KULIAH KERJA NYATA: PENGENALAN NILAI SOSIAL DALAM KEGIATAN WEBINAR PENDIDIKAN BERBASIS NILAI
DOI:
https://doi.org/10.30997/qh.v10i1.6167Keywords:
Adaptasi Kebiasaan Baru, Pendidikan Nilai, WebinarAbstract
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu Perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni aspek pengabdian kepada masyarakat dengan adaptasi kebiasan baru yang merupakan upaya meningkatkan isi dan bobot pendidikan bagi mahasiswa. Dengan pelaksanaan KKN ini diharapkan dapat mengembangkan kompetensi sosial dan kepribadian mahasiswa. Webinar pendidikan berbasis nilai bertujuan membantu pendidik, mahasiswa, pelajar dan lainnya menambah pengetahuan dan pemahaman terkait implementasi pendidikan nilai. Metode pelaksanaan KKN ini dilakukan melalui webinar pendidikan berbasis nilai berbasis daring melalui aplikasi zoom meeting. Hasil pengabdian menyatakan bahwa kegiatan webinar pendidikan berbais nilai dapat menambah khasanah keilmuan masyarakat terutama pendidik, mahasiswa, pelajar dan lainnya sehingga mampu mengimplementasikan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari baik dilingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara.
References
Aliyyah, R., Fauziah, R., & Aisyah, N. (2017). Peningkatan Cinta Lingkungan Dan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Melalui Program Pengabdian Masyarakat. Media Pengabdian Kepada Masyarakat Qardhul Hasan, 3(1).
Faliyandra, F. (2019). Tri Pusat Kecerdasan Sosial. CV. Literasi Nusantara Abadi.
Haryati, S. (n.d.). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. 21.
Muflihah, S., Noor, T., & Wahyudina, U. R. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak pada Siswa SDN Tanjung Sari 02. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(No. 2).
Noor, I. H. (2010). Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Perguruan Tinggi. Pendidikan Dan Kebudayaan, 16.
Prasetyo, T., Mujahidin, E., Rasmitadila, & Yuani, A. K. (2021). Implementasi Metode Home Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Abdidas, 2(No 4).
Pujaningsih, N. N., & P, I. G. A. A. D. S. (2020). Penerapan Kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) dalam Penanggulangan Wabah COVID-19 di Kota Denpasar. Jurnal Moderat, 6(No. 3).
Sukoyati, M., Fajriati, A. S., & Aliyyah, R. R. (2020). Evaluasi Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendiidikan.
Sumantri, E., & Sauri, S. (2006). Konsep dasar Pendidikan Nilai (I. Permanawati (ed.)). PT. Pribumi Mekar.
Syarief, H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Perguruan Islam An-Nizam Medan. Jurnal Edutech, 3(No. 1), 15.
Yusuf, M. (2013). Membentuk Karakter Melalui Pendidikan Berbasis Nilai. Jurnal Al-Ulum, 13(Nomor 1), 24.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rusi Rusmiati Aliyyah, Nur Hasanah, Endah Faridah, Dina Intan Sukmayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- Articles published in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- By publishing in Qardhul Hasan: Media Pengabdian kepada Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.