Deskripsi Karakter: Pembukaan Populer dalam Cerita Pendek Bahasa Arab

Fachri Helmanto, Arif Hidayat

Abstract


Pembelajaran dan pemerolehan bahasa Arab dapat mendorong meningkatkan perkembangan intelektualitas. Namun, mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Djuanda yang berasal dari sekolah umum merasa asing dengan tipikal pembelajaran bahasa arab di kelas. Penelitian ini bertujuan mengetahui selera mahasiswa dalam menuliskan cerpen berbahasa arab, khususnya dalam menuliskan pembukaan cerita. Studi kasus ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui analisis deskriptif. Data penelitian ini berupa dokumen manuskrip teks narasi. Manuskrip hasil tugas cerita bahasa Arab pada mata kuliah Al Kitabah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan ditelaah untuk menemukan tenor penulisan. Teknik triangulasi dilakukan untuk menguji validitas dan reliabilitas data dengan mengelompokan temuan dokumen dalam kategori jenis pembukaan dan dikonfirmasi melalui wawancara ke beberapa mahasiswa (responden) secara acak. Penelitian ini mengungkap 48% mahasiswa tetap menggunakan pembukaan berjenis deskripsi karakter. Mayoritas mahasiswa masih menggunakan teknik penulisan yang bersifat kultural yang didasari pada pemerolehan bahasa semenjak menjalani proses pembelajaran di sekolah hingga perguruan tinggi. Penelitian berikutnya disarankan untuk pembahasan struktur naratif dengan variasi lainnya (konflik, klimaks, penyelesaian, dan/atau penutup) ataupun dari sudut pandang lainnya yang menghasilkan kebaruan khususnya dalam dunia penulisan naratif

Full Text:

PDF

References


Alfin, J., & Pangastuti, R. (2018). Bahasa Arab sebagai Bahasa Asing untuk Anak Usia Dini Indonesia. Seminar Internasional Dan Diskusi Panel UIN SUNAN AMPEL SURABAYA, 63–78. Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/30863/3/Jauharoti Alfin_Bahasa Arab sebagai bahasa asing untuk anak usia dini Indonesia.pdf

Arifin, Z., & Tasai, S. A. (2002). Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.

Bell, J. S. (2012). Crafting Novels Short Stories: The Complete Guide to Writing Great Fiction. Ohio: Writer’s Digest Books.

Budianingsih, T. (2015). Peran Neurolinguistik dalam Pengajaran Bahasa. Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 3(2), 139.

Burt-Thomas, W. (2012). The Everything Creative Writing Book: All you need to know to write novels, plays, short stories, screenplays, poems, articles, or blogs ((Second Ed). Massachusetts: Adams Media.

Hendra, F. (2018). Peran Organisasi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(1), 103–120. https://doi.org/10.15408/a.v5i1.7480

Hendri, M. (2017). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 196. https://doi.org/10.24014/potensia.v3i2.3929

Husni, R., & Newman, D. L. (2008). Modern Arabic Short Stories: A Bilingual Reader. London: SAQI.

Iswantara, N. (2016). Drama: Teori dan Praktik Seni Peran. Yogyakarta: Media Kreatifa.

Iswara, P. D. (2016). Pengembangan Materi Ajar Dan Evaluasi Pada Keterampilan Mendengarkan Dan Membaca. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 89–97. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2359

Lundén, R., & Lundén, R. (1999). The United Stories of America: Studies in the Short Story Composite. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=2QNJqAkWvpkC&dq=theme,+plot,+characters+on+short+story&lr=&source=gbs_navlinks_s

Muradi, A. (2013). Tujuan Pembelajaran Bahasa Asing (Arab) Di Indonesia. Jurnal Al Maqoyis, 1(1), 128–137. Retrieved from http://jurnal.iain-antasari.ac.id/index.php/maqoyis/article/view/182

Nggaruaka, T., Hermansyah, A. K., & Butarbutar, R. (2019). Pengenalan Bahasa Daerah Marori Menggunakan Teknik Retrival Jaringan Semantik. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 93–103. https://doi.org/10.30997/dt.v6i2.1990

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ridlo, U. (2015). Bahasa Arab dalam Pusaran Arus Globalisasi: Antara Pesismisme dan Optimisme. Ihya Al-’Arabiyah, 1(2), 210–226. Retrieved from http://ejournalpba.org/index.php/ihya/article/view/92

Suyanto, E. (2012). Perilaku Tokoh Dalam Cerpen Indonesia. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sya, M. F. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris melalui Strategi Peer Review. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 96–107.

Syathariah, S. (2011). Estafet Writing (Menulis Berantai): Solusi dalam Menulis Cerpen bagi Siswa Siswa SMA/MA. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=fNWFDwAAQBAJ&dq=Cerpen+bertujuan+untuk+menceritakan+kisah+yang+menyenangkan&lr=&source=gbs_navlinks_s

Taha, I. (2000). The Modern Arabic Very Shot Story: A Generic Approach. Journal of Arabic Literature, 31(1), 59–80.

Wellek, R., & Warren, A. (2016). Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Widayanti, M. J. A. (2012). Komik sebagai Media Pengajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa terhadap Narasi Cerita. Lembaran Ilmu Kependidikan, 41(2), 107–115.




DOI: http://dx.doi.org/10.30997/tjpba.v1i1.2570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TATSQIFIY: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA ARAB

P-ISSN 2721-155X | E-ISSN 2721-5121

indexed by:

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright  2020 Universitas Djuanda