FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA PERBANKAN SYARIAH MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI JURUSAN PERBANKAN SYARIAH DIBOGOR

Main Article Content

Muhammad Waliyuddin
Ali Pangestu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi siswa perbankan syariah melanjutkan studi ke perguruan tinggi di Bogor, dan mengetahui faktor mana yang paling dominan yang mempengaruhi siswa perbankan syariah melanjutkan studi keperguruan tinggi di Bogor. Teknik pengumpulan data Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis faktor. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner yang berasal dari 70 responden Siswa jurusan Perbankan Syariah diBogor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keadaan lingkungan siswa,  keadaan ekonomi siswa, dorongan keluarga, motivasi siswa, sosialisasi ekonomi islam, pengetahuan agama. Merupakan faktor yang paling dominan atau faktor yang paling mempengaruhi minat siswa Perbankan Syariah Melanjutkan Studi keperguruan tinggi. Sedangkan faktor Persepsi siswa terhadap Perbankan Syariah merupakan faktor pendukung yang mempengaruhi minat siswa Perbankan Syariah Melanjutkan Studi keperguruan tinggi.

Article Details

How to Cite
Waliyuddin, M., & Pangestu, A. (2022). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA PERBANKAN SYARIAH MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI JURUSAN PERBANKAN SYARIAH DIBOGOR . Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 276–286. https://doi.org/10.30997/jsei.v8i2.6809
Section
Articles

References

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu pengantar Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Birama, C.,B, Nurkhin, A. 2017. Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Perencanaan Karier Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Siswa Sma Negeri 2 Slawi. Jurnal Economic Education Analysis Vol. 6 No.1. Hal 110.

Darmawan, I. 2017. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa. Jurnal Pendidikan dan ekonomi, Volume 6, No .2, Hal 158.

Djaali 2012. Psikologi Pendidiakan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Fauziah, A., Rosnaningsih , A., Azhar, S. 2017. hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas iv sdn poris gaga 05 kota tangerang. Jurnal JPSD Vol. 4 No. 1, Hal 48.

Firmansyah, S.R., Lukman, M., Mambangsari, W.C. 2017. Faktor-faktor yang berhubungan dengan dukungan keluarga dalam pencegahan primer hipentensi. Vol 5. No.2. Hal 200.

Fitriani, K. 2014. Pengaruh motivasi, prestasi belajar, status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII akuntansi smk negri 1 kendal. Economic Education Analysis Juornal Vol 3, No.1. Hal 153.

Hidayat, N.M., Alhifni, A. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Mahasiswa Menjadi Enterpreneur Syariah. Jurnal Syarikah P-ISSN 2442-4420 e-2528-6935 Volume 3 N0.1. Hal 406.

Hidayati, N. 2012. Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dengan Minat Melanjutkan Studi Di Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xi Sma Negri 1 Kretek. Jurnal Bimbingan dan Konseling Edisi 11 Tahun ke-4 2015.

Indriyanti, N, Siswandari, & Ivada, E. Faktor-Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhi Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta. Jupe UNS, Vol.1, No. 2, Hal 3-4.

Markum, E.M., Hassan, F, & Sukra, Y. 2007. Pendidikan Tinggi dalam Perspektif Sejarah dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta : UI Press.