EFEKTIVITAS PELAYANAN KARTU IDENTITAS ANAK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

Penulis

  • Rita Rahmawati Universitas Djuanda
  • Siti Murni Yati Universitas Djuanda
  • Irma Purnamasari Universitas Djuanda
  • Muhammad Husein Maruapey Universitas Djuanda
  • Berry Sastrawan Universitas Djuanda
  • Dede Syahrudin Universitas Djuanda
  • Aep Saepudin Muchtar Universitas Djuanda
  • Oetje Subagdja Universitas Djuanda
  • Saprudin Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jgs.v10i2.14693

Kata Kunci:

efektivitas, pelayanan, kartu identitas anak

Abstrak

Kartu Identitas Anak (KIA) merupakan kartu yang kepemilikan resmi pada anak diumur yang belum dari 17 tahun dan belum menikah. Selama ini pelayanan di lembaga Dinas. secara akumulatif masih rendah. salah satu kendalanya dikarenakan kurangnya kesadaran atas manfaat kartu identitas anak dan sosialisasi belum optimal. Tujuan dalam penelitian yang dimaksud untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelayanan kartu identitas anak, hambatan-hambatan dalam efektivitas pelayanan, dan upaya dalam menyelesaikan hambatan dalam efektivitas pelayanan kartu identitas anak. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Dengan sampel 100 orang dari unsur masyarakat dan 32 pegawai. Data dikumpulkan melalui teknik data primer dan sekunder. Analisis data menggunakan skala likert. Hasil menunjukkan bahwa tanggapan secara keseluruhan bahwa masyarakat yakni memperoleh nilai 3,49 dalam kriteria “Baik” dan hasil tanggapan responden pegawai yakni memperoleh nilai 4,09 dalam kriteria “Baik”. Penilaian kedua unsur tersebut dinilai baik artinya didalam indikator peningkatan kemampuan dalam keterampilan komunikasi dan keahlian mendeteksi dokumen sehingga pelayanan diberikan dapat meminimalisasikan capaian jumlah kartu identitas anak. Artinya pelaksanaan pelayanan kartu identitas anak dikatakan efektif namun masih terdapat sebagian faktor kendala dalam pelayanan diantaranya sosialisasi belum dilakukan secara merata sehingga perlu untuk dilakukan perbaikan dari segi metode sosialisasinya agar lebih efektif.

Referensi

Adiwijaya, Meigawati, & M. (2024). Efektivitas Program Sistem Pelayanan Kepuasan ( Sikap ) Di Kecamatan Baros Kota Sukabumi. Jurnal Komunikasi & Administrasi Publik, 11(14), 271–276.

Akbari, Muchsin, A. (2024). EFEKTIVITAS PELAYANAN MELALUI PROGRAM ‘ KARE MATOR ” DALAM KEMUDAHAN KEPENGURUSAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN BAGI MASYARAKAT BERKEBUTUHAN KHSUSUS (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumenep). Jurnal Respon Publik, 18 (2), 1–7.

Aris, Agustang, I. (2021). Efektifitas Pelayanan Aparatur Sipil Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Jurnal Governance And Politice (JGP), 1, 127–133.

Ardianor, S. (2017). Efektivitas Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) Di Kantor Kecamatan Bintang Ara Kabupaten Tabalong. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 1(2), 463–473.

Amrina, Arso, & N. (2021). Analisis Efektivitas Program Inovasi Pemberian Asi Gersasi Di Puskesmas Jati Kabupaten Kudus. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(3), 414–419.

Azizah, Raudah, & A. (2024). EFEKTIVITAS PENGELOLAAN OBJEK WISATA BATU BADINDING. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 1, 162–169.

Citrawati, Rahmawati, & Salbiah. (2022). Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Governansi, 8(1), 69–78.

Fazil, & T. (2022). Efektivitas Pelayanan Publik dalam Proses Penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Pada Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Medan. Jurnal Komunikasi & Administrasi Publik, 9(2), 305–312.

Harahap, Badaruddin, & H. (2021). Efektivitas Penerapan Sistem E-Planning Dalam Perencanaan Pembangunan di Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan. 10(1), 76–87.

