PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DARI MUTU PELAYANAN INFORMASI TERHADAP KEPERCAYAAN PUBLIK DI KECAMATAN CARINGIN KABUPATEN BOGOR

Main Article Content

S. Rahayu
Ike Atikah Ratnamulyani
Ali Alamsyah Kusumadinata

Abstract

Penelitian ini memusatkan perhatian pada pengaruh komunikasi interpersonal dari mutu pelayanan
informasi terhadap kepercayaan publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
komunikasi interpersonal petugas playanan, untuk mengetahui kepercayaan publik serta untuk
mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kepercayaan publik di Kecamatan Caringin
Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tknik sampel yang
digunakan adalah aksidental. Data dari hasil kuesioner selanjutnya di masukkan ke dalam tabulasi
analisis secara manual dan diinterpretasikan. Sedangkan untuk menghitung pengaruh menggunakan
Rank Spearman pada SPSS 18. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan tabulasi analisis
secara manual diketahui bahwa variabel X (komunikasi interpersonal) diperoleh angka penafsiran 4,0
yang berada pada kategori baik, dan pada variabel Y (kepercayaan publik) diperoleh angka penafsiran
4,1 yang berada pada kategori baik. Pada perhitungan pengaruh diperoleh nilai koefisien korelasi (r)
sebesar 0,486 yang berada di level sedang, maka dapat disimpulkan bahwa korelasi diantara kedua
variabel X (komunikasi interpersonal) dan variabel Y (kepercayaan publik) memiliki pengaruh yang
nyata dengan signifikan α 1% serta menunjukan hubungan positif.
Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Kepercayaan Publik, Pelayanan Informasi.

Article Details

How to Cite
Rahayu, S., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2017). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DARI MUTU PELAYANAN INFORMASI TERHADAP KEPERCAYAAN PUBLIK DI KECAMATAN CARINGIN KABUPATEN BOGOR. URNAL OMUNIKATIO, 2(1). https://doi.org/10.30997/jk.v2i1.207
Section
Articles

References

Arikunto. 2007. Manajemen Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta. Azwar, S. 2007. Realibilitas dan Validitas, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Bungin, Burhan. 2008. Sosiologi Komunikasi, Jakarta : Prenada Media Group.
Darsono. 2008. Penganggaran Perusahaan, Jakarta : Mitra Wancana Media. Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS, Yogyakarta : MediaKom. Effendy, Onong Uchjana. 1985. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek, Bandung : CV. Remaja Karya. _____________________________________. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung : Citra Aditya Bakti. _____________________________________. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek , Bandung : Remaja Rosda Karya.
Fajar, Marhaeni. 2009. Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktik, Jakarta : Graha Ilmu. Laksana, Fajar. 2008 Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis, Yogyakarta : Graha Ilmu. Miftah, Thoha. 1995. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta : Raja Grafindo Persada. _____________________. 2009. Kepemimpinan Dalam Manajemen, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Moenir, HAS. 1998. Manajemen Pelayanan Publik, Jakarta : Bina Aksara. ____________________. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta : Bumi Aksara.
Nawawi, Hadari. 1995. Metode Penelitian Sosial, Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
Parasuraman. 1990. Delivering Quality Service, New York : The Free Press.
Payne Adrian. 2000. The Essence of Service Marketing Pemasaran Jasa, Yogyakarta : ANDI. Siregar, Bakri. 1981. Metode Riset Sosial Suatu Pengantar, Jakarta : Erlangga.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1995. Metode Penelitian Survai, Jakarta : LP3S.
Santoso. 2005. Metode Suatu Penelitian, Jakarta : Rineka Aksara. Sugiyono. 2008. Statistika untuk Penelitian, Bandung : Alfa Beta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>