FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PEDAGANG PASAR TRADISIONAL TERHADAP PEMBIAYAAN PADA LKMS DAN LKM

Main Article Content

Elza Amalia
Metti Paramita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat pedagang pasar tradisional Jonggol terhadap pembiayaan/kredit pada LKMS dan LKM. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis faktor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor-faktor yang paling dominan mempengaruhi minat pedagang dalam  mengajukan pembiayaan ke LKMS yaitu faktor lokasi dan lingkungan sosial dan faktor-faktor yang paling dominan mempengaruhi minat pedagang dalam  mengajukan kredit ke LKM yaitu faktor lokasi dan promosi.

Article Details

How to Cite
Amalia, E., & Paramita, M. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PEDAGANG PASAR TRADISIONAL TERHADAP PEMBIAYAAN PADA LKMS DAN LKM. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 6(1), 35–46. https://doi.org/10.30997/jsei.v6i1.1893
Section
Articles

References

Anisah, Fajri, Widyawati. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Agribisnis Dalam Berkoperasi Pada Fakultas Pertanian Universitas Syariah Kuala. Jurnal Imliah Pertanian Unsyiah. Vol. 1, No. 1. November 2016.
Anwar, Kaspul. Najib. M & Mursidah. (2011). Persepsi Dan Reaksi Masyarakat Terhadap Keberadaan Koperasi Unit Desa (KUD) Serba Usaha Di Desa Kalinjanulu Kecamatan Muaro Ancalong Kabupaten Kutai Timur.EPP. Vol 08 No 012011 Hal 44-46.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyanti, T. (2014). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Penjualan Produk di PT. UNITED INDO Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 3 No. 10, 1-19.
Baskara, I.Gde.Kanjeng. (2013). Lembaga Keuangan Mikro di Indonesia. Jurnal Buletin Studi Ekonomi. Vol. 18, No.2.
Djaali. (2011). Psikologi Pedidikan. Jakarta: BumiAksara.
Fure, H. (2013). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA.Vol. 1 No. 3, 273-283.
Handayani. (2015). Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Pembiayaan Mudharabah Di KJKS Mitra Sejahtera.Skripsi: Universitas Negeri Islam Wali Songo Semarang.
Hurriyati, R,. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA.
Ihwan Susila. (2017). Analisis Efisiensi Lembaga Keuangan Mikro. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 8, No. 2.
Irwanto.(2002). Psikologi Umum Buku Panduan Mahasiswa.Jakarta:Prehallindo.
Kasiram. (2008). Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers.
Lupiyoadi, R,. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.
Muttaqien, D. (2010). Urgensi Legalitas Lembaga Keuangan Mikro Syariah.Skripsi: Universitas Islam Indonesia.
Moleong J, Lexy. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Nugraha, U. (2015). Hubungan Persepsi, Sikap dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Skripsi: Universitas Jambi.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Research and Develoment.
Sugiyono. (2010).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Suryani, Y. (2015). Teori Lokasi Dalam Penentuan Pembangunan LokasinPasar Tradisional. Skripsi: Unand Limau Manis Padang.
Tamara, M,. (2016). Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan. Vol. 16, No. 1.
Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2O13 tentang Lembaga Keuangan Mikro (LKM).
Wasid Iskandar, Sunendar D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda, Cet. Ke-3, 2011.
Yuliyatun. (2012). Pengaruh Lingkungan Sosial dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Zakiyudin Ais. (2017). Lembaga Keuangan Mikro Syariah Sebagai Solusi Alternatif Pemberdayaan Usaha Mikro. Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SIMNASIPTEK) 2017

Most read articles by the same author(s)