ANALISIS PERKEMBANGAN KEBIJAKAN SUBSIDI DI BIDANG PERUMAHAN DI INDONESIA

Main Article Content

Carolina Yevi Cahyani
Anisa Cahyani
R. Yuniar Anisa Ilyanawati
Sudiman Sihotang

Abstract

Di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, kebutuhan akan rumah sangat besar, terutama di wilayah metropolitan yang padat penduduk. Akomodasi adalah kebutuhan manusia yang krusial, dan pemerintah terus berusaha mengatasi masalah penginapan meskipun ruangnya terbatas. Untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah mendapatkan tempat tinggal, pemerintah menawarkan subsidi melalui MBR. Di Indonesia, kebijakan perumahan bersubsidi menghadapi tantangan dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu, kami melakukan penelitian untuk mencari faktor-faktor yang menghambat inisiatif tersebut dan faktor-faktor yang mendorongnya. Pendekatan kami mengkaji pengetahuan yang ada tentang topik ini, dengan menggunakan metode penelitian hukum normatif. Sumber data sekunder, dengan fokus pada materi hukum seperti UU 1945, peraturan, dan pedoman yang berkaitan dengan bidang pendanaan akomodasi ini. Artikel jurnal dan hasil penelitian merupakan contoh bahan hukum sekunder. Salah satu kebijakan pemerintah untuk memastikan masyarakat berpenghasilan rendah memiliki akses terhadap perumahan adalah dengan memberikan subsidi di bidang perumahan.

Article Details

How to Cite
Cahyani, C. Y. ., Cahyani, A. ., R. Yuniar Anisa Ilyanawati, & Sudiman Sihotang. (2023). ANALISIS PERKEMBANGAN KEBIJAKAN SUBSIDI DI BIDANG PERUMAHAN DI INDONESIA. Karimah Tauhid, 2(4). https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.8384
Section
Articles

References

A.A. Ngr Agung Gd Parmadi, Implementasi Kebijakan Program Rumah Bersubsidi Di Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng, Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, Volume 3 No 1, 2018, hal 34-45.

Abdul, Solichin Wahab. 2014. Analisis Kebijakan Dari Formulasi ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta : Bumi Aksara.

Dora Kusumastuti, “Kajian terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Pemberian Subsidi di Sektor Perumahan”, Jurnal Yustisia. Vol. 4 No. 3 September – Desember 2015, Hal 541-557.

Inosentius Samsul. 2004 Perlindungan Konsumen (Kemungkinan Penerapan Tanggung Jawab Mutlak). FH Universitas Indonesia.

Koko Hernawan. 2011.Jual beli perumahan dengan dengan klausul eksonerasi, UPN Surabaya.

Madhu S. Mishra, Bibliography on Management of Rural Development. Calcutta: Publications Division, Indian Institute of Management, Calcutta, 1983.

Most read articles by the same author(s)