IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PEMASARAN PRODUK UMKM FOLLOW US
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana etika bisnis syariah diterapkan dalam produk UMKM Follow Us. Setiap jenis studi yang menggunakan teknik Miles dan Huberman untuk analisis data disebut sebagai studi "matriks daftar cek". Pengumpulan data menggunakan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Follow Us telah memasukkan etika bisnis Islam ke dalam proses produksinya. Produk Pemasaran UMKM Follow Us dibuat sesuai dengan prinsip-prinsip bisnis Islam seperti kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tangung jawab, dan kebenaran. Pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Follow Us dalam melakukan penjualannya menggunakan empat bauran pemarasan, yaitu bauran produk dengan menjual produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat, bauran harga dengan menetapkan harga yang ditawarkan lebih terjangkau dibandingkan dengan harga pasar, bauran tempat atau distribusi menggunakan bauran distribusi langsung dan tidak langsung, dan bauran promosi dilakukan melalui sosial media.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Implementasi Etika Bisnis Islam, UMKM.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
SURAT PERNYATAAN PEMINDAHAN HAK CIPTA[1]
Yang bertanda tangan di bawah ini adalah penulis naskah yang berjudul:
yang diajukan untuk dipublikasikan pada Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420 menyatakan bahwa:
Kami bersedia memindahkan hak publikasi, distribusi, reproduksi, dan menjual naskah kamiyang berjudul tersebut di atas sebagai bagian dari Jurnal Syarikah kepada Dewan Redaksi Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar, penuh rasa tanggung jawab, dan tanpa paksaan dari pihak mana pun!
No | Nama Penulis (lengkap dengan gelar akademik) | Nama dan Alamat Institusi, email | Tanda Tangan | Tanggal |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
[1] Dikirim ke Dewan Redaksi Jurnal Syarikah, Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor, Gedung B Lantai IV Jl Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 Ciawi Bogor 16720, difaksimilikan ke 02518240985, dan hasil scanning-nya diemailkan ke Jurnal.Syarikah@unida.ac.id