Flashcard: Belajar Mufrodat Bahasa Arab Semakin Menantang

Main Article Content

Fachri Helmanto
http://orcid.org/0000-0001-6596-6701

Abstract

Flashcard mendorong peserta didik untuk meningkatkan penguasaan kosakata (mufrodat). Na-mun, pembelajaran menggunakan Flashcard sejauh ini masih dinilai membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sejauh mana Flashcard diproduksi dan digunakan dalam proses pembelajaran bahasa a-sing di Indonesia (bahasa Inggris dan bahasa Arab). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan mengumpulkan sejumlah doku-men artikel 10 tahun terakhir atas penelitian Flashcard berbahasa Inggris dan berbahasa Arab. Selain artikel, kepustakaan berupa buku dan Flashcard multibahasa juga turut menjadi data penelitian sekaligus dipergu-nakan sebagai alat validasi dengan menggunakan teknik triangulasi sumber data.  Hasil penelitian ini mengungkap produksi Flashcard berbahasa Arab be-lum banyak menggunakan ragam tema sebagai-mana Flashcard bahasa Inggris. Selain itu, pemanfaatan Flash-card dalam ragam metode pembelajaran dapat mem-buat peserta didik merasakan pembelajaran yang me-nantang. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya dire-komendasikan untuk mengembangkan produk Flash-card dengan berdasarkan tema.

Article Details

How to Cite
Helmanto, F. (2020). Flashcard: Belajar Mufrodat Bahasa Arab Semakin Menantang. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 141–151. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i2.3091
Section
Articles
Author Biography

Fachri Helmanto, Universitas Djuanda

SINTA ID: 6704633

(http://orcid.org/0000-0001-6596-6701)

Publons Peer Reviewer

References

Adista, D. (2019). Lirik Bulan Hijriah Penuh Berkah. Musixmatch. https://www.musixmatch.com/lyrics/Nussa/Bulan-Hijriah-Penuh-Berkah

Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Astuti, W. (2016). BERBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 5(2), 177–191.

Astuti, W. (2016b). MEDIA FLASHCARDS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB YANG EFEKTIFUNTUK MENINGKATKAN PERBENDAHARAAN KOSAKATA SISWA. Journal Al-Manar, 5(1).

Auerbach, C. F., & Silverstein, L. B. (2003). Qualitative Data. New York University Press.

Gelfgren, V. (2012). Fun With FlashCard. LEARNMORE PROJECTS.

Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 04(01), 10–18. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/download/30/30

Iswari, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berupa Flashcard Bergambar pada Tingkat Sekolah Dasar. Deiksis, 9(02), 119. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1375

Kornell, N. (2009). Optimising Learning Using Flashcards: Spacing Is More Effective Than Cramming. Applied Cognitive Psychology, 23, 1297–1317. https://doi.org/10.1002/acp

Kothari, C. R. (2004). Research Methodology: Methods and Techniques. New Age International.

Kusumawati, R., & Mariono, A. (2016). Pengembangan Media Flashcard Tema Binatang untuk Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Asemjajar-Surabaya. Teknologi Pendidikan, 4(1), 24–32.

Laeli, A. F. (2010). USING FLASHCARD AS A MEDIA IN TEACHING VOCABULARY TO YOUNG LANGUAGE LEARNERS. Didaktika, 6(1), 35–43.

Muzakki, M. S., Widodo, A. T., & Raharjo, T. J. (2012). Keefektifan Pembelajaran Bahasa Inggris Berbantuan Media Flashcards Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 1(2), 82–86.

Raaijmakers, J. G. W. (2003). Spacing and repetition effects in human memory: Application of the SAM model. Cognitive Science, 27(3), 431–452. https://doi.org/10.1016/S0364-0213(03)00007-7

Rifqiawan, R. A. (2016). PEMBUATAN FLASH CARD DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN 80% KOSA KATA AL-QUR’AN Raden. Jurnal At-Taqaddum, 8(1), 1–20. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Safitri, K. (2020). PENGEMBANGAN KARTU KATA (FLASH CARD) BAHASA ARAB BERBASIS KOSAKATA BAGI SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDA ’ IYAH. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa IV, 272–283.

Sherman, R. R., & Webb, R. B. (2005). Qualitative Research in Education: Focus and Methods. Taylor & Francis.

Stake, R. E. (2010). Qualitative Research: studying how things work. The Guildford Press.

Sueca, I. N. (2013). Penggunaan Video Pantomim untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah Drama di Kelas VIII B SMP Negeri 3 Rendang. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(1), 1689–1699. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i1.274

Umroh, I. L. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB (STUDY EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS 1 SD NEGERI TLOGOREJO SUKODADI LAMONGAN). DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 6(1), 39–58.

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2).