروف العربية وأثاره فى مهارة القراءة. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 103–124. https://doi.org/10.14421/almahara.2018.041-06

Hendri, M. (2017). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 196. https://doi.org/10.24014/potensia.v3i2.3929

Makruf, I., & Anisatul Barokah. (2020). Peningkatan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aktivitas Di Madrasah Ibtidaiyah. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 39–58. https://doi.org/10.14421/almahara.2020.061.03

Munip, A. (2020). Tantangan dan Prospek Studi Bahasa Arab di Indonesia. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 303–318. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.052.08

Ulum, F. (2021). Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas Tujuh Di Kabupaten Pinrang. PINISI : Journal of Education, 1(1), 187–195.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Aliyyah, R. R., Mahmudah Millenia, T. ., Ahmad Fahrudin, U. ., Salma Aqilah, A., Kurnia Syandi, S. ., Kartika, R., Silvia Pratama, P. ., Jenab, S., Mulyanah, S. ., & Sihombing, T. . (2023). PENDAMPINGAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN GRAMATIKAL TERJEMAH. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(3), 269–273. https://doi.org/10.30997/qh.v9i3.10281

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 7 times