Analisis Pemahaman Masyarakat Terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal pada Produk Makanan dan Minuman Skala UMK di Kabupaten Sukabumi

Main Article Content

Awalia Rachima Suganda
Aditia Ginantaka
Delfitriani Delfitriani

Abstract

Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat yang memiliki jumlah Usaha mikro Kecil (UMK) yang cukup besar, terutama di sektor industri makanan dan minuman. Meskipun ada banyak UMK di Kabupaten Sukabumi, hanya sekitar 30% dari seluruh UMK di bidang makanan dan minuman yang memiliki sertifikat halal, menurut data Badan Penyelenggara Jaminan Produk halal (BPJPH) Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesadaran pelaku UMK dan masyarakat menengah kebawah yang mayoritas merupakan konsumen dari pelaku UMK. Responden penelitian adalah 100 orang konsumen dan pelaku usaha UMK. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun 72% responden mengetahui sertifikasi halal, pemahaman mereka masih terbatas. Sebagian besar pelaku UMK di bidang makanan (74%) dan (26%) di bidang minuman, menyadari pentingnya sertifikasi halal, namun hanya 42% yang memilikinya, pelaku usaha UMK masih terkendala oleh biaya sertifikasi yang dianggap mahal dan proses sertifikasi yang rumit. Untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan sertifikasi halal, disarankan untuk meningkatkan sosialisasi, memberikan insentif, dan mempermudah proses sertifikasi bagi pelaku UMK. Pemerintah dan lembaga terkait perlu berperan aktif dalam upaya ini.

Article Details

How to Cite
Suganda, A. R., Ginantaka, A., & Delfitriani, D. (2024). Analisis Pemahaman Masyarakat Terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal pada Produk Makanan dan Minuman Skala UMK di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 6(2), 13–34. https://doi.org/10.30997/jiph.v6i2.15627
Section
Articles

References

Adinugraha, & Sartika. (2023). Halal Literacy and Halal Awareness as Determinants of Halal Product Purchase Intention. IKONOMIKA: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 8(1), 1–20.

Adawiyah, Y. R., Windayani, N., Nuryantini, A. Y. ., Agustin , T. W., & Rochman, C. . (2024). Analisis Hubungan Literasi Halal Dengan Konsumsi Makanan Siap Saji . Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 6(1), 1–9.

Akim, Konety, N., Purnama, C., & Adilla, M. H. (2019). Pemahaman Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Jatinangor Terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 31.

Amalia, L., Bilqisthy , S. R. ., Mardiah, M., & Jumiono, A. (2024). Karakteristik Fisiko Kimia dan Organoleptik Bakso Daging Sapi, Bakso Daging Tikus, dan Bakso Daging Sapi Campur Daging Tikus dengan Penambahan Bahan Pengenyal dan Bumbu . Karimah Tauhid, 3(3), 3975–3989.

Anas, M., Saputro, A. R., & Wahdah, H. (2023). Persepsi Halal dan Pemahaman Sertifikasi Halal:Studi Deskriptif Analitik. Misykat al-anwar Jurnal kajian islam dan Masyarakat, 6(1), 1–12.

Anggia Putri, S., Ujang, S., & Kiki, K. (2021). Determinants of halal food purchase intention among Indonesian Muslim consumers. Journal of Islamic Marketing, 12(1), 1–18.

Arifin, A., & Setyaningrum, D. (2022). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal, Harga, Promosi, Citra Rasa, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sosis Kanzler Oleh Generasi Milenial. Jurnal Ekonomi dan bisnis, 10(1), 420–427.

Awan, Siddiquei, & Haider. (2022). Factors affecting Halal purchase intention - evidence from Pakistan. Journal of Islamic Marketing, 13(2), 326–344.

[BPS] Badan Pusat Statistika (2023). Profil Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia Tahun 2023. Jakarta: Badan Pusat Statistika

Fahmi, I., Rakhman, & Ranti, K. (2023). The Certification, and Religiosity on Purchase Intention of Halal Food Products. Journal of Halal Product and Research, 6(1), 9–18.

Golnaz, R., Zainalabidin, M., Mad Nasir, S., & Eddie Chiew, F. C. (2010). Non-muslims’ awareness of Halal principles and related food products in Malaysia. International Food Research Journal, 17(3), 667–674.

Hadi, S. N., & Al-Farisi, S. (2016). Analisis Pengaruh Cita Rasa, Label Halal, dan Diversifikasi Produk terhadap Keputusan Beli Konsumen pada Produk Olahan Tuna Inggil Pacitan Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Islam, 15, 131–142.

Hapsari, D. R., Kusumaningrum, I., Aminah, S., & Puspitasari, S. D. (2019). Studi Kasus Pengaruh Logo Halal dan Kesadaran Halal terhadap Keputusan Pembelian Bakso Sapi di Ciawi - Bogor. Jurnal Agroindustri Halal, 05(2), 196–203.

Hasan, Harun, & Hossain. (2023). Exploring the determinants of halal product purchasing behavior among Muslim consumers in Bangladesh. Journal of Islamic Marketing, 14(1), 105–125.

Hasan, S. (2014). Kepastian hukum sertifikasi dan labelisasi halal produk pangan. Jurnal Dinamika Hukum, 14(2), 227–238.

Heryanto, B., Nurwati, N., & Yuliana, R. (2023). Halal Certification and Its Implications for Small and Medium Enterprises in Indonesia. International Journal of Islamic Economics and Finance, 5(1), 1–16.

