PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRODUK ASURANSI PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI KASUS DI PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA SYAAMIL AGENCY BOGOR)

Main Article Content

Alisah Eliansyah
Muhamad Amin

Abstract

Pada penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan asuransi pendidikan terhadap nasabahnya. Untuk metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang menggunakan analisis regresi logistik. Populasi yang diambil pada penelitian ini yaitu nasabah asuransi pendidikan tahun 2018-2022 dengan sampel 85 responden. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bukti fisik, keandalan, ketanggapan dan empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah asuransi pendidikan, sedangkan variabel jaminan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah asuransi pendidikan. Dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh lembaga Asuransi Takaful terdapat bukti fisik seperti standar pelayanan, keandalan dalam melayani, ketanggapan merespon pelayanan, jaminan yang diberikan kepada nasabah dan sikap empati pada saat melayani, sehingga adanya pengaruh terhadap kualitas pelayanan. Sedangkan dari hasil secara simultan menunjukkan bahwa bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan dan empati berpengaruh terhadap kepuasan nasabah asuransi pendidikan di PT. Asuransi Takaful Keluarga Syaamil Agency Bogor.

Article Details

How to Cite
Eliansyah, A., & Amin, M. . (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRODUK ASURANSI PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI KASUS DI PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA SYAAMIL AGENCY BOGOR). Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 329–335. https://doi.org/10.30997/jsei.v9i2.10462
Section
Articles

References

Erliana (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Asuransi Takaful Cabang Medan. Journal Academi. Vol.9 hal 10, April 2019

Nurcahya, & Paramita, M. (2015). Efektivitas Sosialisasi Asuransi Syariah PT. PRU Syariah Bogor (Studi pada Pasar di Bogor). Jurnal Syarikah, Vol.1, No. 1, Juni 2015

Susi, I., & Selvy. (2016). Pengaruh Penanganan Keluhan (Complaint Handling) Terhadap Kepercayaan dan Komitmen Nasabah Pada Asuransi Pendidikan di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis Darmajaya, Vol.2, No.1, Januari 2016.

Syahrl, M. (2018). Kualitas Pelayanan Dalam Islam. Jurnal IndraTech, 8(4), 81–94.

Rizki, H., (2016). “Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah PT. BPRS Safir Kota Bengkulu”. Bengkulu: Skripsi, IAIN Bengkulu. 2016.

Syakir, Muhammad (2016), Asuransi Syariah, Jakarta: Gema Insani.

Purnama. (2017). Kepuasan Nasabah. Edisi 1.Yogyakarta.Abdullah, (2015), Asuransi Produk Pendidikan, Jakarta: Elex Media Komputindo.