STRATEGI MANAJEMEN KOMUNIKASI PADA BOGOR NGARIUNG

Main Article Content

Rooby Firliandoko
Muhammad Luthfie
Ali Alamsyah Kusumadinata

Abstract

Sejak lahir dan dalam menjalankan kehidupan manusia selalu membutuhkan bantuan orang lain sehingga hampir semua bergabung atau membentuk kelompok, komunitas, atau juga organisasi demi memudahkan pekerjaan dan juga menggapai apa yang ingin digapai. Di Kota Bogor sendiri, geliat hadir dan menjamurnya komunitas sudah menjadi fenomena, komunitas tidak hanya melakukan kegiatan dari mulai yang mereka senangi namun juga melakukan perubahan dan kontribusi kepada lingkungan melalui jalurnya masing-masing yang bisa juga disebut komunitas dan organisasi pegiat perubahan. Dan menariknya, Kota Bogor memiliki satu-satunya organsiasi yang mewadahi komunitas dan organisasi pegiat perubahan yang tidak banyak dimiliki oleh kota lain dengan nama Bogor Ngariung. Tujuan penelitian ini menganalisis audit komunikasi organisasi yang ada di lingkungan organisasi Bogor Ngariung dengan fokus studi pada (1) analisis komunikasi organisasi di Bogor Ngariung,  (2) menganalisis kepuasan  anggota terhadap Bogor Ngariung, serta faktor  yang menjadi pendorong anggota untuk mendapatkan rasa puas,  (3) merumuskan strategi manajemen Bogor Ngariung untuk memberikan kepuasan kepada anggota. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.    Adapun hasil penelitian yang dihasilkan adalah (1) Jejaring merupakan hal yang berdampak baik bagi organisasi, sehingga hubungan antar anggota juga baik merupakan kegiatan komunikasi organisasi yang baik dan perlu diperkuat dengan kegiatan pertemuan langsung atau Ngariung Komunitas dan pemilihan media komunikasi yang sesuai, (2) Rasa puas anggota Bogor Ngariung terhadap komunikasi organsisasi di lingkungan Bogor Ngariung didorong oleh mudahnya berjejaring dengan anggota lain dengan  menggunakan media komunikasi dan integrasi kegiatan. (3) Strategi manajemen Bogor Ngariung untuk memberikan kepuasan kepada anggota diwujudkan melalui .jejaring dan integrasi sesama anggota dengan mengoptimalkan penggunaan media komunikasi.

Article Details

How to Cite
Firliandoko, R., Luthfie, M., & Kusumadinata, A. A. (2018). STRATEGI MANAJEMEN KOMUNIKASI PADA BOGOR NGARIUNG. JURNAL KOMUNIKATIO, 4(1). https://doi.org/10.30997/jk.v4i1.1209
Section
Articles

