Model Pengembangan Peningkatan Mutu Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Mutu Berbasis Sekolah

Main Article Content

Paulina Agustin
Anne Effane

Abstract






Peningkatan mutu pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas seluruh manusia Indonesia melalui gerak, olah pikir, dan olah raga agar mampu berdaya saing dalam menghadapi tantangan global. Peningkatan arti penting pendidikan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memenuhi persyaratan kebutuhan berdasarkan potensi sumber daya alam Indonesia. Peningkatan mutu pendidikan tidak hanya dilihat dari satu sudut pandang saja, tetapi mencakup seluruh aspek proses pendidikan, mulai dari input, proses, dan output. Istilah manajemen mempunyai konotasi dengan kata pengelolaan maupun administrasi. Kata manajemen merupakan terjemahan bahasa Inggris dari manajemen, tetapi karena tidak representatif dalam isi, kata manajemen telah dibakukan dalam bahasa Indonesia menjadi manajemen. Manajemen pendidikan pada hakekatnya merupakan proses kerja sama dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan, sehingga keberadaannya menjadi sangat penting dalam mengelola program pendidikan.






Article Details

How to Cite
Agustin, P., & Effane, A. (2022). Model Pengembangan Peningkatan Mutu Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Mutu Berbasis Sekolah. Karimah Tauhid, 1(6), 903–907. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i6.7700
Section
Articles

References

Hamid, H. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 87-96.

Usman, A. S. (2014). Meningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 13-31.

Farikhah, S. (2015). Manajemen lembaga pendidikan.

Baharuddin, B. (2017). Penguatan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (Mpmbs). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 14-22.

Sutisna, N. W. ., & Effane, A. (2022). Fungsi Manajemen Sarana dan Prasarana. KARIMAH TAUHID, 1(2), 226–233. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i2.7719

Damayanti, S. D., & Effane, A. (2023). Fungsi Kewirausahaan Dalam Pendidikan . KARIMAH TAUHID, 1(1), 90–98. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.7711

Sefhia Naila, & Effane, A. (2023). Desentralisasi Manajemen Pembiayaan Dan Konflik Dalam Mahalnya Biaya Pendidikan. KARIMAH TAUHID, 1(1), 84–89. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.7715

Farah Anisa, & Effane, A. (2023). TUJUAN MANAJEMEN SEKOLAH. KARIMAH TAUHID, 1(1), 80–83. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.7720

Anggraeni, R., & Effane, A. (2022). Peranan Guru dalam Manajemen Peserta Didik. KARIMAH TAUHID, 1(2), 234–239. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i2.7701

Siti Nurharirah, & Effane, A. (2023). Hambatan dan Solusi dalam Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. KARIMAH TAUHID, 1(2), 219–225. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i2.7709