Penilaian Kinerja Organisasi Perangkat Daerah (Studi Kasus pada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bogor)

Penulis

  • Wina Liana Rosni Universitas Djuanda
  • Denny Hernawan Universitas Djuanda
  • Ginung Pratidina Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jgs.v6i1.1765

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai kinerja organisasi perangkat daerah, yaitu Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bogor. Penilaian kinerja organisasi didasarkan pada lima dimensi, yaitu produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitis. Sampel penelitian terdiri dari pegawai Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bogor sebanyak 75 orang. Pengumpulan data menggunakan penelitian lapangan (angket, observasi dan wawancara) dan penelitian kepustakaan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Weight Mean Score untuk menghitung skor rerata penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja organisasi yang ditinjau dari dimensi produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas memperoleh skor rerata sebesar 4,14 yang termasuk dalam kategori penilaian baik. Penelitian ini juga menemukan hambatan pokok yang mempengaruhi kinerja organisasi, yaitu kurang-memadainya ketersediaan sumber daya manusia pegawai. Tugas, fungsi dan tanggung jawab Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bogor untuk menjaga ketertiban, keamanan dan ketenteraman di wilayah Kota Bogor hanya dijalankan oleh pegawai yang sedikit jumlahnya sehingga berdampak terhadap kinerja organisasi.

Kata kunci: Kinerja Organisasi, Sumber Daya Manusia, Organisasi Perangkat Daerah.

Biografi Penulis

Wina Liana Rosni, Universitas Djuanda

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Denny Hernawan, Universitas Djuanda

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Ginung Pratidina, Universitas Djuanda

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Referensi

Buku
Dwiyanto, Agus (editor). (2005). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Labovits, Sanford, et al. (1982). Metode Riset Sosial: Suatu Pengantar. Terjemahan Bakrie Siregar. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Jurnal
Halawi, Dea Siti Hilmiah; Rahmawati, Rita & Salbiah, Euis. (2016). “Analisis Kinerja Pegawai Bidang Pengendalian Dan Penertiban (DALTIB) Pada Dinas Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Dalam Mengatasi Kemacetan Di Kota Bogor”. Jurnal GOVERNANSI, 2(1): 11-20.

Dokumen
Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bogor Tahun 2019.

Peraturan Perundang-undangan
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi Atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 986).
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2011 tentang Pedoman Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 485).

File Tambahan

Diterbitkan

2020-04-13

Cara Mengutip

Rosni, W. L., Hernawan, D., & Pratidina, G. (2020). Penilaian Kinerja Organisasi Perangkat Daerah (Studi Kasus pada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bogor). Jurnal Governansi, 6(1), 43–50. https://doi.org/10.30997/jgs.v6i1.1765
Abstrak viewed = 473 times

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

> >>