Huda, Runi, Mardian, & Hudaifah. (2022). Determinants of Muslim consumers’ intention to purchase halal products: The moderating role of religious commitment. Journal of Islamic Marketing, 13(3), 625–646.

Izzati, Retnawati, & Wijayanti, R. (2022). Antecedents and Consequences of Halal Product Information Disclosure: An Empirical Study of SMEs in Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 13(5), 1165–1181.

Jumiono, A., & Siti Irma Rahmawati. (2021). Kriteria Sertifikasi Halal Barang Gunaan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 2(1), 10–16.

Mashitoh, S., Rafida, N., & Alina, A. (2013). Perception Towards Halal Awareness and its Correlation with Halal Certification among Muslims. Middle-East Journal of Scientific Research, 13(June), 1–4.

Jumiono, A., Mardiah, M., Amalia, L., & Puspasari, E. (2024). Identifikasi Titik Kritis Kehalalan Produk Mikrobiologi. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 6(1), 84–95.

Munawaroh, U., Setiawan, A., & Istaniah. (2021). The Role of Stakeholder Engagement in the Implementation of Halal Certification Policy for MSMEs. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 24(1), 113–130.

Ningrum, H. M. (2023). kesadaran Halal dan Persepsi Sertifikasi Halal di Kalangan Pelaku Usaha Mikro Bidang Kuliner Jajanan (Studi Kasus Pedagang Jajanan Di Kecamatan Purwokerto Utara) [skripsi, Universitas Islam Negeri Prof.K.H.Saifuddin Zuhri Purwokerto]

Nugraheni, Syukri, & Wibowo. (2023). Analisis Kendala Penerapan Sertifikasi Halal pada Industri Makanan dan Minuman Kecil di Jawa Tengah. Jurnal Ekonomi dan bisnis, 25(1), 45–60.

Nugroho, A., Putri, R., & Syahputra, R. (2023). Strategi Peningkatan Sertifikasi Halal Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Program Sehati. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 9(1), 78–90.

Nuraini, Taufik, M., & Rohmah. (2021). Analisis Pemahaman Pelaku Usaha Mikro dan Kecil terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 143–150.

Nurjanah, S., & Ningrum, D. (2023). Halal Certification Challenges for Small and Medium Enterprises in Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 18(1), 45–58.

Putri, Yanto, & Nurkhin. (2023). The Effect of Halal Literacy, Halal Certification and Religious Commitment on Halal Purchase Intention. jurnal Economia, 19(1), 1–17.

Rahayu, Dwiyana, & Hidayat. (2022). The Role of Halal Certification and Halal Literacy on Halal Food Purchase Intention. Journal of Islamic Marketing, 13(3), 643–656.

Rahmawati, D., Hidayat, W., & Kusumawati, A. (2022). The Importance of Halal Certification for Small and Medium Enterprises in Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 13(4), 833–847.

Fitri, Z. E., & Jumiono, A. (2021). Sertifikasi Halal Produk Olahan Pangan. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 3(2), 1–7. https://doi.org/10.30997/jiph.v3i2.9676

Sadeeqa, S., Sarriff, A., Masood, I., Saleem, F., & Atif, M. (2013). Knowledge , Attitude and Perception Regrading Halal Pharmaceuticals among General Public in Malaysia. International Journal of Public Health Science, 2(4), 143–150.

Sari, & Shihab. (2021). Komunikasi pemasaran terpadu dalam sosialisasi sertifikasi halal pada industri usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) d Indonesia. jurnal komunikasi, 13(1), 1–16.

Setyaningsih, E. D., & Marwansyah, S. (2019). The Effect of Halal Certification and Halal Awareness through Interest in Decisions on Buying Halal Food Products. Syi`ar Iqtishadi : Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 3(1), 65.

Soesilowati. (2020). Business Opportunities for Halal Products in the Global Market: Muslim Consumer Behaviour and Halal Food Consumption. Journal of Indonesian Social Sciences and Humanities, 3(1), 1–8.

Suharni, S., Firmansyah, A., & Nursanti, E. (2021). Determinants of Halal Product Implementation in Small and Medium Enterprises. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 23(2), 89–104.

Sumarwan, U., & Kirbrandoko, K. (2022). Factors Influencing the Intention to Obtain Halal Certification among Small and Medium Enterprises. Jurnal Manajemen, 26(2), 165–180.

Syahrir, A., Rahem, A., & Prayoga, A. (2019). Pharmacist Behavior of Halal Labelization on Pharmaceutical Product. Journal of Halal Product and Research, 25–32.

Triana, U. (2021). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Bahan Makanan, Dan Citra merek Produk Terhadap Minat Beli Produkmakanan Halal (Studi Kasus Mahasiswa Muslim Di Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2), 3.

Trifiyanto, K. (2018). Masa Depan Produk Lokal: Analisis pengaruh Etnosentris Konsumen, Disain Kemasan Dan Persepsi Labelisasi Halal Terhadap Minat Pembelian produk Lokal. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, 17(2), 15–24.

Warto, W., & Samsuri, S. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98.

Widyaningrum, P. W. (2019). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Iklan, dan Celebrity Endorser terhadap Minat Pembelian kosmetik melalui variabel Persepsi sebagai Mediasi (Studi Pada Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Capital: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(2), 74.

Yunus, Suryani, & Anggoro. (2022). Peningkatan Kesadaran Pentingnya Sertifikasi Halal pada Pelaku UMKM di Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(2), 123–234.

Most read articles by the same author(s)