Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca (Maharah Al-Qiro’ah) Bahasa Arab Kelas V MI Darul Jannah Caringin, Bogor

Main Article Content

Zaini Rahmawati Zaini Rahmawati
Helmia Tasti Adri
Didin Syamsudin

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap peningkatan keterampilan membaca (maharah al-qiro’ah) bahasa Arab kelas V MI Darul Jannah Caringin Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian pre eksperiment one grup pretest-posttest, teknik pengumpulan data yang di gunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes berupa pretest dan posttest. Hasil dari penelitian ini terdapat nilai pretest dengan rata-rata (65,17), setelah dilakukan posttest dan analisis data pada hasil uji normalitas menggunakan program SPSS dengan uji normalitas Kolmogrov-Smirnov dan Shapiro-Wilk menyatakan data berdistribusi normal, dan pada hasil uji t-test yaitu 0,000 (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha di terima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) memiliki pengaruh terhadap peningkatan ketermpilan membaca peserta didik, serta berdasarkan nilai rata-rata posttest (85,65) dan dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap peningkatan keterampilan membaca (maharah al-qiro’ah) bahasa arab MI Darul Jannah Caringin Bogor.

Article Details

How to Cite
Zaini Rahmawati, Z. R., Helmia Tasti Adri, & Didin Syamsudin. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca (Maharah Al-Qiro’ah) Bahasa Arab Kelas V MI Darul Jannah Caringin, Bogor . Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 23–33. https://doi.org/10.30997/tjpba.v5i1.10232
Section
Articles

References

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan , Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (SEMNASKEP) 2020, 73–79.

Febrianingsih, D. (2021). Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(2), 21–39.

Hilmi, : (2018). TEKNIK EVALUASI AKTUAL TERHADAP MAHARAH LUGHAWIYAH. JURNAL MIMBAR AKADEMIKA: MEDIA ILMU PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN, 3(2), 175–176. https://doi.org/10.31538/alsuna.v1i2.77

Ichsan, F. N., & Hadiyanto, H. (2021). Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Bangsa melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 541–551. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1203

Iswanto, A. (2018). MEMBACA KECENDERUNGAN PEMIKIRAN ISLAM GENERASI MILENIAL INDONESIA. Harmoni, 17(1), 172–179. https://doi.org/10.32488/harmoni.v17i1.299

Nalole, D. (2018). Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Maharah al-Kalam) Melalui Metode Muhadatsah dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al Minhaj, 1(1), 129–145.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Slavin, R. E. (1995). Cooperative Learning, Theory,Research and Practice;Second Edition. Needham Heights.

Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1). https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010

Yuniarti, D., & Lingga, L. (2019). The Effect of Human Resource Training and Development on Improving Teacher Performance at Muntok 1 Vocational School. Efektor, 6(1), 98. https://doi.org/10.29407/e.v6i1.12794