PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRODUK ASURANSI PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI KASUS DI PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA SYAAMIL AGENCY BOGOR)
Main Article Content
Abstract
Pada penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan asuransi pendidikan terhadap nasabahnya. Untuk metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang menggunakan analisis regresi logistik. Populasi yang diambil pada penelitian ini yaitu nasabah asuransi pendidikan tahun 2018-2022 dengan sampel 85 responden. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bukti fisik, keandalan, ketanggapan dan empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah asuransi pendidikan, sedangkan variabel jaminan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah asuransi pendidikan. Dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh lembaga Asuransi Takaful terdapat bukti fisik seperti standar pelayanan, keandalan dalam melayani, ketanggapan merespon pelayanan, jaminan yang diberikan kepada nasabah dan sikap empati pada saat melayani, sehingga adanya pengaruh terhadap kualitas pelayanan. Sedangkan dari hasil secara simultan menunjukkan bahwa bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan dan empati berpengaruh terhadap kepuasan nasabah asuransi pendidikan di PT. Asuransi Takaful Keluarga Syaamil Agency Bogor.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
SURAT PERNYATAAN PEMINDAHAN HAK CIPTA[1]
Yang bertanda tangan di bawah ini adalah penulis naskah yang berjudul:
yang diajukan untuk dipublikasikan pada Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420 menyatakan bahwa:
Kami bersedia memindahkan hak publikasi, distribusi, reproduksi, dan menjual naskah kamiyang berjudul tersebut di atas sebagai bagian dari Jurnal Syarikah kepada Dewan Redaksi Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam ISSN 2442-4420
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sadar, penuh rasa tanggung jawab, dan tanpa paksaan dari pihak mana pun!
No | Nama Penulis (lengkap dengan gelar akademik) | Nama dan Alamat Institusi, email | Tanda Tangan | Tanggal |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
[1] Dikirim ke Dewan Redaksi Jurnal Syarikah, Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor, Gedung B Lantai IV Jl Tol Ciawi No. 1 Kotak Pos 35 Ciawi Bogor 16720, difaksimilikan ke 02518240985, dan hasil scanning-nya diemailkan ke Jurnal.Syarikah@unida.ac.id
References
Erliana (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Asuransi Takaful Cabang Medan. Journal Academi. Vol.9 hal 10, April 2019
Nurcahya, & Paramita, M. (2015). Efektivitas Sosialisasi Asuransi Syariah PT. PRU Syariah Bogor (Studi pada Pasar di Bogor). Jurnal Syarikah, Vol.1, No. 1, Juni 2015
Susi, I., & Selvy. (2016). Pengaruh Penanganan Keluhan (Complaint Handling) Terhadap Kepercayaan dan Komitmen Nasabah Pada Asuransi Pendidikan di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis Darmajaya, Vol.2, No.1, Januari 2016.
Syahrl, M. (2018). Kualitas Pelayanan Dalam Islam. Jurnal IndraTech, 8(4), 81–94.
Rizki, H., (2016). “Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah PT. BPRS Safir Kota Bengkulu”. Bengkulu: Skripsi, IAIN Bengkulu. 2016.
Syakir, Muhammad (2016), Asuransi Syariah, Jakarta: Gema Insani.
Purnama. (2017). Kepuasan Nasabah. Edisi 1.Yogyakarta.Abdullah, (2015), Asuransi Produk Pendidikan, Jakarta: Elex Media Komputindo.