STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENJAGA CORPORATE IMAGE DI PT PERTAMINA (PERSERO) MARKETING OPERATION REGION (MOR) III

Main Article Content

Hakanna Hakanna
Ike Atikah Ratnamulyani
Ali Alamsyah Kusumadinata

Abstract

Perkembangan bisnis yang begitu pesat membuat strategi yang ada tidak selalu akan  relavan terus mengahadapi tantangan bisnis yang semakin kompleks. Keberadaan humas sangat penting dalam sebuah organisasi dimana faktor-faktor penting dari keberadaan humas sebagai penyampai pesan dari perusahaan kepada masyarakat seperti yang diungkapkan. Public Relations suatu upaya komunikasi yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan dengan niat baik dalam rangka terciptanya suatu pengertian antara suatu perusahaan dengan public internal dan ekternal perusahaan,dan bahwa public relations juga suatu upaya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian. Adapun tujuan penelitian adalah menjelaskan strategi public relations di Pertamina marketing operation region III dalam menjaga corporate image. Penelitian ini mengunakan metoda kualitatif.  Hasil penelitian yang dihasilkan yaitu bagaimana strategi public relations dalam menjaga corporate image di pertamina marketing operation region III yang dilakukan di unit kerja communication relations yaitu dengan media monitoring, menjaga nama baik perusahaan, menjaga hubungan baik dengan MUSPIDA.

Article Details

How to Cite
Hakanna, H., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2018). STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENJAGA CORPORATE IMAGE DI PT PERTAMINA (PERSERO) MARKETING OPERATION REGION (MOR) III. JURNAL KOMUNIKATIO, 4(2). https://doi.org/10.30997/jk.v4i2.1213
Section
Articles
Author Biography

Hakanna Hakanna

students in Sciences of Communication

References

Amalia N, Ratnamulyani IA, Kusumadinata AA. 2017. Promosi personal selling surat kabar bogor today dalam menarik minat pemasang iklan. Jurnal Komunikatio 3 (1) : 9-20.
Anang RH. 2014. Modul Konsep Dasar Kehumasan. Palembang.
Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta (ID) : Raja Grafindo Persada.
Aldhily R. 2017. 101 Amazing Public Relations Ideas. Yogyakarta (ID) : Quadrant.
Aydin S, Ozer G. 2005. The analysis of antecedents of customer loyalty in the Turkish mobiletelecommunication market. European Journal of Marketing 39 (7/8): 910-25.
Daft RL. 2007. Manajemen Edisi 6. Jakarta (ID) : PT. Salemba Empat.
Effendy OU. 2003. Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung (ID) : Citra Aditya Bakti.
Fajri C. 2017. eran Humas Dalam Meningkatkan Loyalitas Stakeholder Universitas Ahmad Dahlan. [Skripsi]. Yogyakarta (ID) : Fakultas ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.
Kriyantono R. 2014. Teori Public Relations Perspektif Barat Dan Lokal: Aplikasi Penelitiandan Praktik. Jakarta (ID) : Kencana.
Littlejhon SW, Foss KA. 2017. Teori Komunikasi . Jakarta (ID) : Salemba Humanika,
Nova F. 2011. Crisis Public Relations Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta (ID) : Raja Grafindo Persada.
Purwani DA. 2009. Hubungan Antara Corporate Image (CI) Dengan External Business Relations (EBR) (Studi kasus pada PT.Adiputro Yogyakarta). [Tesis]. Surakarta (ID) : Program studi Ilmu Komunikasi Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Ruslan R. 2016. Manajemen Public Relatins dan Media Komunikasi. Jakarta (ID) : PT. Raja Grafindo Persada.
Wentz CA. 1998. Safety, health, and environmental protection. Boston (US): McGraw-Hill.