PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DARI MUTU PELAYANAN INFORMASI TERHADAP KEPERCAYAAN PUBLIK DI KECAMATAN CARINGIN KABUPATEN BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.30997/jk.v2i1.207Abstract
Penelitian ini memusatkan perhatian pada pengaruh komunikasi interpersonal dari mutu pelayananinformasi terhadap kepercayaan publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
komunikasi interpersonal petugas playanan, untuk mengetahui kepercayaan publik serta untuk
mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kepercayaan publik di Kecamatan Caringin
Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tknik sampel yang
digunakan adalah aksidental. Data dari hasil kuesioner selanjutnya di masukkan ke dalam tabulasi
analisis secara manual dan diinterpretasikan. Sedangkan untuk menghitung pengaruh menggunakan
Rank Spearman pada SPSS 18. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan tabulasi analisis
secara manual diketahui bahwa variabel X (komunikasi interpersonal) diperoleh angka penafsiran 4,0
yang berada pada kategori baik, dan pada variabel Y (kepercayaan publik) diperoleh angka penafsiran
4,1 yang berada pada kategori baik. Pada perhitungan pengaruh diperoleh nilai koefisien korelasi (r)
sebesar 0,486 yang berada di level sedang, maka dapat disimpulkan bahwa korelasi diantara kedua
variabel X (komunikasi interpersonal) dan variabel Y (kepercayaan publik) memiliki pengaruh yang
nyata dengan signifikan α 1% serta menunjukan hubungan positif.
Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Kepercayaan Publik, Pelayanan Informasi.
References
Arikunto. 2007. Manajemen Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta. Azwar, S. 2007. Realibilitas dan Validitas, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Bungin, Burhan. 2008. Sosiologi Komunikasi, Jakarta : Prenada Media Group.
Darsono. 2008. Penganggaran Perusahaan, Jakarta : Mitra Wancana Media. Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS, Yogyakarta : MediaKom. Effendy, Onong Uchjana. 1985. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek, Bandung : CV. Remaja Karya. _____________________________________. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung : Citra Aditya Bakti. _____________________________________. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek , Bandung : Remaja Rosda Karya.
Fajar, Marhaeni. 2009. Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktik, Jakarta : Graha Ilmu. Laksana, Fajar. 2008 Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis, Yogyakarta : Graha Ilmu. Miftah, Thoha. 1995. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta : Raja Grafindo Persada. _____________________. 2009. Kepemimpinan Dalam Manajemen, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Moenir, HAS. 1998. Manajemen Pelayanan Publik, Jakarta : Bina Aksara. ____________________. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta : Bumi Aksara.
Nawawi, Hadari. 1995. Metode Penelitian Sosial, Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
Parasuraman. 1990. Delivering Quality Service, New York : The Free Press.
Payne Adrian. 2000. The Essence of Service Marketing Pemasaran Jasa, Yogyakarta : ANDI. Siregar, Bakri. 1981. Metode Riset Sosial Suatu Pengantar, Jakarta : Erlangga.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1995. Metode Penelitian Survai, Jakarta : LP3S.
Santoso. 2005. Metode Suatu Penelitian, Jakarta : Rineka Aksara. Sugiyono. 2008. Statistika untuk Penelitian, Bandung : Alfa Beta.
Bungin, Burhan. 2008. Sosiologi Komunikasi, Jakarta : Prenada Media Group.
Darsono. 2008. Penganggaran Perusahaan, Jakarta : Mitra Wancana Media. Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS, Yogyakarta : MediaKom. Effendy, Onong Uchjana. 1985. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek, Bandung : CV. Remaja Karya. _____________________________________. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung : Citra Aditya Bakti. _____________________________________. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek , Bandung : Remaja Rosda Karya.
Fajar, Marhaeni. 2009. Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktik, Jakarta : Graha Ilmu. Laksana, Fajar. 2008 Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis, Yogyakarta : Graha Ilmu. Miftah, Thoha. 1995. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta : Raja Grafindo Persada. _____________________. 2009. Kepemimpinan Dalam Manajemen, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Moenir, HAS. 1998. Manajemen Pelayanan Publik, Jakarta : Bina Aksara. ____________________. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta : Bumi Aksara.
Nawawi, Hadari. 1995. Metode Penelitian Sosial, Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
Parasuraman. 1990. Delivering Quality Service, New York : The Free Press.
Payne Adrian. 2000. The Essence of Service Marketing Pemasaran Jasa, Yogyakarta : ANDI. Siregar, Bakri. 1981. Metode Riset Sosial Suatu Pengantar, Jakarta : Erlangga.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1995. Metode Penelitian Survai, Jakarta : LP3S.
Santoso. 2005. Metode Suatu Penelitian, Jakarta : Rineka Aksara. Sugiyono. 2008. Statistika untuk Penelitian, Bandung : Alfa Beta.
Downloads
Published
2017-03-21
How to Cite
Rahayu, S., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2017). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DARI MUTU PELAYANAN INFORMASI TERHADAP KEPERCAYAAN PUBLIK DI KECAMATAN CARINGIN KABUPATEN BOGOR. JURNAL KOMUNIKATIO, 2(1). https://doi.org/10.30997/jk.v2i1.207
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Komunikatio agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work