METODE ELPA UNTUK PENGUASAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Main Article Content

Siti Salwa Sabilla
Salma Nur Assyifa

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeksripsikan kemahiran yang harus dikuasai peserta didik dalam kemampuan berbahasa inggris. Bahasa Inggris adalah bahasa umum yang telah digunakan sebagai bahasa utama di banyak bagian negara. Selain itu, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sangat penting untuk kita pelajari dan pahami. Hal ini terbukti dalam dunia pendidikan di Indonesia. Salah satu mata pelajaran yang diajarkan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi adalah bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peserta didik mahir atau tidak dalam berbahasa inggris, dan melatih pengetahuan serta keterampilan peserta didik dalam berbahasa inggris. Data dikumpulkan yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan juga melakukan pre-test kepada peserta didik setelah itu melakukan dokumentasi. ElPA (English Language Proficiency Assessment) terdiri dari empat sub domain utama, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil tes kelompok dan individu pada keempat sub domain tersebut menunjukkan bahwa siswa sudah memiliki kemampuan yang baik atau bahkan sudah mahir dalam keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

Article Details

How to Cite
Sabilla, S. S., & Salma Nur Assyifa. (2023). METODE ELPA UNTUK PENGUASAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS . Karimah Tauhid, 2(5), 2061–2074. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9385
Section
Articles

References

Adhi, Imam Susilo. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Mastery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Inggris Kelas 5 SD Sono Parangtritis Kretek Bantul.” E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan 6(1):13–25.

Carroll, Patricia E., and Alison L. Bailey. 2016. “Do Decision Rules Matter? A Descriptive Study of English Language Proficiency Assessment Classifications for English-Language Learners and Native English Speakers in Fifth Grade.” Language Testing 33(1):23–52. doi: 10.1177/0265532215576380.

Purandina, I. Putu Yoga. 2022. “Kecemasan Berbahasa Asing Anak Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 3(1):27. doi: 10.55115/edukasi.v3i1.2297.

Rahayu, Restu, Sofyan Iskandar, and Yunus Abidin. 2022. “Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia.” Jurnal Basicedu 6(2):2099–2104. doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2082.

Sya, Mega Febriani, and Fachri Hemanto. 2020. “Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7(1):71–81. doi: 10.30997/dt.v7i1.2348.

Syahputra, Idham. 2014. “Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa.” Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 17(1):127–45.

Utami, Widanti, Mega Febriani Sya, and Arif Hidayat. 2022. “Mengembangkan Materi Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Kelas 4.” LADU : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan (6):231–40.

Zainala, Anna Gustina, Risnawaty Risnawaty, Hassan I. Rohimah, and Mega Febriani Sya. 2021. “Efek Komparatif Penggunaan Cerpen Asli Dan Cerpen Lokal Sebagai Dua Jenis Sumber Budaya Pada Pemahaman Membaca Pembelajar EFL Indonesia.” International Journal of Society, Culture & Language IJSCL.

Most read articles by the same author(s)