STRATEGI PEMASARAN SYARIAH MELALUI MEDIA ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasaran syariah di UMKM Rumah Sandal
serta strategi pemasaran syariah dalam meningkatkan penjualan sandal di Kampung
Lembur Sawah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif
dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan
menggunakan alat analisis swot. Hasil penelitian menunjukan pemasaran syariah yang
dilakukan UMKM rumah Sandal diantaranya UMKM Rumah Sandal menerapkan nilai-nilai
Islami dari segi kehalalannya, selalu mengacu kepada fleksibilitas dengan melakukan
komunikasi yang baik, UMKM Rumah Sandal sangat menjunjung tinggi rasa saling
menghormati, melakukan pelayanan terhadap pelanggan dengan sangat baik sedangkan
strategi pemasaran syariah yang digunakan UMKM Rumah Sandal terdapat pada strategi
kekuatan dan peluang yaitu dengan memanfaatkan segala peluang yang ada dengan
kekuatan perusahaan yang diantaranya menawarkan produk yang berkualitas dan
memiliki model serta packaging yang menarik dan dipasarkan melalui media online,
kepercayaan pelanggan untuk terus meningkatkan penjualan produk, analisis yang tepat
mengenai packaging dan harga yang tepat untuk dipromosikan melalui media online, memanfaatkan teknologi yang digunakan pelanggan dengan baik dan melakukan promosi
yang terarah melalui online maupun offline, memanfaatkan hubungan baik dengan
pelanggan dan mitra Kerjasama UMKM Rumah Sandal untuk memperluas jaringan
penjualan.
Kata Kunci: Produk, Harga, Promosi, tempat, Pemasaran Syariah
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
SURAT PERNYATAAN PEMINDAHAN HAK CIPTA[1]
Yang bertanda tangan di bawah ini adalah penulis naskah yang berjudul:
yang diajukan untuk dipublikasikan pada Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420 menyatakan bahwa:
Kami bersedia memindahkan hak publikasi, distribusi, reproduksi, dan menjual naskah kamiyang berjudul tersebut di atas sebagai bagian dari Jurnal Syarikah kepada Dewan Redaksi Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar, penuh rasa tanggung jawab, dan tanpa paksaan dari pihak mana pun!
No | Nama Penulis (lengkap dengan gelar akademik) | Nama dan Alamat Institusi, email | Tanda Tangan | Tanggal |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
[1] Dikirim ke Dewan Redaksi Jurnal Syarikah, Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor, Gedung B Lantai IV Jl Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 Ciawi Bogor 16720, difaksimilikan ke 02518240985, dan hasil scanning-nya diemailkan ke Jurnal.Syarikah@unida.ac.id
References
Al-Qur’an.
Abdullah. 2014. Manajemen bisnis Syariah.Yogyakarta. Aswaja Pressindo.
Abdurrohim Al-Ayubi, Strategi Pemasaran Pembiayaan Murabahah Pada PT. Bank Mega Syariah Kantor Cabang Tangerang City, Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2016.
Adiwijaya. 2011. Delapan jurus jitu mengelola bisnis ritel ala Indonesia. Jakarta. Elex media komputindo, 2011.
Anggraeni, Rahman. 2013. Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui fasilitas pihak eksternal dan potensi internal. Malang. Jurnal administrasi publik(JAP), Vol. 1, No. 6.
Ardhiansyah. 2021. Penerapan Digital Marketing Melalui Sosial Media Saat Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Pemasaran Syariah Di Grosir Bang Iyus. Skripsi.
Assauri, 2015. Manajemen pemasaran dasar konsep dan strategi. Jakarta. Rajawali pers, 2015.
Asnawi, Fanawi. 2017. Pemasaran Syariah teori filosofi dan isu-isu kontemporer. Depok. Rajawali pers, 2017.
Bahri. 2013. Hukum promosi dalam perspektif hukum islam. Jurnal episteme, vol.8, no.1, juni 2013.
Candra, Andita. 2019. Berbisnis online melalui media sosial. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 7 no.2. Tahun 2019.
Dayat. 2019. Strategi pemasaran dan optimalisasi bauran pemasaran dalam merebut calon konsumen jasa Pendidikan. Jurnal mualim volume 1 nomor 2 Juli 2019.
Halim, Abdul. 2019. Karakteristik pemegang amanah dalam al-qur’an. Jurnal studi al-qur’an dan hadist, vol.1, No, 2, (2019).
