FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PEDAGANG PASAR TRADISIONAL TERHADAP PEMBIAYAAN PADA LKMS DAN LKM

Elza Amalia, Metti Paramita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat pedagang pasar tradisional Jonggol terhadap pembiayaan/kredit pada LKMS dan LKM. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis faktor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor-faktor yang paling dominan mempengaruhi minat pedagang dalam  mengajukan pembiayaan ke LKMS yaitu faktor lokasi dan lingkungan sosial dan faktor-faktor yang paling dominan mempengaruhi minat pedagang dalam  mengajukan kredit ke LKM yaitu faktor lokasi dan promosi.

Keywords

LKMS, LKM, Minat, Pembiayaan / kredit

Full Text:

PDF

References

Anisah, Fajri, Widyawati. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Agribisnis Dalam Berkoperasi Pada Fakultas Pertanian Universitas Syariah Kuala. Jurnal Imliah Pertanian Unsyiah. Vol. 1, No. 1. November 2016.

Anwar, Kaspul. Najib. M & Mursidah. (2011). Persepsi Dan Reaksi Masyarakat Terhadap Keberadaan Koperasi Unit Desa (KUD) Serba Usaha Di Desa Kalinjanulu Kecamatan Muaro Ancalong Kabupaten Kutai Timur.EPP. Vol 08 No 012011 Hal 44-46.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyanti, T. (2014). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Penjualan Produk di PT. UNITED INDO Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 3 No. 10, 1-19.

Baskara, I.Gde.Kanjeng. (2013). Lembaga Keuangan Mikro di Indonesia. Jurnal Buletin Studi Ekonomi. Vol. 18, No.2.

Djaali. (2011). Psikologi Pedidikan. Jakarta: BumiAksara.

Fure, H. (2013). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA.Vol. 1 No. 3, 273-283.

Handayani. (2015). Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Pembiayaan Mudharabah Di KJKS Mitra Sejahtera.Skripsi: Universitas Negeri Islam Wali Songo Semarang.

Hurriyati, R,. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA.

Ihwan Susila. (2017). Analisis Efisiensi Lembaga Keuangan Mikro. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 8, No. 2.

Irwanto.(2002). Psikologi Umum Buku Panduan Mahasiswa.Jakarta:Prehallindo.

Kasiram. (2008). Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers.

Lupiyoadi, R,. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.

Muttaqien, D. (2010). Urgensi Legalitas Lembaga Keuangan Mikro Syariah.Skripsi: Universitas Islam Indonesia.

Moleong J, Lexy. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Nugraha, U. (2015). Hubungan Persepsi, Sikap dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Skripsi: Universitas Jambi.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Research and Develoment.

Sugiyono. (2010).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Suryani, Y. (2015). Teori Lokasi Dalam Penentuan Pembangunan LokasinPasar Tradisional. Skripsi: Unand Limau Manis Padang.

Tamara, M,. (2016). Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan. Vol. 16, No. 1.

Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2O13 tentang Lembaga Keuangan Mikro (LKM).

Wasid Iskandar, Sunendar D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda, Cet. Ke-3, 2011.

Yuliyatun. (2012). Pengaruh Lingkungan Sosial dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Zakiyudin Ais. (2017). Lembaga Keuangan Mikro Syariah Sebagai Solusi Alternatif Pemberdayaan Usaha Mikro. Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SIMNASIPTEK) 2017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.