Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa dalam Memahami Unsur Intrinsik pada Legenda Sangkuriang
Main Article Content
Abstract
Karya sastra adalah karya kreatif yang lahir dari imajinatif pengarangnya, sebuah karya sastra terlahir dari sentuhan pemikiran dan ide-ide seorang sastrawan sebagai penciptanya. Dalam menikmati sebuah karya sastra, kita memerlukan keterampilan menyimak agar dapat memahami pesan moral yang terkandung di dalamnya. Pemanfaatan media pembelajaran sangat penting dalam menyampaikan karya sastra ini, karena pada umumnya peserta didik di tingkat SD lebih sering merasa bosan apabila hanya membaca tulisan yang Panjang maupun hanya mendengarkan guru bercerita. Tujuan penelitian yang akan di capai dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penggunaan media video animasi terhadap keterampilan menyimak tentang unsur intrinsik yang ada di dalam legenda sangkuriang kelas V SD IT Al yasmin 2. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah Quasi Eksperimen Design. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang pengaruh media video animasi terhadap keterampilan menyimak unsur intrinsik legenda sangkuriang seperti yang telah di uraikan, maka peneliti menyimpulkan bahwa hasil tes yang diperoleh menunjukan bahwa penggunaan media video animasi terhadap keterampilan menyimak siswa dalam memahami unsur intrinsik legenda sangkuriang di kelas eksperimen lebih baik dari pada sebelumnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media video animasi terhadap keterampilan menyimak tentang unsur intrinsik yang ada di dalam legenda sangkuriang kelas V SD IT Al yasmin 2.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Handoyo, A. (2018). Kata Kunci : 4, 41–55.
Luh, N., Ning, P., & Putri, S. (2019). BUKU CERITA FABEL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER. 4(2), 126–143.
Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif.
Prihatin, Y. (2017). Problematika Keterampilan Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 5(3), 45–52.
Setiani, E. A. (2023). PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PERUBAHAN ENERGI SISWA KELAS III DI SD AL-ZAHRA INDONESIA.