IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PEMASARAN PRODUK UMKM FOLLOW US

Main Article Content

Shintya Halimatus Sa'diyah
Ali Pangestu

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana etika bisnis syariah diterapkan dalam produk UMKM Follow Us. Setiap jenis studi yang menggunakan teknik Miles dan Huberman untuk analisis data disebut sebagai studi "matriks daftar cek". Pengumpulan data menggunakan  wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Follow Us telah memasukkan etika bisnis Islam ke dalam proses produksinya. Produk Pemasaran UMKM Follow Us dibuat sesuai dengan prinsip-prinsip bisnis Islam seperti kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tangung jawab, dan kebenaran. Pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Follow Us dalam melakukan penjualannya menggunakan empat bauran pemarasan, yaitu bauran produk dengan menjual produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat, bauran harga dengan menetapkan harga yang ditawarkan lebih terjangkau dibandingkan dengan harga pasar, bauran tempat atau distribusi menggunakan bauran distribusi langsung dan tidak langsung, dan bauran promosi dilakukan melalui sosial media.


Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Implementasi Etika Bisnis Islam, UMKM.

Article Details

How to Cite
Sa’diyah, S. H., & Pangestu, A. (2023). IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PEMASARAN PRODUK UMKM FOLLOW US. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 336–350. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/JSEI/article/view/10254
Section
Articles