Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan (IPS)

Authors

  • Putri Prawitasari Universitas Djuanda
  • Iyon Muhdiyati Universitas Djuanda
  • Irma Inesia Sri Utami Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14869

Keywords:

Pendidikan Karakter, Ilmu Pengetahuan Sosial, SDN Banjarsari 01 Ciawi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana pendidikan karakter diterapkan dalam pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SDN Banjarsari 01 Ciawi. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menggambarkan dan menjelaskan kualitas serta pengaruh pendidikan karakter yang tidak dapat diukur secara kuantitatif. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, serta pengumpulan data dari kepala sekolah, guru, dan siswa kelas V, juga catatan sekolah. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa pemahaman mengenai pendidikan karakter di sekolah ini melibatkan integrasi nilai-nilai moral dalam setiap aspek pembelajaran IPS. Implementasi pendidikan karakter dilakukan melalui pendekatan holistik yang mengaitkan materi pembelajaran dengan nilai-nilai moral seperti kejujuran, kepemimpinan yang adil, dan semangat persatuan. Faktor pendukung meliputi kurikulum yang dirancang untuk mencakup nilai-nilai karakter, fasilitas dan infrastruktur yang mencukupi, serta kontribusi guru dan dinamika kelas yang kondusif. Faktor penghambat mencakup keterbatasan waktu di kelas dan kurangnya pemahaman guru mengenai karakteristik siswa

References

A, Doni Koesoema. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Afandi, R. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85-98.

Agus Wibowo. 2013. Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Andrianto, Tuhana (2011). Mengembangkan Karakter Sukses Anak di Era Cyber.

Gunawan, Rudi. 2013. Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta. Hamalik, Oemar. 2003.

Hartono. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter pada Layanan Bimbingan dan Konseling. Wahana, volume 57, nomor 2/ Desember.

Nurroini, A., Bambang, Y., & RP, E. Y. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Melalui Media Visual Basic Application. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 31-39.

Simanjuntak, D. (2012). Pendidikan Karakter: Membentuk Karakter Unggul, Jurnal Pendidikan Penabur. Tahun ke 11. No.19.

Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta : Kencana.

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Prawitasari, P., Muhdiyati, I. ., & Utami, I. I. S. . (2024). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan (IPS). Karimah Tauhid, 3(8), 8620–8630. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14869
Abstract viewed = 4 times