Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Menghadapi Ujian Akhir pada Era New Normal

Main Article Content

Majidatun Ahmala
Lailatul Maghfiroh
Sri Handayani

Abstract

Abstrak: Pandemi Covid-19 menyebabkan aktivitas pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pelaksanaan kebiasaan baru dalam melaksanakan pembelajaran dilakukan dengan memprioritaskan kesehatan dan keselamatan, Pembelajaran yang dilakukan dengan daring dan tatap muka, akan menyulitkan siswa kelas enam tingkat Madrasah Ibtidaiyah dalam belajar bahasa Arab, apalagi mereka dihadapkan pada persiapan ujian akhir. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan oleh guru dalam mempersiapkan siswa kelas enam untuk menghadapi ujian akhir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tak terstruktur pada guru selaku narasumber dan wawancara terstruktur kepada siswa kelas enam. Penelitian ini dilakukan di MI Miftahul Ulum Pandanarum, dengan siswa kelas enam sebagai sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di MI Miftahul Ulum Pandanarum selama masa new normal dilakukan dengan membagi materi pelajaran bahasa Arab  sesuai dengan sistem pembelajarannya, yaitu pembelajaran daring, pembelajaran tatap muka, dan pembelajaran saat  pelajaran tambahan.

 

Article Details

How to Cite
Ahmala, M., Maghfiroh, L. ., & Handayani, S. (2021). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Menghadapi Ujian Akhir pada Era New Normal. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 83–97. https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i2.3838
Section
Articles
Author Biography

Majidatun Ahmala, STAI Taruna Surabaya UIN Sunan Ampel Surabaya

Pendidikan Bahasa Arab

References

DAFTAR PUSTAKA

Dirjenpendis. (2020). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2791 Tahun 2020 tentang Panduan Kurikulum Darurat pada Madrasah, 1–17.

Dwi Sulisworo, D. (2020). Model Lingkungan Pembelajaran Era New Normal. Yogyakarta: Pascasarjana UAS Press.

Fatwa, A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Era New Normal. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(September), 20–30.

Gusty, S. dkk. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Indonesia, kementerian K. R. (2020). Apa yang Harus Dilakukan Masyarakat untuk Cegah Penularan Covid-19? jakarta: GERMAS: gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Kemdikbud. (2020). Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa. Www.Kemdikbud.Go.Id. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus

Kemdikbud RI. (2020). Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. Dk, 53(9), 1689–1699.

Mahiroh, R. (2020). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab pada Siswa Kelas I (Satu) di SD Islam Terpadu Harapan Ummat Purbalingga. IAIN Purwokerto.

Majidatun Ahmala, A. F. (2019). Tahlil Muhtawa ka Istiratijiah li Ta’lim Al-Lughah Al-’Arabiah. Surabaya: FTK UIN Sunan Ampel Surabaya. Retrieved from http://proceedings.uinsby.ac.id/index.php/KPBA/article/view/259

Moleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muflikh, M. (2016). Buku Siswa Bahasa Arab: Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas 6. jakarta: Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Mundiroh, Uswatul Hasanah, S. S. (2014). Buku Siswa Bahasa Arab: Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 untuk Madrasah Ibtidaiyah kelas IV. Jakarta: Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Ni’mah, A. W. R. dan M. (2011). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.

Saosa, D. A. (2012). Bagaimana Otak Belajar. (T. S. Mahyuni, Ed.). Jakarta: Index.

Shofar Sholahuddin, Mundiroh, U. H. (2015). Buku Siswa Bahasa Arab: Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. kementerian Agama Republik Indonesia. Jakarta: Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Taufiq A. Gani, Putri wahyu, A. F. (Ed.). (2020). Covid-19: Dampak dan Solusi. Tarakan: Syiah Kuala University Press.

Wekke, I. S. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah. Yogyakarta: Deepublish.

Wulandari, O. I. H. dan S. S. (2020). Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3). https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005

Yudi Firmansyah, & Fani Kardina. (2020). Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah Dan Peserta Didik. Buana Ilmu, 4(2), 99–112. https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1107