Relevansi Thariqah Qawaid-Tarjamah pada Perguruan Tinggi

Arif Hidayat, Salwa Nur Rahmah

Abstract


Keberterimaan ilmu pengetahuan oleh santri menjadi daya ukur keberhasilan lembaga pendidikan melalui metode-metode yang diselenggarakan selama proses pembelajaran berlangsung. Keberagaman latar belakang mahasiswa dan kepakaran dosen menjadi pertimbangan dalam pemilihan thariqah pembelajaran bahasa Arab yang dapat berterima dan mampu mendorong pemercepatan pemahaman dan penggunaan bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan mengungkap sejauh mana thariqah qawaid tarjamah dipergunakan sebagai metode pembelajaran yang relevan di Indonesia. Hasil penelitian ini mengungkap orientasi akademik memosisikan bahasa Arab selaku obyek studi kajian ilmiah yang diawali dengan thariqah qawaid tarjamah. Thariqah qawaid tarjamah erat kaitannya dengan analisis tata bahasa (qawaid), penghafalan kosakata (mufrodat), penerjemahan wacana dan latihan menulis (kitabah). Thariqah qawaid tarjamah diindikasikan melalui proses pembelajaran sebagai berikut: 1) fokus belajar berupa pendalaman dan pengasahan keterampilan membaca, menulis dan menerjemah; 2) penggunaan bahasa ibu; 3) kaidah nahwu tetap diperhatikan; 4) pengutamaan pembelajaran pada keberhasilan penguasaan mufrodat; 5) pengajar lebih mendominasi proses pembelajaran; 6) pembelajar difokuskan memelajari teks bacaan dengan rinci; 7) sumber belajar umumnya berupa teks literatur; dan, 8) gramatika lebih banyak dihafal. Penelitian ini merekomendasikan penelitian lanjutan yang memfokuskan pada implementasi thariqah qawaid tarjamah secara mendalam.

Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran. Semarang: UNISSULA.

Asy’ari, M. K. (2017). Metode Pendidikan Islam. QATHRUNA, 1(01), 193–205.

Dhyaningrum, A., Nababan, N., & Djatmika, D. (2016). Analisis Teknik Penerjemahan Dan Kualitas Terjemahan Kalimat Yang Mengandung Ungkapan Satire Dalam Novel the 100-Year-Old Man Who Climbed Out of the Window and Dissapeared. PRASASTI: Journal of Linguistics, 1(2), 210–229. https://doi.org/10.20961/prasasti.v1i2.1074

Habibah, R. S. (2013). Motivasi siswa dalam penerapan metode card sort hubungannya dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran bahasa Arab pokok bahasan mufrodat: penelitian di MI Al-Mishbah Cibiru Bandung Kelas V MI. UIN Sunan Gunung Djati.

Harimi, A. C. (2019). KURIKULUM BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA (Studi Deskriptif Kualitatif Kurikulum Bahasa Arab di Pondok Pesantren Mitra Institut Agama Islam Negeri Purwokerto). MUNAQASYAH: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 1–25.

Khairul, M. (2019). Thariqah Al-Qawaid wa At-Tarjamah wa Tathbiquha fi Fahmi An-Nushus (Dirasah Tajribiyah bi Ma’had Tarbiyah Al-Islamiyah Manhajul Fata). UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Mikkelson, H. (2015). The Routledge Handbook of Interpreting. In The Routledge Handbook of Interpreting. https://doi.org/10.4324/9781315745381

Moleong, L. J. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Rosdakarya.

Molina, L., & Albir, A. H. (2002). Translation techniques revisited: A dynamic and functionalist approach. Meta: Journal Des Traducteurs, 47(4), 498–512. https://doi.org/10.7202/008033ar

Rachmawati, R. (2017). Teknik Dan Ideologi Penerjemahan Di Wordpress. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 7(2), 211. https://doi.org/10.31503/madah.v7i2.430

Rianie, N. (2015). Pendekatan dan Metode Pendidikan Islam (sebuah perbandingan dalam konsep teori pendidikan Islam dan barat). Management of Education, 1(2).

Rifa’i, A. (2015). Implementasi Thariqah Al Intiqaiyyah ( Metode Eklektik ) Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Mtsn Kediri 1. Realita, 13(2), 162–172.

Ritonga, A. A., & Irwan, I. (2013). Wawasan Al Qur’an tentang Metode Pendidikan. Journal Analytica Islamica, 2(1), 118–140.

Rizwan, M. (2018). Upaya Mudabbir Pondok dalam Menerapkan Metode al-Qawa’id Wa al-Tarjamah dalam Meningkatkan Kemampuan Qiro’atul Kutub Santriwan/I Qismul A’la di Pondok Pesantren al-Manshuriyyah Bonder Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Islam Negeri Mataram.

Sani, R. A. (2014). Sains Berbasis Alquran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahab, M. A. (2015). Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Posmetode. ARABIYAT : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(1), 59–74. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1519




DOI: http://dx.doi.org/10.30997/tjpba.v1i1.2575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TATSQIFIY: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA ARAB

P-ISSN 2721-155X | E-ISSN 2721-5121

indexed by:

Flag Counter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright  2020 Universitas Djuanda