Pemanfaatan Video Animasi Youtube Untuk Meningkatkan Pengembangan Maharah Istima’ Bahasa Arab

Authors

  • Sri Handayani a:1:{s:5:"en_US";s:24:"UIN Sunan Ampel Surabaya";}
  • Syafi’i Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i2.6138

Keywords:

video animasi youtube, maharah istima’, sosial media

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tentang media pembelajaran bahasa arab dalam meningkatkan kemampuan maharah istima’. Objek yang diambil dalam penelitian ini adalah sebuah video animasi youtube yang mana di era teknologi saat iniperlu adanya inovasi baru dalam menyampaikan pembelajaran salah satunya dengan menggunakan media. Penting sekali bagi guru untuk memilih media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran untuk memudahkan pemahaman serta menunjang efektifitas dan motovasi belajar siswa. Video animasi menjadi objek penelitian ini karena menjadi salah satu pilihan terbaik dalam menyampaikan informasi dan pembelajaran, selain dinamis media ini juga terkesan menarik sehingga tidak bosan selama melaksanakan pembelajaran. Selainitu, video animasi bisa didapatkan diberbagai sosial media seperti youtube. Hal ini memudahkan apabila guru tidak memiliki keahlian dalam proses edit video secara langsung, maka guru dapat mengakses video animasi dari youtube. Namun akan lebih baik jika guru bisa belajar membuat dan menggunakan video animasi sendiri agar lebih fokus pada tujuan pembelajaran yang diinginkan dan dapat menyeimbangi kemampuan teknologi saat ini.

References

Afifah, U. N. (2021). Media Pembelajaran Maharah Istima' Berbasis Video Animasi Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. SEMNASBAWA: Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa V, 181-188.

Delila Khoiriyah Mashuri, B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. JPGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 893-903.

Fathoni, M. (2018). Pembelajaran Maharah Istima'. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam.

hamidah, m. (2020). Pembelajaran Maharah Al-Istima’ dengan Memanfaatkan Media Youtube: Problematika dan Solusi. Al-Ta'rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 147-160.

Nuril Mufidah, I. I. (2019). Ict for Arabic Learning: a Blended Learning in Istima’ II. (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 174.

Putry, H. M. E., ’Adila, V. N., Sholeha, R., & Hilmi, D. (2020). Video Based Learning Sebagai Tren Media Pembelajaran Di Era 4.0. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(1), 1–24. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v5i1.3870

Rahmasari, H. (2021). Penggunaan Media Youtube sebagai Solusi Media Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 23–41. https://doi.org/10.18196/mht.v3i1.11362

Downloads

Published

2022-07-30

How to Cite

Handayani, S., & Syafi’i. (2022). Pemanfaatan Video Animasi Youtube Untuk Meningkatkan Pengembangan Maharah Istima’ Bahasa Arab . Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 104–115. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i2.6138
Abstract viewed = 691 times