KULIAH KERJA NYATA: PENGENALAN NILAI SOSIAL DALAM KEGIATAN WEBINAR PENDIDIKAN BERBASIS NILAI

Authors

  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda
  • Nur Hasanah Institut Agama Islam Negeri Ambon
  • Endah Faridah Universitas Djuanda
  • Dina Intan Sukmayanti Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/qh.v10i1.6167

Keywords:

Adaptasi Kebiasaan Baru, Pendidikan Nilai, Webinar

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu Perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni aspek pengabdian kepada masyarakat dengan adaptasi kebiasan baru yang merupakan upaya meningkatkan isi dan bobot pendidikan bagi mahasiswa. Dengan pelaksanaan KKN ini diharapkan dapat mengembangkan kompetensi sosial dan kepribadian mahasiswa. Webinar pendidikan berbasis nilai bertujuan membantu pendidik, mahasiswa, pelajar dan lainnya menambah pengetahuan dan pemahaman terkait implementasi pendidikan nilai. Metode pelaksanaan KKN ini dilakukan melalui webinar pendidikan berbasis nilai berbasis daring melalui aplikasi zoom meeting. Hasil pengabdian menyatakan bahwa kegiatan webinar pendidikan berbais nilai dapat menambah khasanah keilmuan masyarakat terutama pendidik, mahasiswa, pelajar dan lainnya sehingga mampu mengimplementasikan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari baik dilingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara.

References

Aliyyah, R., Fauziah, R., & Aisyah, N. (2017). Peningkatan Cinta Lingkungan Dan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Melalui Program Pengabdian Masyarakat. Media Pengabdian Kepada Masyarakat Qardhul Hasan, 3(1).

Faliyandra, F. (2019). Tri Pusat Kecerdasan Sosial. CV. Literasi Nusantara Abadi.

Haryati, S. (n.d.). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. 21.

Muflihah, S., Noor, T., & Wahyudina, U. R. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak pada Siswa SDN Tanjung Sari 02. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(No. 2).

Noor, I. H. (2010). Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Perguruan Tinggi. Pendidikan Dan Kebudayaan, 16.

Prasetyo, T., Mujahidin, E., Rasmitadila, & Yuani, A. K. (2021). Implementasi Metode Home Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Abdidas, 2(No 4).

Pujaningsih, N. N., & P, I. G. A. A. D. S. (2020). Penerapan Kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) dalam Penanggulangan Wabah COVID-19 di Kota Denpasar. Jurnal Moderat, 6(No. 3).

Sukoyati, M., Fajriati, A. S., & Aliyyah, R. R. (2020). Evaluasi Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendiidikan.

Sumantri, E., & Sauri, S. (2006). Konsep dasar Pendidikan Nilai (I. Permanawati (ed.)). PT. Pribumi Mekar.

Syarief, H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Perguruan Islam An-Nizam Medan. Jurnal Edutech, 3(No. 1), 15.

Yusuf, M. (2013). Membentuk Karakter Melalui Pendidikan Berbasis Nilai. Jurnal Al-Ulum, 13(Nomor 1), 24.

Downloads

Published

2024-04-05

How to Cite

Aliyyah, R. R., Nur Hasanah, Endah Faridah, & Dina Intan Sukmayanti. (2024). KULIAH KERJA NYATA: PENGENALAN NILAI SOSIAL DALAM KEGIATAN WEBINAR PENDIDIKAN BERBASIS NILAI. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 69–75. https://doi.org/10.30997/qh.v10i1.6167

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 3 times