STRATEGI PEMASARAN SYARIAH MELALUI MEDIA ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN

Authors

  • Agung Kurniawan Universitas Djuanda Bogor
  • Ali Pangestu
  • Muhamad Amin

DOI:

https://doi.org/10.30997/jsei.v9i1.7267

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasaran syariah di UMKM Rumah Sandal

serta strategi pemasaran syariah dalam meningkatkan penjualan sandal di Kampung

Lembur Sawah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif

dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan

menggunakan alat analisis swot. Hasil penelitian menunjukan pemasaran syariah yang

dilakukan UMKM rumah Sandal diantaranya UMKM Rumah Sandal menerapkan nilai-nilai

Islami dari segi kehalalannya, selalu mengacu kepada fleksibilitas dengan melakukan

komunikasi yang baik, UMKM Rumah Sandal sangat menjunjung tinggi rasa saling

menghormati, melakukan pelayanan terhadap pelanggan dengan sangat baik sedangkan

strategi pemasaran syariah yang digunakan UMKM Rumah Sandal terdapat pada strategi

kekuatan dan peluang yaitu dengan memanfaatkan segala peluang yang ada dengan

kekuatan perusahaan yang diantaranya menawarkan produk yang berkualitas dan

memiliki model serta packaging yang menarik dan dipasarkan melalui media online,

kepercayaan pelanggan untuk terus meningkatkan penjualan produk, analisis yang tepat

mengenai packaging dan harga yang tepat untuk dipromosikan melalui media online, memanfaatkan teknologi yang digunakan pelanggan dengan baik dan melakukan promosi

yang terarah melalui online maupun offline, memanfaatkan hubungan baik dengan

pelanggan dan mitra Kerjasama UMKM Rumah Sandal untuk memperluas jaringan

penjualan.

Kata Kunci: Produk, Harga, Promosi, tempat, Pemasaran Syariah

References

Al-Qur’an.

Abdullah. 2014. Manajemen bisnis Syariah.Yogyakarta. Aswaja Pressindo.

Abdurrohim Al-Ayubi, Strategi Pemasaran Pembiayaan Murabahah Pada PT. Bank Mega Syariah Kantor Cabang Tangerang City, Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2016.

Adiwijaya. 2011. Delapan jurus jitu mengelola bisnis ritel ala Indonesia. Jakarta. Elex media komputindo, 2011.

Anggraeni, Rahman. 2013. Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui fasilitas pihak eksternal dan potensi internal. Malang. Jurnal administrasi publik(JAP), Vol. 1, No. 6.

Ardhiansyah. 2021. Penerapan Digital Marketing Melalui Sosial Media Saat Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Pemasaran Syariah Di Grosir Bang Iyus. Skripsi.

Assauri, 2015. Manajemen pemasaran dasar konsep dan strategi. Jakarta. Rajawali pers, 2015.

Asnawi, Fanawi. 2017. Pemasaran Syariah teori filosofi dan isu-isu kontemporer. Depok. Rajawali pers, 2017.

Bahri. 2013. Hukum promosi dalam perspektif hukum islam. Jurnal episteme, vol.8, no.1, juni 2013.

Candra, Andita. 2019. Berbisnis online melalui media sosial. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 7 no.2. Tahun 2019.

Dayat. 2019. Strategi pemasaran dan optimalisasi bauran pemasaran dalam merebut calon konsumen jasa Pendidikan. Jurnal mualim volume 1 nomor 2 Juli 2019.

Halim, Abdul. 2019. Karakteristik pemegang amanah dalam al-qur’an. Jurnal studi al-qur’an dan hadist, vol.1, No, 2, (2019).

Hedynata, Radianto. Tragedi promosi dalam meningkatkan penjualan luscious chocolate potato snack. Surabaya. PERFORMA Jurnal manajemen dan start up bisnis volume 1, nomor 1, April 2016.

Hedynata. 2016. Strategi promosi dalam meningkatkan penjualan luscious chocolate potato snack. Surabaya. PERFOR

Hermawan. 2012. Komunikasi pemasaran. Jakarta. Erlangga, 2012.

