PENDAMPINGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM: SOLUSI PEMBELAJARAN MASA DARURAT CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19)

Main Article Content

Rusi Rusmiati Aliyyah
Muhammad Encep
Widyasari
Megan Asri Humaira

Abstract

Pandemi covid-19 mengharuskan semua satuan pendidikan termasuk SD untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring. Namun, belum siapnya SD menghadapi kegiatan pembelajaran daring tersebut, mengakibatkan perlunya pendampingan penggunaan LMS. Pengabdian bertujuan untuk membuatkan dan melakukan pendampingan Learning Managament System (LMS) pada guru Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan adalah pendampingan pembuatan LMS kepada guru SDN 3 Cicurug oleh tim pengabdian. Hasil pengabdian memberikan informasi bahwa adanya LMS dapat menunjang efektivitas kegiatan pembelajaran jarak jauh sebagai solusi dalam melakukan Pembelajaran Dari Rumah (BDR) selama pandemi Covid-19.

Article Details

How to Cite
Aliyyah, R. R., Encep, M., Widyasari, & Asri Humaira, M. . (2022). PENDAMPINGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM: SOLUSI PEMBELAJARAN MASA DARURAT CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19) . Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 50–55. https://doi.org/10.30997/qh.v8i1.4766
Section
Articles

References

Menteri Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia, “Surat Edaran No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).” Jakarta, p. 3, 2020.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, “Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19),” Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O, no. 021. pp. 1–20, 2020.

Badan Pusat Statistik, “Potret Pendidikan Indonesia Statistik Pendidikan 2018.” Badan Pusat Statistik Indonesia, Jakarta, p. 270, 2018.

Google Maps, “Denah Lokasi SDN 03 Cicurug.” 2020.

SDN 03 Cicurug, “Profil SDN 03 Cicurug.” 2020.

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, “Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.” Jakarta, pp. 1–9, 2005.

Rachmadtullah Reza, dkk, “Use of Blended Learning with Moodle: Study Effectiveness in Elementary School Teacher Education Students during The COVID-19 pandemi”, International Journal of Advanced Science and Technology, Vol.29, No 7,(2020), pp. 3272-3277

Rasmitadila, dkk, “ The Perceptions of Primary School Teachers of Online Learning during the COVID-19 Pandemic Period: A Case Study in Indonesia”, Journal of Ethnic and Cultural Studies 2020, Vol. 7, No. 2, 90-109 http://dx.doi.org/10.29333/ejecs/388.

M. Ali, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik,” J. Edukasi@Elektro, vol. 5, no. 1, pp. 11–18, 2009.

A. Muhson, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. VIII, no. 2, 2010.

Aliyyah, Rusi Rusmiati, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran”, Jurnal Sosial Humaniora p-ISSN 2087-4928 e-ISSN 2550-0236 Volume 12 Nomor 1, April 2021

D. Rosalina, “Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Kelas X TEI di SMK Negeri 3 Jombang,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 06, no. 01, 2017.