Hedynata, Radianto. Tragedi promosi dalam meningkatkan penjualan luscious chocolate potato snack. Surabaya. PERFORMA Jurnal manajemen dan start up bisnis volume 1, nomor 1, April 2016.
Hedynata. 2016. Strategi promosi dalam meningkatkan penjualan luscious chocolate potato snack. Surabaya. PERFOR
Hermawan. 2012. Komunikasi pemasaran. Jakarta. Erlangga, 2012.
Imam Heryanto, Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan (Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol. 9, No. 2, Oktober 2015)
Jusmaliani. 2012. Bisnis berbasis Syariah. Jakarta. Erlangga, 2012.
Karim. 2014. Marketing mix pengaruhnya terhadap volume penjualan( studi pada PT,Manado sejati perkasa group. Jurnal IEMBA, Vol. 2 No.1 maret 2014
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional. 2018. Perkembangan UMKM di Indonesia. Jakarta rajawali pers.
Kotler. 2010. Manajemen Pemasaran Sudut Pandang Asia, ((Indonesia: Indeks, 2010).
Leli. 2019. Strategi pemasaran dalam perspektif islam. Jurnal At-tasyri iyah Vol.2, No.1,
Lee, Johnson. 2011. Prinsip-prinsip pokok periklanan dalam perspektif global. Jakarta, kencana , 2011.
Mardani. 2017. Ayat-ayat dan hadist ekonomi Syariah. Jakarta, PT raja grafindo persada, 2017.
Nurcholifah. 2014. Strategi marketing mix dalam perspektif ekonomi Syariah. Jurnal khatulistiwa of Islamic studies , 4(1).
Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial, (Bandung: PT Remaja Rosda karya, 2017),
Putri & Oktavia. 2021. Strategi pemasaran Syariah dalam meningkatkan daya saing UMKM Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo. Jurnal tabarru : Islamic banking and finance volume 4 no 2 desember
Ramadhan, Fadli Harisa. 2017. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Akun @Mr.Creampuff Sebagai Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan, Jom Fisip Vol. 4 No. 2 – Oktober 2017.
Rangkuti. 2017. ”Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis”. Jakarta : Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rogi Gusrizaldi & Eka Komalasari, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan di Indrako Swalayan Teluk Kuantan, (Jurnal Valuta Vol. 2 No. 2, Oktober 2016, 286- 303 ISSN : 2502-1419),
Sugiyono. 2018. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung. Penerbit Alfabeta.
Saragih, Nur. 2012. Pengaruh intensi belajar dalam berbelanja online kembali melalui media teknologi informasi forum jual beli. Jakarta. Jurnal.
Sembiring & Siregar. 2020. Pelatihan strategi pemasaran,bisnis dan keuangan produk rumahan masyarakat desa durian kec.pantai labu. Sumatera Utara. Jurnal Abdidas, 1(4).
Shareen. 2018. Pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) terhadap keputusan pembelian pada produk kara santan PT ENSEVAL PUTERA MEGATRADING,tbk. Journal of applied business administration volume 2, nomor 1, maret 2018.
Tharob, Mingkid. 2017. Analisis hambatan bisnis online mahasiswa UNSRAT. e-joernal”Acta Diurna” Volume VI.No.Tahun 2017.
Umar. 2015. Studi kelayakan bisnis.(Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2005),
Untari, Fajariana. 2018. Tragedi pemasaran melalui media sosial Instagram. Jurnal sekretari dan manajemen volume 2 no. 2 september 2018, P-ISSN 2550-0805 E-ISSN 2550-079.
Urifa, Mulyati. 2016. Pengaruh penjualan secara online terhadap keputusan pembelian. Jurnal.
Utami. 2018. Pemanfaatan blackberry sebagai sarana komunikatif dan penjualan dan penjualan batik online dengan sistem dropship di batik Solo. Jawa Tengah. https:ijns.org/journal/index.php/diakses pada tanggal 25 November 2018.
Wandikbo. 2013. Pengaruh promosi terhadap peningkatoan penjualan sepeda motor honda merek CBR. Kab Minahasa. Journal ACTA DIURNA.
Wanita. 2016. Bauran promosi (promotion mix) konvensional dalam perspektif etika bisnis islam. Jurnal bilancia, Vol 10, no.1 , januari-juni 2016