PENDAMPINGAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN GRAMATIKAL TERJEMAH

Authors

  • Rusi Rusmiati Aliyyah
  • Tsania Mahmudah Millenia Universitas Djuanda
  • Ujang Ahmad Fahrudin Universitas Djuanda
  • Adinda Salma Aqilah Universitas Djuanda
  • Shidqie Kurnia Syandi Universitas Djuanda
  • Rahma Kartika Universitas Djuanda
  • Parda Silvia Pratama Universitas Djuanda
  • Siti Jenab
  • Siti Mulyanah Universitas Djuanda
  • Torusma Sihombing Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v9i3.10281

Keywords:

Bahasa Arab, Model Gramatikal Terjemah, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstract

Salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN), yang merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat dengan menciptakan kebiasaan baru yang bertujuan untuk meningkatkan isi dan bobot pendidikan mahasiswa. Diharapkan kompetensi sosial dan kepribadian mahasiswa dapat dikembangkan melalui pelaksanaan KKN ini. Tujuan webinar pendidikan berbasis nilai adalah untuk membantu pendidik, mahasiswa, pelajar, dan lainnya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang implementasi pendidikan nilai. Metode pelaksanaan KKN ini dilakukan melalui webinar yang diselenggarakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan webinar pendidikan berbasis nilai dapat meningkatkan khasanah keilmuan masyarakat, terutama pendidik, mahasiswa, pelajar, dan lainnya, sehingga membantu mereka belajar lebih banyak.

References

Aliyyah, Rusi Rusmiati, D. (2021). Training on writing scientific articels based on community service. JCES (Journal of Character Education Society), 4(2), 285–297.

Aliyyah, R. R., Septriyani, W., Safitri, J., Nur, S., & Ramadhan, P. (2021). Kuliah Kerja Nyata : Pengabdian Kepada Masyarakat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663–676. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4122%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/4122/pdf

Arina Nur Sofiana, Nur Hapsari Paramitha, & Nurul Huda. (2021). The Problems of Reading Arabic Text in Terms of Phonological Aspects (Case Study in Fifth Grade Students of SD Qurrota A’yun Babadan Bantul DIY Academic Year 2020/2021). Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 138–162. https://doi.org/10.14421/almahara.2021.071-08

Aslah, Z. (2017). Upaya Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Arab dengan Metode Bernyanyi Kelas VII B MTsN 6 Sleman Yogyakarta. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 273–290. https://doi.org/10.14421/almahara.2017.032-05

Firman, F. (2020). Pendidikan Islam Dan Moralitas. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 6(1), 171–181. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v6i1.132

Fitria, A. (2018). تعليم مخارج الحروف العربية وأثاره فى مهارة القراءة. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 103–124. https://doi.org/10.14421/almahara.2018.041-06

Hendri, M. (2017). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 196. https://doi.org/10.24014/potensia.v3i2.3929

Makruf, I., & Anisatul Barokah. (2020). Peningkatan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aktivitas Di Madrasah Ibtidaiyah. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 39–58. https://doi.org/10.14421/almahara.2020.061.03

Munip, A. (2020). Tantangan dan Prospek Studi Bahasa Arab di Indonesia. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 303–318. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.052.08

Ulum, F. (2021). Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas Tujuh Di Kabupaten Pinrang. PINISI : Journal of Education, 1(1), 187–195.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Aliyyah, R. R., Mahmudah Millenia, T. ., Ahmad Fahrudin, U. ., Salma Aqilah, A., Kurnia Syandi, S. ., Kartika, R., Silvia Pratama, P. ., Jenab, S., Mulyanah, S. ., & Sihombing, T. . (2023). PENDAMPINGAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN GRAMATIKAL TERJEMAH. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(3), 269–273. https://doi.org/10.30997/qh.v9i3.10281

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 10 times