Imam Heryanto, Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan (Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol. 9, No. 2, Oktober 2015)

Jusmaliani. 2012. Bisnis berbasis Syariah. Jakarta. Erlangga, 2012.

Karim. 2014. Marketing mix pengaruhnya terhadap volume penjualan( studi pada PT,Manado sejati perkasa group. Jurnal IEMBA, Vol. 2 No.1 maret 2014

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional. 2018. Perkembangan UMKM di Indonesia. Jakarta rajawali pers.

Kotler. 2010. Manajemen Pemasaran Sudut Pandang Asia, ((Indonesia: Indeks, 2010).

Leli. 2019. Strategi pemasaran dalam perspektif islam. Jurnal At-tasyri iyah Vol.2, No.1,

Lee, Johnson. 2011. Prinsip-prinsip pokok periklanan dalam perspektif global. Jakarta, kencana , 2011.

Mardani. 2017. Ayat-ayat dan hadist ekonomi Syariah. Jakarta, PT raja grafindo persada, 2017.

Nurcholifah. 2014. Strategi marketing mix dalam perspektif ekonomi Syariah. Jurnal khatulistiwa of Islamic studies , 4(1).

Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial, (Bandung: PT Remaja Rosda karya, 2017),

Putri & Oktavia. 2021. Strategi pemasaran Syariah dalam meningkatkan daya saing UMKM Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo. Jurnal tabarru : Islamic banking and finance volume 4 no 2 desember

Ramadhan, Fadli Harisa. 2017. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Akun @Mr.Creampuff Sebagai Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan, Jom Fisip Vol. 4 No. 2 – Oktober 2017.

Rangkuti. 2017. ”Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis”. Jakarta : Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rogi Gusrizaldi & Eka Komalasari, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan di Indrako Swalayan Teluk Kuantan, (Jurnal Valuta Vol. 2 No. 2, Oktober 2016, 286- 303 ISSN : 2502-1419),

Sugiyono. 2018. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Saragih, Nur. 2012. Pengaruh intensi belajar dalam berbelanja online kembali melalui media teknologi informasi forum jual beli. Jakarta. Jurnal.

Sembiring & Siregar. 2020. Pelatihan strategi pemasaran,bisnis dan keuangan produk rumahan masyarakat desa durian kec.pantai labu. Sumatera Utara. Jurnal Abdidas, 1(4).

Shareen. 2018. Pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) terhadap keputusan pembelian pada produk kara santan PT ENSEVAL PUTERA MEGATRADING,tbk. Journal of applied business administration volume 2, nomor 1, maret 2018.

Tharob, Mingkid. 2017. Analisis hambatan bisnis online mahasiswa UNSRAT. e-joernal”Acta Diurna” Volume VI.No.Tahun 2017.

Umar. 2015. Studi kelayakan bisnis.(Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2005),

Untari, Fajariana. 2018. Tragedi pemasaran melalui media sosial Instagram. Jurnal sekretari dan manajemen volume 2 no. 2 september 2018, P-ISSN 2550-0805 E-ISSN 2550-079.

Urifa, Mulyati. 2016. Pengaruh penjualan secara online terhadap keputusan pembelian. Jurnal.

Utami. 2018. Pemanfaatan blackberry sebagai sarana komunikatif dan penjualan dan penjualan batik online dengan sistem dropship di batik Solo. Jawa Tengah. https:ijns.org/journal/index.php/diakses pada tanggal 25 November 2018.

Wandikbo. 2013. Pengaruh promosi terhadap peningkatoan penjualan sepeda motor honda merek CBR. Kab Minahasa. Journal ACTA DIURNA.

Wanita. 2016. Bauran promosi (promotion mix) konvensional dalam perspektif etika bisnis islam. Jurnal bilancia, Vol 10, no.1 , januari-juni 2016

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Kurniawan, A. ., Pangestu, A., & Amin, M. (2023). STRATEGI PEMASARAN SYARIAH MELALUI MEDIA ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 155–161. https://doi.org/10.30997/jsei.v9i1.7267
Abstract viewed = 137 times