EFEKTIFITAS SOSIALISASI ASURANSI SYARIAH PT. PRU Syariah BOGOR (Studi pada Pasar di Bogor)

Main Article Content

Nur Cahya
Metti Paramita

Abstract

Asuransi dalam Islam pada dasarnya mengarahkan bagaimana membangun masyarakat yang bekerja sama, saling membantu, bertanggung jawab dan saling melindungi satu sama lain. Oleh karena itu kehadiran asuransi syariah sangat penting untuk mendorong persaudaraan dan membantu meringankan masalah atau bencana saling berhadapan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran sosialisasi asuransi syariah kepada masyarakat atau belum efektif dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang syariah auransi, juga bertujuan untuk mengukur efektivitas sosialisasi asuransi syariah.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dalam memperoleh data menggunakan melalui kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Importance performance Analisis (IPA) untuk memetakan tingkat kepentingan dalam kinerja spesifik produk, dan kemudian mencari tahu seberapa efektif sosialisasi yang dilakukan oleh PT. PRU Syariah Bogor di pasar Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas sosialiasai PT. PRU Syariah Bogor belum efektif dalam mensosialisasikan asuransi syariah kepada masyarakat, hal ini disebabkan faktor sumber daya yang digunakan masih sulit untuk menyebarkan asuransi syariah secara efektif.
Katakunci : Sosialisasi Takaful, Efektivitas.

Article Details

How to Cite
Cahya, N., & Paramita, M. (2015). EFEKTIFITAS SOSIALISASI ASURANSI SYARIAH PT. PRU Syariah BOGOR (Studi pada Pasar di Bogor). Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 1(1). https://doi.org/10.30997/jsei.v1i1.257
Section
Articles

References

Ali, AM. Hasan.Asuransi dalam Perspektif Hukum Islam.Jakarta: Kencana, 2004.
Al-Qur’an dan Tafsirnya ,Jilid -2. Jakarta: Kementrian Agama, 2010.
Ariestonandri, Prima. Marketing Research for Beginner: Panduan RisetPemasaran Praktis bagi Pemula. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2006.
Badudu, J.S. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta:1994.
Departemen Pendidikan Nasinoal. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Pusat Bahasa).cet-1, edisi keempat . Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka, 1990.
Dewi, Gemala. Aspek-Aspek Hukum dalam Perbankan dan Perasuransian Syariah di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2007.
Effendy, Onong U. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 1997.
Fayshal, Abung dan Medyawati, Henny.Jurnal Asuransi dan Manajemen Resiko Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2013.
Gibson, James L. Manajemen Jilid 9.Terjemahan Agus Dharma. Jakarta: Erlangga, 1996.
Handoko, T. Hani. Manajemen. Yogyakarta: BPFE, 2000.
Hilaliyah, Nuril. Aplikasi Asuransi Takaful Dana Pendidikan dalam Perspektif Syariah (Studi Kasus pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Malang).Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, 2008.
Laporan Triwulan Otoritas Jasa Keuangan Triwulan III-2013
Michael, LeBoeuf, Working Smart; Terjemahan Haris Munandar. Jakarta:Tangga Pustaka, 2010.
Muhammad. Lembaga-lembaga Keuangan Umat Kontemporer. Yogyakarta: UII Press, 2002.
Nazir, Moh. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia, 1983.
P, Ade Putri. Implementasi Sistem Asuransi Jiwa Konvensional dan Syariah (Studi di AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Asuransi Perorangan Magelang dan AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Syariah Surakarta).Skripsi,Fakultas Hukum, Universitas Sebelas MaretSurakarta, 2010.
PT Prudential Life Assurance, PRUfast start, Jakarta: PT. Prudential Life Assurance, 2012)
Saputra, Ruhiyat. Pengaruh Sosialisasi Program Konversi Dan Rasa Aman Masyarakat Terhadap Efektivitas Program Konversi Minyak Tanah Ke Gas Elpiji Di Tinjau Dari Perspektif Ketahanan Nasioanal (Studi Kasus Di Wilayah Kabupaten Bogor).Skripsi.Universitas Indonesia Fakultas Kajian Ketahanan Nasional 2010.
Sastrodiningrat, Soebagio. Kapita Selekta Manajemen & Kepemimpinan. Jakarata: PT.Ind- Hill-Co, 1999.
Sidarta, Made. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT. Bina Aksara, 1999.
Silvana, R Tine dan Rohanda, Efektivitas Penggunaan Media Komunikasi Dalam Rangka Sosialisasi Program GPMB (Gerakan Pembinaan Masyarakat Baca) di Jawa Barat.Bandung: Universitas Padjadjaran, 2011.
Soeratno dan Arsyad, Lincolin.Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan (UPP) Akademi Manajemen Perusahaan YKPN, 2003.
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2007.
Sula, Muhammad Syakir. Asuransi Syariah (Life and General) Konsep dan Sistem Operasional. Jakarta: Gema Insani, 2004.
Syukron, Muhammad. Implementasi Fatwa DSN-MUI no. 21/dsn-mui/x/2001 tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah di Asuransi Syariah Mubarakah Cabang Semarang, Skripsi. Fakultas Syariah, Institut Agama Islam WalisongoSemarang, 2008.
Utami, Lia. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah dan Konvensional Berdasarkan Metode RBC. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2008.
Widianti, Erlina Mariza. Efektifitas Penerapan Sistem Mudharabah menurut PSAK 105 dan Sistem Profitabilitas pada Asuransi Jiwa Syariah (Studi Kasus PT.Bringinlife Syariah-Surabaya).Skripsi.Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional, Jawa Timur, 2010.

Most read articles by the same author(s)