STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENJAGA CORPORATE IMAGE DI PT PERTAMINA (PERSERO) MARKETING OPERATION REGION (MOR) III
DOI:
https://doi.org/10.30997/jk.v4i2.1213Abstract
Perkembangan bisnis yang begitu pesat membuat strategi yang ada tidak selalu akan relavan terus mengahadapi tantangan bisnis yang semakin kompleks. Keberadaan humas sangat penting dalam sebuah organisasi dimana faktor-faktor penting dari keberadaan humas sebagai penyampai pesan dari perusahaan kepada masyarakat seperti yang diungkapkan. Public Relations suatu upaya komunikasi yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan dengan niat baik dalam rangka terciptanya suatu pengertian antara suatu perusahaan dengan public internal dan ekternal perusahaan,dan bahwa public relations juga suatu upaya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian. Adapun tujuan penelitian adalah menjelaskan strategi public relations di Pertamina marketing operation region III dalam menjaga corporate image. Penelitian ini mengunakan metoda kualitatif. Hasil penelitian yang dihasilkan yaitu bagaimana strategi public relations dalam menjaga corporate image di pertamina marketing operation region III yang dilakukan di unit kerja communication relations yaitu dengan media monitoring, menjaga nama baik perusahaan, menjaga hubungan baik dengan MUSPIDA.
References
Anang RH. 2014. Modul Konsep Dasar Kehumasan. Palembang.
Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta (ID) : Raja Grafindo Persada.
Aldhily R. 2017. 101 Amazing Public Relations Ideas. Yogyakarta (ID) : Quadrant.
Aydin S, Ozer G. 2005. The analysis of antecedents of customer loyalty in the Turkish mobiletelecommunication market. European Journal of Marketing 39 (7/8): 910-25.
Daft RL. 2007. Manajemen Edisi 6. Jakarta (ID) : PT. Salemba Empat.
Effendy OU. 2003. Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung (ID) : Citra Aditya Bakti.
Fajri C. 2017. eran Humas Dalam Meningkatkan Loyalitas Stakeholder Universitas Ahmad Dahlan. [Skripsi]. Yogyakarta (ID) : Fakultas ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.
Kriyantono R. 2014. Teori Public Relations Perspektif Barat Dan Lokal: Aplikasi Penelitiandan Praktik. Jakarta (ID) : Kencana.
Littlejhon SW, Foss KA. 2017. Teori Komunikasi . Jakarta (ID) : Salemba Humanika,
Nova F. 2011. Crisis Public Relations Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta (ID) : Raja Grafindo Persada.
Purwani DA. 2009. Hubungan Antara Corporate Image (CI) Dengan External Business Relations (EBR) (Studi kasus pada PT.Adiputro Yogyakarta). [Tesis]. Surakarta (ID) : Program studi Ilmu Komunikasi Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Ruslan R. 2016. Manajemen Public Relatins dan Media Komunikasi. Jakarta (ID) : PT. Raja Grafindo Persada.
Wentz CA. 1998. Safety, health, and environmental protection. Boston (US): McGraw-Hill.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Komunikatio agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Komunikatio.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work