Peningkatan Kemampuan Belajar Bahasa Arab dengan Menggunakan Media Kotak Rahasia Pada Peserta Didik Kelas 3 SD Insan Kamil

Main Article Content

Siti Bariroh
Didin Syamsudin

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Pendidikan dalam artian khusus dan umum adalah sebagai usaha manusia untuk menumbuhkan serta mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki sejak lahir baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat dan kebudayaan. Pendidikan merupakan suatu usaha membantu para peserta didik agar mereka dapat mengerjakan tugasnya dengan mandiri dan melaksanakan tanggung jawabnya. Seiring berkembangnya jaman, kini media pembelajaran pun beraneka ragam. Tidak sedikit peserta didik jenuh dalam proses pe,belajaran, maka dari itu seorang guru harus mampu mempersiapkan segala hal. Diantaranya yaitu media pembelajaran. Penelitian ini berujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar bahasa Arab dengan menggunakan media kotak rahasia (Sunduuqus Sirri). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif  dengan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data yang diperoleh dari hasil penelitian di kelas 3 di SD Insan Kamil. Hasil yang diperoleh adalah adanya peningkatan semangat belajar peserta didik, kemudian dapat memahami pembelajaran dan dapat menghafal kosa kata dalam pelajaran Bahasa Arab

Article Details

How to Cite
Siti Bariroh, & Didin Syamsudin. (2023). Peningkatan Kemampuan Belajar Bahasa Arab dengan Menggunakan Media Kotak Rahasia Pada Peserta Didik Kelas 3 SD Insan Kamil. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 112–118. https://doi.org/10.30997/tjpba.v4i2.8516
Section
Articles

References

Arends, R. I., & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning becoming an accomplished teacher. New York, NY: Routledge.

Azwar, S. (2013). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Barber, M. & Mourshed, M. (2012). Profesional development international. New York, NY: Pearson.

Campbell, D. T., & Fiske, D. W. (1959). Convergent and discriminant validation by the multitrait-multimethod matrix. Psychological Bulletin, 56(2), 81-105. doi:10.1037/h0046016.

Cramer, D. (2003) Advanced quantitative data analysis. London: McGraw-Hill Education.

Diranna, K., Osmundson, E., Topps, J., Barakos, L., Gearhart, M., Cerwin, K., …, Strang, C. (2008). Asessment-centered teaching (A reflective practice). London: Sage.