Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor

Authors

  • Jun Sam Yang Universitas Djuanda
  • Denny Hernawan Universitas Djuanda
  • G. Goris Seran Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jgs.v6i1.2508

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kinerja pegawai negeri sipil di Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Robbins mengemukakan lima dimensi untuk mengukur kinerja pegawai negeri sipil, yaitu kualitas (quality), kuantitas (quantity), ketepatan waktu (pomptnees), efektivitas (effectiveness), dan kemandirian (independence). Metode penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh pegawai negeri sipil Kecamatan Bogor Selatan sebanyak 24 orang dan semuanya dijadikan sebagai sampel penelitian. Data penelitian dikumpulkan dengan penelitian lapangan (kuesioner, wawancara dan pengamatan) untuk mendapatkan data primer dan penelitian kepustakaan untuk mengumpulkan data sekunder. Data kuesioner dianalisis dengan menggunakan rumus Weight Mean Score untuk menghitung skor rerata. Data sekunder digunakan untuk memperkaya pembahasan tentang kinerja pegawai negeri sipil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pegawai negeri sipil memperoleh skor rerata sebesar 3,6 yang dikategorikan baik. Ini berarti bahwa rata-rata kinerja pegawai di Kecamatan Bogor Selatan sudah baik dalam melaksanakan tugas dan fungsi sehingga dapat membantu pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Kondisi baik tersebut dapat dilihat dari adanya penghargaan yang diberikan oleh atasan/camat, kemajuan kualitas pekerjaan pegawai, peningkatan pengetahuan dalam aktivitas pengelolaan pekerjaan, penyelesaian pekerjaan sesuai dengan target yang telah ditetapkan, dan inisiatif pegawai dalam melaksanakan pekerjaan tidak semata-mata bergantung pada atasan/camat.

Kata kunci: Kota Bogor, Pegawai Negeri Sipil, Kinerja, Pemerintahan Daerah.

Author Biographies

Jun Sam Yang, Universitas Djuanda

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Denny Hernawan, Universitas Djuanda

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

G. Goris Seran, Universitas Djuanda

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

References

Buku
Hasibuan, Malayu S. P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Labovits, Sanford, et al. (1982). Metode Riset Sosial: Suatu Pengantar. Terjemahan Bakrie Siregar. Jakarta: Erlangga.
Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. (2014). Evaluasi Kinerja SDM. Cetakan Keenam. Bandung: Penerbit Refika Aditama.
Robbins, Stephen P. (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Indeks, Kelompok Gramedia.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Jurnal
Mote, Yohanes; Rahmawati, Rita & Seran, G. Goris. (2019). “Managerial Skill Camat Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai Di Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor”. Jurnal GOVERNANSI, 5(2): 123-130.

Peraturan Perundang-undangan
Peraturan Daerah Kota Bogor Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Bogor (Lembaran Daerah Kota Bogor Tahun 2016 Nomor 1 Seri D).
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 244, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5587).

Downloads

Additional Files

Published

2020-04-13

How to Cite

Yang, J. S., Hernawan, D., & Seran, G. G. (2020). Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Jurnal Governansi, 6(1), 57–62. https://doi.org/10.30997/jgs.v6i1.2508
Abstract viewed = 393 times

Most read articles by the same author(s)

> >>