ANALISIS PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) DI SDN 01 PASIRMUNCANG

Main Article Content

Chairun Nisa
Megan Asri Humaira
Irwan Efendi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer Nasional (ANBK) di SDN 01 Pasirmuncang dengan fokus pada perencanaan, pelaksanaan, dan hasil. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan evaluasi model Stake. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil dari pelaksanaan ANBK yaitu: (1) Perencanaan: SDN 01 Pasirmuncang telah mempersiapkan sarana dan prasarana yang cukup untuk menghadapi ANBK; terdapat kendala dalam jumlah komputer yang terbatas sehingga pelaksanaan ANBK harus dibagi menjadi tiga sesi serta membuat sekolah meminjam komputer dari sekolah lain. (2) Pelaksanaan: siswa belum paham penggunaan komputer; siswa kurang pemahaman dalam literasi dan numerasi; jaringan dan server terkadang tidak stabil membuat pelaksanaan terhambat (3) Hasil: adanya peningkatan dalam pencapaian akademik (pemahaman  literasi dan numerasi) dan non-akademik (pengaplikasian komputer); serta perbaikan sistem pembelajaran dan infrastruktur.

Article Details

How to Cite
Nisa, C., Megan Asri Humaira, & Irwan Efendi. (2023). ANALISIS PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) DI SDN 01 PASIRMUNCANG. Karimah Tauhid, 2(5), 2119–2127. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10385
Section
Articles

References

Aditya Putri, F., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Jurnal Educatio Fkip Unma Pembelajaran The Power of Two di SD. 6(2), 605–610.

Ahmad, A. (2022). Pemantauan Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Sekolah Dasar Binaan Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2021. Jurnal Pedagogy, 9(1), 34.

Alijoyo, A., Wijaya, Q. B., & Jacob, I. (2021). Structured or Semi-structured Interviews. www.lspmks.-

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal buana pengabdian, 1(1), 66-72.

Amanda, N. A. J. (2022). Analisis Asesmen dan Intervensi Pelaksanaan ANBK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Internal di SD Negeri 016 Loa Kulu. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 41-44.

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. BINTANG, 2(1), 35-48.

Aulia, R. N., Rahmawati, R., & Permana, D. (2020). Peranan Penting Evaluasi Pembelajaran Bahasa Di Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 1-9.

Ditsmp Kemdikbud. (2022). Lima Manfaat Survei Karakter dalam Asesmen Nasonal. Diakses pada 02 Februari 2023, pukul 14.13 dari https://ditsmp.kemdikbud.go.id/lima-manfaat-survei-karakter-dalam-asesmen-nasional

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial).

Hidayah, I., Kadarwati, S., & Artikel, H. (n.d.). CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education Persepsi dan Kesiapan Guru dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum. https://e-journal.my.id/cjpe

Hifdzil Haq -Konsep Asesmen Nasional Sebagai Upaya Alternatif Pemeriksaan Kemampuan Belajar, A., Hifdzil Haq, A., Suradi, A., & STIT Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan, stitmakrifatulilmiacid. (2022). KONSEP ASESMEN NASIONAL SEBAGAI UPAYA ALTERNATIF PEMERIKSAAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SEKOLAH. 11, 2085–8663. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v12i2.2364

Idrus, L. (2019). Evaluasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920-935.

Kasih, A. P. (2022). Apakah Asesmen Nasional ANBK 2022 Menentukan Kelulusan Siswa? Diakses pada 4 Februari 2023, pukul 22.53 dari https://www.kompas.com/edu/read/2022/09/13/115533271/apakah-asesmen-nasional-anbk-2022-menentukan-kelulusan-siswa

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Asesmen Nasional sebagai Penanda Perubahan Paradigma Evaluasi Pendidikan. Diakses pada 03 Februari 2022 pukul 18.58 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/10/asesmen-nasional-sebagai-penanda-perubahan-paradigma-evaluasi-pendidikan

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Kemendikbud Tiadakan Ujian Nasional 2021. Diakses pada 18 Desember 2022, pukul 18.45 dari www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/02/kemendikbud-tiadakan-ujian-nasional-2021

Khanza Savtira. 15 Pengertian Karakter Menurut Para Ahli. Diakses pada 04 Februari 2023, pukul 7.42 dari https://dosenpsikologi.com/pengertian-karakter-menurut-para-ahli

Kharismawati, S. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer di Sekolah Dasar Terpencil. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 229–234. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.372

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49.

Mahatika, A., & Trisoni, R. (2022). The Effectiveness of ANBK Implementation in Raising the Educational Quality of Elementary

Malaikosa, Y. M. L., & Permata, S. D. (2021). Implementasi ANBK Terhadap Kesiapan Mental Peserta Didik. Education and Learning of Elementary School, 2(01), 1-8.

Muchlas Samami, Konsep dan Model Pendidikan Karakter. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016), 43.

Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., Yumriani, Y., & BP, A. R. (2022). Pengertian Pendidikan ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa, 2(1), 1-8.

Pusat Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek. (2022). Apa Itu Asesmen Nasional? Diakses pada 02 Februari 2023, pukul 14.11 dari https://anbk.kemdikbud.go.id/

Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.

Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui kearifan lokal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 201-214.

Rahmawati, K., Nurhidayah, A. B., Syaharani, N. A., Matheos, Y., Malaikosa, L., & Dinar Permata, S. (n.d.). Education and Learning of Elementary School (ELES) VOL Implementasi ANBK Terhadap Kesiapan Mental Peserta Didik.

Setiyowati, H., Suryati, E., & Rina, R. (2022). Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Di Madrasah Ibtidayah Negeri 9 Hulu Sungai Utara. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 803.

Suarga. (2019). Hakikat, Tujuan dan Fungsi Evaluasi dalam Pengembangan Pembelajaran: Vol. VIII (Issue 2).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, RnD. Bandung: Penerbit Alfabeta.