Irtanto. (2020). Kinerja Birokrasi Pelayanan Sektor Publik : Perspektif Perkembangan Teori. Jurnal Litbang Kebijakan, 14(56), 153–171.

Kurnia,Rahmawati, & R. (2022). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN VAKSINASI COVID-19. Jurnal Governansi, 8(2), 153–161.

Maulidia, & M. (2024). Meningkatkan Akses Informasi Publik: Evaluasi Efektivitas Petugas Informasi di Indonesia. Frontiers in Research Journal, 1, 118–135.

Mustofa, & Y. (2021). EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN PEMERINTAH BAGI USAHA MIKRO DI KABUPATEN PONOROGO. Journal of Economics and Business Research, 1(2), 233–246.

Muafa, M. A., Wahyudin, C., Salbiah, E., & Subagdja, O. (2024). Efektivitas Program Pemberian Makanan Tambahan Pada Anak Stunting. Karimah Tauhid, 3(4), 4947-4953.

Nabila, Amirulloh, & B. (2021). EFEKTIVITAS PROGRAM REHABILITASI KORBAN PERDAGANGAN ANAK. Jurnal GOVERNANSI, 7(April), 59–68.

Nuryani, I., Hernawan, D., & Wahyudin, C. (2024). Analisis Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Website Pakuan Prima. Karimah Tauhid, 3(6), 6579-6593.

Pratidina, Maulinda, Apriliyani, S. (2024). Pengaruh Implementasi Sistem Layanan Online Administrasi Kependudukan. Jurnal Governansi, 10(April), 65–76.

Rahmawati, Fitriyana, Pratidina, & S. (2024). EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BOGOR. Karimah Tauhid, 3, 1349–1361.

Resdiana, & I. (2020). Efektifitas Dana Desa Dalam Mendukung Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Marengan Daya Kabupaten Sumenep. Jurnal Public Corner, 15(1), 48–60.

Sawir. (2020). BIROKRASI PELAYANAN PUBLIK Konsep, Teori, Dan Aplikasi. DEEPUBLISH (CV BUDI UTAMA). http://repository.uniyap.ac.id/239/1/Birokrasi Pelayanan Publik.pdf

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Steers, M. R. (2020). Efektivitas Organisasi. ERLANGGA.

Thalita, & N. (2024). EFEKTIVITAS PELAYANAN ONLINE MELALUI SIAPEL DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA MALANG. Jurnal Humaniora Multidisipliner JHM, 8(5), 23–28.

Tengku, Rahmawati, Purnamasari, S. (2023). Efektivitas Pelayanan Izin Berusaha Berbasis Online Single Submission. Jurnal Governansi, 9(2), 144–150.

Ticoalu, Kaawoan, L. (2017). Efektivitas Pemekaran Desa dalam Mewujudkan Kualitas Pelayanan Publik (Suatu Studi di Desa Pinasungkulan Utara Kecamatan Modoinding). Jurnal Eksekutif, 1(1), 1–13.

Yustina, & Z. (2022). EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI PERIZINAN ELEKTRONIK CILEGON (SIPECI) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KOTA CILEGON (STUDI KASUS: APLIKASI SIPECI DPMPTSP KOTA CILEGON). Journal of Research and Development on Public Policy (Jarvic), 1(3), 87–103.

Zakiah, Rahmawati, S. (2024). Pengaruh Penerapan Program Layanan Publik melalui Aplikasi Akses Layanan Instan (ASINAN) Kota Bogor terhadap Efektivitas Layanan Publik. Karimah Tauhid, 3(4), 4776–4792.

Zohriah. (2017). Efektivitas Pelayanan Perpustakaan Sekolah. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan:Tarbawi, 3(01), 102–110.

Diterbitkan

2024-10-04

Cara Mengutip

Rahmawati, R., Yati, S. M., Purnamasari, I., Maruapey, M. H., Sastrawan, B., Syahrudin, D., Muchtar, A. S., Subagdja, O., & Saprudin. (2024). EFEKTIVITAS PELAYANAN KARTU IDENTITAS ANAK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL . Jurnal Governansi, 10(2), 191–200. https://doi.org/10.30997/jgs.v10i2.14693

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

> >>