ANALISIS KUALITAS SUMBER DAYA INSANI PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH

Main Article Content

Rianti Windasari
Metti Paramita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan kinerja kerja sumber daya insani pada lima lembaga keuangan mikro syariah di Kota Bogor. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Data primer pada penelitian ini yaitu observasi dan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa beberapa LKMS memiliki kualitas SDI yang baik, dan telah melakukan sistem pengembangan untuk SDI, agar terdapat peningkatan dari segi keterampilan, pengetahuan dan sikap yang baik, pernyataan tersebut diperkuat dengan indikator kinerja karyawan, hasil kerja setiap karyawan dan beberapa program pendukung yaitu kegiatan pelatihan serta pengembangan karyawan yang dimiliki setiap LKMS

Article Details

How to Cite
Windasari, R., & Paramita, M. (2019). ANALISIS KUALITAS SUMBER DAYA INSANI PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 4(2), 83–98. https://doi.org/10.30997/jsei.v4i2.1229
Section
Articles

References

Afif, Mohammad. 2016. Pengembangan Sumber Daya (SDI) di Lembaga Keuangan Islam. Jurnal Ekonomi Vol. 1, No 1.
Anwar, Sanusi. 2011. Metodologi Penelitian untuk Ekonomi Bisnis. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Azahra, Rina Apriyani. 2015. Perbandingan Fungsi BMT Sebagai Baitul Maal Dan Baitul Tamwil. Universitas Djuanda Fakultas Ekonomi Islam. Bogor
Burhanuddin, Djaelany. 2014. Human Resources Development of Sharia Banking. Jurnal Al-Iqtishad, Vol. 20, No. 2.
Haluty, Djaelany. 2014. Islam dan Manajemen Sumber Daya Manusia yang Berkualitas. Jurnal Irfani Vol. 10, pp. 63-74.
Hidayah, Roissatun. 2015. SWOT Analysis Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) pada Usaha Mikro. Skripsi, Yogyakarta. Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Irawan, Dedik. 2013. Analisis Strategi Pengembangan Lembaga Keuangan Mikro Syariah Pedesaan (Studi Kasus BMT Al-Hasanah). Jurnal JIIA Vol 1 No 1.
Isa, Muhammad. 2014. Pengelolaan Sumber Daya Insani (SDI) Dalam Memasarkan Produk dan Jasa Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Kajian ilmu KeIslaman. Vol. 02 No. 2.
Istikhomah, Nurul. 2014. Analisis Kinerja Sumber Daya Insani Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Dana Amanah Ditinjau dari Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia. Jurnal UNS. Vol 2, No 2.
Jusmaliani. 2011. Pengelolaan Sumber Daya Insani (SDI), Jakarta: Bumi Aksara
Komang, Ardana I, Mujiati, Ni Wayan, dan Mudiartha Utama I Wayan. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Graha Ilmu.
Rivai, Veithzal. 2009. Islamic Human Capital, Dari Teori ke Praktek. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Most read articles by the same author(s)