PENDAMPINGAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN GRAMATIKAL TERJEMAH
DOI:
https://doi.org/10.30997/qh.v9i3.10281Keywords:
Bahasa Arab, Model Gramatikal Terjemah, Pengabdian Kepada MasyarakatAbstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat dalam berbagai bidang yang merupakan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi guna melatih mahasiswa dalam bermasyarakat dan mengimplementasikan apa yang telah dipelajari di perguruan tinggi tersebut. Pada umumnya pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada saat Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan menyiapkan beberapa program kerja yang telah tersusun sehingga mempermudah mahasiswa untuk terjun langsung kepada masyarakat, disamping itu perlu pengamatan dan pengenalan lingkungan yang bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam menyusun program kerja. Tujuan dalam kegiatan pengabdian masyarakat (PKM) di Madrasah Diniyah Taklimiyah Awaliyah Tarbiyatul Fallah, untuk membantu peserta didik agar dapat menggunakan bahasa arab dengan baik dan benar, dengan kaidah bahasa arab yang sesuai, agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode gramatikal terjemah yang dimana metode pembelajaran ini merujuk kepada teknik pembelajaran yang menerangkan tentang tatacara atau kaidah dalam berbahasa yang sesuai. Sehingga hampir seluruh peserta didik mampu memahami cara penggunaan suatu mufrodat dengan baik dan benar. Dari kegiatan pendampingan belajar yang kurang lebih 30 hari tersebut peserta didik mampu menghafal kurang lebih 10 kosakata bahasa arab dengan baik dan memahami setidaknya kaidah dan cara penggunaannya dalam bahasa arab dasar, serta pembuatan media pembelajaran guna membantu peserta didik dalam mengingat lebih banyak kosakata bahasa arab.
References
Aliyyah, Rusi Rusmiati, D. (2021). Training on writing scientific articels based on community service. JCES (Journal of Character Education Society), 4(2), 285–297.
Aliyyah, R. R., Septriyani, W., Safitri, J., Nur, S., & Ramadhan, P. (2021). Kuliah Kerja Nyata : Pengabdian Kepada Masyarakat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663–676. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4122%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/4122/pdf
Arina Nur Sofiana, Nur Hapsari Paramitha, & Nurul Huda. (2021). The Problems of Reading Arabic Text in Terms of Phonological Aspects (Case Study in Fifth Grade Students of SD Qurrota A’yun Babadan Bantul DIY Academic Year 2020/2021). Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 138–162. https://doi.org/10.14421/almahara.2021.071-08
Aslah, Z. (2017). Upaya Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Arab dengan Metode Bernyanyi Kelas VII B MTsN 6 Sleman Yogyakarta. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 273–290. https://doi.org/10.14421/almahara.2017.032-05
Firman, F. (2020). Pendidikan Islam Dan Moralitas. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 6(1), 171–181. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v6i1.132
Fitria, A. (2018). تعليم مخارج الحروف العربية وأثاره فى مهارة القراءة. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 103–124. https://doi.org/10.14421/almahara.2018.041-06
Hendri, M. (2017). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 196. https://doi.org/10.24014/potensia.v3i2.3929
Makruf, I., & Anisatul Barokah. (2020). Peningkatan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aktivitas Di Madrasah Ibtidaiyah. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 39–58. https://doi.org/10.14421/almahara.2020.061.03
Munip, A. (2020). Tantangan dan Prospek Studi Bahasa Arab di Indonesia. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 303–318. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.052.08
Ulum, F. (2021). Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas Tujuh Di Kabupaten Pinrang. PINISI : Journal of Education, 1(1), 187–195.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rusi Rusmiati Aliyyah, Tsania Mahmudah Millenia, Ujang Ahmad Fahrudin, Adinda Salma Aqilah, Shidqie Kurnia Syandi, Rahma Kartika, Parda Silvia Pratama, Siti Jenab, Siti Mulyanah, Torusma Sihombing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Articles published in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- By publishing in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.