Analisis Dampak Game Online Mobile Legends Bang bang terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V di SD IT Nurul Yaqien

Authors

  • Syarif Akhmad Universitas Djuanda
  • Radif Khotamir Rusli Universitas Djuanda
  • Irma Inesia Sri Utami Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i10.15492

Keywords:

Game Online, Mobile Legends, Konsentrasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak permainan dari Mobile Legends Bang Bang terhadap sikap belajar siswa kelas V SD IT Nurul Yaqien. Metode analisis yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, analisis data, dan penalaran data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aksesibilitas terhadap teknologi, pengaruh teman sebaya, stres, dan metode pengajaran yang kurang ketat merupakan faktor kunci yang mendorong siswa lebih banyak bermain Mobile Legends dibandingkan dengan pembelajaran di kelas tradisional. Dampak yang teridentifikasi meliputi penurunan konsentrasi belajar, gangguan tidur, serta emosi, dan stres yang tidak stabil. Studi menunjukkan bahwa untuk mengatasi masalah ini, guru dan siswa harus meningkatkan rentang perhatian mereka dan mengembangkan metode pengajaran yang lebih kreatif. Meskipun Mobile Legends adalah permainan dengan beberapa manfaat, dampak negatifnya terhadap sikap belajar siswa memerlukan pertimbangan lebih lanjut dari pihak administrasi sekolah dan siswa. Ada juga aspek positif seperti peningkatan kerja sama tim dan akuntabilitas individu

References

Oktaviansyah, F. D., & Tutiasri, R. P. (2023). Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Virtual Items pada Game Online Mobile Legends: Bang Bang. Da'watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(2), 915-925.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-340.

Hasanah, R. (2018). Pengaruh penggunaan gadget terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 23(2), 45-57.

Hidayat, S. (2021). Metode pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 34(1), 101-110.

Kováčová, E., et al. (2020). Online gaming and academic stress among adolescents. Journal of Adolescent Health, 45(3), 189-195.

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. Springer Publishing Company.

Piaget, J. (1970). Science of education and the psychology of the child. Viking Press.

Pratama, H. (2019). The role of online games in relieving stress among students. Journal of Digital Education, 12(4), 78-85.

Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants. On the Horizon, 9(5), 1-6.

Rahman, A. (2018). Pengaruh inovasi metode pembelajaran terhadap prestasi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 12-21.

Santrock, J. W. (2011). Life-span development (13th ed.). McGraw-Hill.

Sukmawati, D. (2020). Pengaruh teman sebaya terhadap kebiasaan bermain game online pada siswa sekolah dasar. Jurnal Psikologi, 15(2), 134-145.

Anderson, C. A., et al. (2010). Violent Video Game Effects on Aggression, Empathy, and Prosocial Behavior in Eastern and Western Countries: A Meta-Analytic Review. Psychological Bulletin, 136(2), 151-173.

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice Hall.

Cain, N., & Gradisar, M. (2010). Electronic Media Use and Sleep in School-aged Children and Adolescents: A Review. Sleep Medicine, 11(8), 735-742.

Granic, I., Lobel, A., & Engels, R. C. (2014). The Benefits of Playing Video Games. American Psychologist, 69(1), 66-78.

Downloads

Published

2024-10-04

How to Cite

Akhmad, S., Rusli, R. K., & Utami, I. I. S. (2024). Analisis Dampak Game Online Mobile Legends Bang bang terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V di SD IT Nurul Yaqien. Karimah Tauhid, 3(10), 11449–11468. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i10.15492