Implementasi Metode Bernyanyi Pada Pembelajaran Bahasa Arab di MIN 1 Bogor

Main Article Content

Didin Syamsudin
Muhammad Rizki Maulana Putra
Elis Mukhlisoh Said
Nenden Fardatussolihat

Abstract

Metode Pembelajaran perlu disesuaikan dengan tingkat atau usia peserta didik sebagai upaya dalam menunjang keberhasilan dalam pembelajaran bahasa Arab terutama dalam membaca suatu kata dan kalimat berbahasa Arab. Metode bernyanyi merupakan penerapan yang mudah dilakukan dan sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca peserta didik pada bacaan berbahasa Arab. Tujuan penelitian ini dilakukan guna memberikan motivasi dan peningkatan peserta didik dalam belajar baca bahasa Arab. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan mengumpulkan data hasil observasi dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini adalah dimana peserta didik MIN 1 Bogor dengan mudahnya melafalkan kata yang berbahasa Arab sekaligus memudahkan dalam menghafalkan kosa kata bahasa Arab.

Article Details

How to Cite
Didin Syamsudin, Muhammad Rizki Maulana Putra, Elis Mukhlisoh Said, & Nenden Fardatussolihat. (2023). Implementasi Metode Bernyanyi Pada Pembelajaran Bahasa Arab di MIN 1 Bogor. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 52–62. https://doi.org/10.30997/tjpba.v4i1.7482
Section
Articles

References

Furoidah, Asni, and Mahdia Amalia, ‘Pendampingan Belajar Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi Di Musholla Hidayatul Muta’allimat Jember’, An-Nuqtah: Journal of Education an Community Service, 1.1 (2021), 19–24

Hewi, La, and Linda Asnawati, ‘Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5.1 (2020), 158 <https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530>

Hidayah, Nurul Latifah, ‘Metode Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Al-Qiro`Ah (Ketrampilan Membaca) Bahasa Arab Dengan Cara Membaca Di Depan Kelas Dan Ditirukan’, Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI, 2020, 246–53 <http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/700>

Imron, Ali, and Dewi Farda Fajriyah, ‘Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Menghafal Mufrodat (Kosakata) Bahasa Arab Di MI’, Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1.1 (2021), 41–56 <https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.255>

Ridwan, Ridwan, and A. Fajar Awaluddin, ‘Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal’, DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 13.1 (2019), 56–67 <https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.252>

Sam, Zulfiah, ‘Metode Pembelajaran Bahasa Arab’, Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Vol. 2.No 1 (2016), Hlm. 5

A. W Munawwir, Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap (Yogyakarta: al-Munawwir, 1984), h. 1395

Sudiana, Nana. Dasar-dasar proses belajar mengajar. PT Sinar Baru Algensindo, 1989.

Ehlers, Henry J., and Gordon Canfield LEE. Crucial Issues in Education. Edited by H. Ehlers and GC Lee. Holt, Rinehart & Winston, 1964.

Rahmawaty, Feny, Syamsul Hidayat, and Zaenal Abidin. Penggunaan Metode Menyanyi Dalam Rangka Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas I SD Ta'mirul Islam Surakarta. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.

Rathomi, Ahmad. "Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah Melalui Pendekatan Saintifik." Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 8.1 (2019): 558-565.