ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN PUISI

Main Article Content

Siti Salwa Sabilla
Sri Rahayu Kusmiati
Megan Asri Humaira

Abstract

Keterampilan berbicara adalah keterampilan memproduksi arus sistem bunyi artikulasi yang digunakan untuk mengapresiasi, menyampaikan gagasan, kehendak, perasaan, atau keinginan sesuai dengan konteks yang sedang dihadapi pembaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh keterampilan berbicara peserta didik dalam pembelajaran puisi di kelas V. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh data terkait sejauh mana keterampilan berbicara peserta didik dalam membacakan puisi serta untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai proses pembelajaran serta pendapat dan pengalaman yang dimiliki oleh guru dan siswa terkait pembelajaran puisi. Hasil data dari teknik pengambilan data observasi adalah hasil pengamatan langsung terhadap proses belajar mengajar kelas 5 saat pembelajaran puisi. Sedangkan teknik pengambilan data dari hasil pembacaan puisi kelas 5 adalah melalui observasi. Dengan keterampilan berbicara siswa melalui pembelajaran puisi kegiatan ini sangat efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Article Details

How to Cite
Sabilla, S. S., Sri Rahayu Kusmiati, & Megan Asri Humaira. (2023). ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN PUISI. Karimah Tauhid, 2(5), 1693–1707. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9116
Section
Articles

References

Astiningtyas, A., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2019). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui PS-MTTW Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 33–42. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.66

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75. https://doi.org/10.21009/pip.321.8

Iryanto, N. D. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.

Lafamane, F. (2020). Karya ( Puisi , Prosa , Drama ). OSF Preprints, 1–18.

Padmawati, K. D., Arini, N. W., & Yudiana, K. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 190–200. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18626

Suryani, N. (2020). Peningkatan Minat Dan Keterampilan Membaca Puisi. Jurnal Education and Development, 8(4), 180–189. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2096%0Ahttp://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/2096/1102