PROFESIONALISME PEGAWAI KECAMATAN DALAM PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK
DOI:
https://doi.org/10.30997/jgs.v9i1.7637Kata Kunci:
E-KTP, Kecamatan, Pelayanan, Profesionalisme, Tanggung JawabAbstrak
Salah satu tantangan besar untuk pemerintah, khususnya pemerintah daerah dalam pelayanan publik, yakni harus menampilkan perilaku profesional, serta etos kerja yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat profesionalisme yang ditunjukkan oleh pegawai pelayanan. E-KTP (Elektronik Kartu Tanda Penduduk). Pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dengan responden berjumlah 20 orang pegawai kantor kecamatan, dengan menggunakan Teknik sampling probability, pengumpulan data melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme pegawai di kantor Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor ini dilihat dari kompetensi, efektivitas, efisiensi dan tanggung jawab dalam pelaksanaan pelayanan sudah baik, namun masih terdapat beberapa dimensi yang masih dibawah nilai hasil rata-rata variabel yaitu dimensi kompetensi dengan nilai rata-rata sebesar 4.11, dimensi efektivitas dengan nilai rata-rata 4.15, dimensi efisiensi dengan nilai rata-rata 4.12 dan dimensi tanggung jawab dengan nilai skor rata-rata 4.12. saran dalam Penelitian ini perlu adanya peningkatan kapasitas pegawai melalui pelatihan kerja dan pemberian seminar supaya meningkatkan dan pengetahuan dan kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan.
Referensi
Kartasasmita. (2014). Menuju Pegawai Yang Profesional dan Berintegritas. Bumi Aksara.
Sedarmayanti. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. PT Refika Aditama.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, CV.
Andika Winly Oroh, Novie Pioh, Gustaf Undap. 2017. Profesionalisme Kerja Perangkat Kelurahan Dalam Pelayanan Publik Di Kelurahan KotaMobagu Kecamatan Kotamobagu Barat. Jurnal jurusan ilmu pemerintahan. Volume 2 No 2 Tahun 2017
Febrianor Adytia, Murakhman Sayuti Enggok, Murdiansyah Herman. 2021. Profesionalisme Kerja Pegawai dalam Pelayan Publik (Studi Kasus Pengurusan Pelayanan Kartu Tanda Penduduk di Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru).
Jahiruddin. 2021. Profesionalisme Aparatur Pemerintah Dalam Pelayanan Publik Di Kecamatan Samarinda Lilir. Jurnal administrasi dan kebijakan. Volume 20 No 1 Hal 71-77.
Safredo. 2021. Profesionalisme Kerja Pegawai Negeri Sipil Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Studi Tentang Pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mojokerto). Jurnal fakultas ilmu sosial dan ilmu politik.
Sepriman Laoli, Eka Septiani Laoli, Netti Karian Mendrofa. 2022. Analisis Profesionalisme Kerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik di Kantor Camat Gunungsitoli Idanoi. Jurnal ilmiah simantek. Volume 6 No 4 Hal 42-50.
Siti Rahayu, Beddy Iriawan Maksudi, Irma Purnamasari. 2016. Kualitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Di Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor. Jurnal governansi ISSN 2442-3971 Volume 2 Nomor 1.
Undang-Undang Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.
Peraturan Bupati (PERBUP) Kabupaten Bogor Nomor 98 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Kecamatan
Peraturan Daerah (PERDA) Kab. Bogor No. 7 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Afmi Apriliani, Euis Salbiah, Siti Wulandari
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Governansi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Governansi.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Governansi.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.