Penggunaan Media Domino Mufrodat untuk Meningkatkan Keterampilan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab

Main Article Content

Eky Achmad Basim
Siti Zaimatut Taqiyah
Syafi’i

Abstract

Bahasa Arab merupakan mata pelajaran wajib dalam kurikulum 2013 bagi sekolah atau madrasah di bawah naungan kementrian agama. Dalam pembelajaran Bahasa Arab, terdapat tiga unsur utama yang harus dipelajari, yaitu fonologi, kosa kata, dan sintaksis. Selain itu terdapat empat keterampilan yang harus dikuasai oleh pembelajar Bahasa asing, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan mendengar. Keempat keterampilan tersebut dapat tercapai apabila pembelajar Bahasa menguasai 95% dari ucapan maupun tulisan dalam Bahasa asing. Dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran, guru harus dapat memilih media pembelajaran yang efektif dan efisien.  Artikel ini terfokus pada pemanfaatan media untuk penguasaan kosa kata Bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penggunaan media pembelajaran domino mufrodat untuk meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Arab. Pengumpulan data dengan studi Pustaka melalui buku dan jurnal serta laman internet. Penggunaan media pembelajaran domino mufordat memiliki kelebihan untuk meningkatkan motivasi dan pengetahuan peserta didik dan kekurangan berupa durasi waktu dan terbatasnya penggunaan media dalam upayanya untuk meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Arab.

Article Details

How to Cite
Eky Achmad Basim, Taqiyah, S. Z., & Syafi’i. (2022). Penggunaan Media Domino Mufrodat untuk Meningkatkan Keterampilan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab . Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 78–93. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i2.6149
Section
Articles

References

Adhitya, B. S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Media_Pembelajaran/YzHSDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=manfaat+media+pembelajaran&pg=PA18&printsec=frontcover

Al-’ashiliy, A. aziz I. (2006). علم اللغة النفسي.

Al-Hiilah, M. M. (2013). الألعاب التربوية و تقنيات إنتاجها سيكولوجيا و تعليميا و عمليا -2 (7th ed.). daarul Masiiroh.

Aminah, S., & Roikan. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif Ilmu Politik . In Meneliti (Vol. 1, Issue 1). prenamedia group.

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran MI / SD CV Graha Edu. 1–260.

darmalaksana, wahyudin. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Digilib UIN Sunan Gunung Djati. http://digilib.uinsgd.ac.id/32855/1/Metode%20Penelitian%20Kualitatif.pdf

Domino - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. (n.d.). Retrieved July 10, 2022, from https://id.wikipedia.org/wiki/Domino

Drs. Rudi Susilana, M.Si, Cepi Riyana, M. P. (2009). Media Pembelajaran. Bandung, 234. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=-yqHAwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&dq=Buku+Media+Pembelajaran+Susilana,+R.,+%26+Riyana,+C.+2009&ots=EkSlVCjq97&sig=6gN6y9azNdI07S9uv49k5SF0wn0

Gumelar. (2014). Pengertian Multimedia, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. https://books.google.co.id/books?id=zPQ4EAAAQBAJ

Hakim, M. L. (2018). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB. Arabi : Journal of Arabic Studies, 2(2), 156. https://doi.org/10.24865/ajas.v2i2.56

Khabib, E. maulidah. (2018, September). Poetic English Vocabulary - Google Books. DIVA Press. https://www.google.co.id/books/edition/Poetic_English_Vocabulary/8_Y2EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pentingnya+penguasaan+kosa+kata+untuk+belajar+bahasa+asing&pg=PA14&printsec=frontcover

mahmud, saifuddin. (2017). Strategi Belajar-Mengajar - Google Books. Syiah Kuala Press. https://www.google.co.id/books/edition/Strategi_Belajar_Mengajar/bI_PDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=kartu+domino&pg=PA147&printsec=frontcover

Nurcholiq, M. (2019). Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah. Jurnal Piwulang, I(2), 208–222. https://books.google.co.id/books?id=K8NoDwAAQBAJ

Oleh, D., Husniyatus, D. R., Zainiyati, S., Fakultas, M. A., Tarbiyah, I., & Keguruan, D. (n.d.). Halaman Pendahulu i MEDIA PEMBELAJARAN PAI (Teori dan Aplikasinya).

Pebrianti, F. (2019). Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba

Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1. https://doi.org/10.18326/lisania.v1i1.1-16

Seleksi Timur Tengah - Kemenag. (n.d.). Retrieved July 9, 2022, from http://diktis.kemenag.go.id/timteng12/022/

Setiawaty, F., Tinggi, S., Islam, A., Arqam, D., & Jabar, G. (2019). PENGENALAN TOAFL SEBAGAI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH (Vol. 1). http://diktis.kemenag.go.id/