References

Adhi S. 2014. Exploring Facebook and Whatsapp As Supporting Social Network Apllications For English Learning In Higher Education. Bandung (ID): Widyatama.
Ahadi MN. 2012. Hubungan Antara Iklim Komunikasi Suportif dan Motivasi Berorganisasi dengan Komitmen Afektif Anggota Remaja Islam Masjid Agung Jawa Tengah. [Skripsi]. Semarang (ID). Universitas Diponegoro.
Anna N. 2009. Peran Pemimpin dalam Menciptakan Knowledge Sharing di Organisasi. [Skripsi]. Surabaya (ID). Universitas Airlangga.
Bungin B. 2013. Sosiologi Komunikasi. Jakarta (ID): Prenada Media Group.
Darlis E, Cahayani A. 2013. Kejelasan Peran dan Pemberdayaan Psikologis dalam Peningkatan Kinerja Manajerial. Jurnal Ekonomi. 21 (03): 1-14.
Desya W. 2017. Saatnya Komunitas Bogor Menjadi Pegiat Perubahan. Diterbitkan oleh Harian Radar Bogor pada tanggal 4 Oktober 2017.
Dudung. 2015. 6 Pengertian Komunitas Menurut Parah Ahli. Diunduh pada pranala http://www.dosenpendidikan.com/6-pengertian-komunitas-menurut-para-ahli/ pada tanggal 4 Desember 2017, pukul 15.00 WIB.
Febriananda E. 2014. Pengaruh Kepemimpinan dan Dukungan Anggota Terhadap Peran Serikat Pekerja PT. PLN PERSERO Area Tegal. [Skripsi]. Semarang (ID). Universitas Diponegoro.
Erwiza. 2014. Integrasi dan Motivasi Kerja. [Skripsi]. Pekanbaru (ID). UIN Sultan Syarif Kasim.
Jayatri A, Samian. 2010. Hubungan antara Peranan Manajer dengan Kepuasan Kerja pada Karyawan PT. Perkebunan Nusnatara X (PERSERO) di PG. Toelangan Sidoarja. [Skripsi]. Surabaya (ID). Universitas Airlangga.
Kertonegoro S. 1994. Manajemen Organisasi. Jakarta (ID): Widya Press Jakarta.
Kriyantono R. 2012. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta (ID): Prenada Media Group.
Kusumawijaya IK. 2011. Peran Mitra Strategis dan Agen Perubahan dalam Manajemen Talenta dan Kinerja Manajer. Jurnal Siasat Bisnis. 15 (1) : 125-143.
Lani dan Hari. 2017. Bima Arya Buka Puasa Bersama dengan Puluhan Komunitas. diunduh dari pranala http://kotabogor.go.id/index.php/show_post/detail/7206/bima-arya-buka-puasa-bersama-dengan-puluhan-komunitas#.Wk4rGdJl_IU pada tanggal 4 Januari 2017, pukul 20.00 WIB.
Masitoh ID. 2015. Peran Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Pada Komunitas One Day One Juzz (ODOZ). [Skripsi]. Banten (ID). Surya University
Mohammed R, Bungin B. 2015. Audit Komunikasi. Jakarta (ID): Prenada Media Group.
Nasikhah Z, Setyowati RN. 2005. Peran Koordinator Bonek dalam Mengendalikan Perilaku Agresif Suporter PERSEBAYA (BONEK) di Surabaya. [Skripsi]. Surabaya (ID). Universitas Negeri Surabaya.
Nurhajati T. 2010. Model Pengembangan Kinerja Organisasi Melalui Kualitas Jejaring, Kualitas Kepercayaan dan Inovasi. [Skripsi]. Semarang (ID). Universitas Sultan Agung.
Nurudin. 2012. Pengaruh Kemampuan Manajerial dan Kematangan Bawahan Terhadap Efektivitas Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. [Skripsi]. Semarang (ID). Universitas Sultan Agung.
Poetra AW. 2016. Komunikasi Anggota Himpunan dalam Aplikasi Line. [Skripsi]. Bandung (ID). Universitas Padjajaran.
Porwani S. 2014. Peran Komunikasi dalam Fungsi Manajemen pada PT. Astra International-Honda TBK Plaju Palembang. [Skripsi]. Palembang (ID). Politeknik Negeri Sriwijaya.
Pradipto NA, Sukarelawati, Kusumadinata AA. 2017. Pengaruh Komunikasi Persuasif dalam Meningkatkan Kesadaran Solidaritas Anggota Scooter Mods Bogor Indonesia. Jurnal Komunikatio. 3(2) : 61-68.
Prabawanti BE. 2008. Peran Komunikasi sebagai Pendukung Perubahan Organisasi. [Tesis]. Bandung (ID). Universitas Parahyangan
Pratama A. 2015. Jejaring Kerja Organisasi dalam Pencegahan HIV/AIDS di Kabupaten Kediri. [Skripsi]. Malang (ID). Universitas Brawijaya.
Ramdani D. 2015. Audit Komunikasi: Organisasi Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Yogyakarta. [Skripsi]. Yogyakarta (ID). Universitas Pembangunan Nasional.
Ruliana P. 2016. Komunikasi Organisasi. Jakarta (ID): Raja Grafindo Persada.
Saparso. 2006. Peranan Unsur Kolaborasi Dalam Organisasi. Jurnal Manajemen Krida Wacana. 6 (2): 117-130.
Sari WP. 2009. Audit Komunikasi Sebagai Alat untuk Mengukur Efektivitas dan Efisiensi Komunikasi dalam Suatu Organisasi. [Tesis]. Jakarta (ID): Universitas Budi Luhur.
Setyawan FB. 2016. Solidaritas Sosial Anggota Komunitas Motor Honda Classic Magelang (HCM) Cub Series. [Skripsi]. Yogyakarta (ID). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Setyono F. 2013. Pengaruh Kualitas Komunikasi Interpersonal Pemimpin Kelompok Sel terhadap Komitmen Organisasi Anggota Kelompok Sel di Satelit Toly Gereja Mawar Sharon Surabaya. [Skripsi]. Surabaya (ID). Universitas Kristen Petra Surabaya.
Soekanto S. 2015. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta (ID) : Raja Grafindo Persada.
Sukrillah A, Ratnamulyani IA, Kusumadinata AA. 2017. Pemanfaatan Media Sosial Melalui Whatsapp Group Fei Sebagai Sarana Komunikasi. Jurnal Komunikatio. 3(2): 95-104.
Taufik T. 2013. Peran Monitoring dan Evaluasi Terhadap Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah. Jurnal Akuntasi. 1(2) : 199-122.
Tamzil F. 2003. Peran Teknologi Informasi dalam Dunia Komunikasi. [Skripsi]. Jakarta (ID). Universitas Esa Unggul.
Widyana W. 2013. Pentingnya Pola Kemitraan dalam Rangka Meningkatkan Peran dan Kinerja Usaha Mikro Kecil, dan Menengah di Jawa Timur Periode 2006-2011. [Skripsi]. Surabaya (ID). Universitas Surabaya.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3