STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN JUNGLELAND ADVENTURE THEME PARK BOGOR DALAM UPAYA MENARIK PENGUNJUNG

Main Article Content

R.M Indrapraja
Ike Atikah Ratnamulyani
Maria Fitriah

Abstract

Penelitian ini memusatkan perhatian pada strategi periklanan, strategi promosi penjualan dan strategi Public Relation Jungleland Adventure Theme Park dalam upaya menarik pengunjung. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui strategi periklanan yang diterapkan oleh Jungleland dalam menarik pengunjung, (2) Untuk mengetahui strategi promosi penjualan yang diterapkan oleh Jungleland Adventure Theme Park dalam menarik pengunjung, dan (3) Untuk mengetahui strategi hubungan masyarakat dan publisitas yang diterapkan oleh Jungleland Adventure Theme Park dalam menarik pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan tehnik pengambilan data melalui wawancara dan observasi secara langsung. Tehnik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data dan mengambil kesimpulan dari data yang di peroleh. Strategi periklanan yang dilakukan Jungleland Adventure Theme Park menggunakan media above the line dalam bentuk penayangan iklan di media massa yaitu Radio maupun Televisi dan media below the line seperti billboard, brosur, baliho, poster. Strategi sales promotion yang dilakukan Jungleland Adventure Theme Park adalah Promo HEMAT (Heboh Jumat), buy 1 Get 1 Free untuk pembelian minuman Sosro, Buy 1 Get 3 yaitu kesempatan mendapatkan kupon potongan harga untuk wahana di Jungle series (The Jungle waterpark, Jungleland Adventure theme Park dan Junglefest). Strategi Public relation yang dilakukan Jungleland Adventure Theme Park adalah dengan membuat Press Release pada media surat kabar seperti Radar Bogor maupun website Jungleland ; special event yang selalu mengadakan acara yang menarik seperti Cosplay Party; kegiatan sosiaCSR seperti Sumbangan anak yatim dan cek kesehatan; kegiatan media Gathering; menampung Kritik dan saran. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran , Bauran Pemasaran, Daya Tarik Objek Wisata.

Article Details

How to Cite
Indrapraja, R., Ratnamulyani, I. A., & Fitriah, M. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN JUNGLELAND ADVENTURE THEME PARK BOGOR DALAM UPAYA MENARIK PENGUNJUNG. JURNAL KOMUNIKATIO, 1(1). https://doi.org/10.30997/jk.v1i1.137
Section
Articles

References

Ardianto E. 2004. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media
Hadawiah. 2005. Strategi Memenangkan Persaingan dalam Pemasaran Surat Kabar Harian di Makassar [Tesis]. Makassar: Universitas Hasanuddin Makassar.
Hermawan A. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Erlangga Kartajaya H. 2010. Perjalan Pemikiran Konsep Pemasaran. Surabaya : Penerbit Erlangga.
Noviera FR. 2002. Strategi Komunikasi Pemasaran Electronic Commerce [Tesis]. Depok. Universitas Indonesia. Pendit N. 1994. , Ilmu Pariwisata sebuah Pengantar Perdana.Jakarta : PT. Pradnya Paramita Rahman C. 2013. Skripsi : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kunjungan Wisata di Taman Nasional Way Kambas Propinsi Lampung. Depok. Universitas Indonesia.
Rakhmat J. 1998. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Rangkuti F. 1997. Analisis SWOT Tehnik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : PT. Gramedia.
Ruslan R. 2003. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen & Komunikasi pemasaran. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Shalilah S. 2012. Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Okezone.Com [Skripsi.] Depok. Universitas Indonesia.
Swastha B dan Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran: Strategi dan Taktik, Bogor. Ghalia Tjiptono F. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.
Uthami. 2011. Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran yang diterapkan oleh Planet Pool Centre dalam menarik Konsumen [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin Makassar.
Wulan, Arum Nawang. 2012. Tingkat Daya Tarik Wisata Mata air Panas di Cimandiri dan Cimaja Jawa Barat [Skripsi]. Depok. Universitas Indonesia.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>