Pengaruh Konten Youtube Gita Savitri Devi Terhadap Kesadaran Gender Subscriber

Authors

  • Jawi Fadilah Universitas Djuanda
  • Agustina Multi Purnomo Universitas Djuanda
  • Robby Firliandoko Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14993

Abstract

Dengan adanya perkembangan teknologi, terdapat banyak perubahan termasuk perkembangan pada media baru dalam komunikasi massa, salah satu media baru tersebut adalah Youtube. Banyak dari masyarakat menjelma menjadi Youtuber untuk memanfaatkan Youtube sebagai media dalam menyampaikan pesan yang dikemas melalui video konten. Gita Savitri Devi merupakan salah satu Youtuber yang aktif mengunggah konten tentang isu-isu terkini untuk membangun kesadaran gender, dengan adanya kesadaran gender diharapkan laki-laki dan perempuan dapat mengambil peran sosial masing-masing sesuai dengan yang berlaku di lingkungan sosial dan budaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pesan konten Youtube Gita Savitri Devi episode “Perempuan & Keperempuanan: Memaknai Hari Ibu” terhadap kesadaran gender subscriber. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksplanatif dengan melibatkan populasi subscriber channel Youtube Gita Savitri Devi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pesan konten Youtube episode “Perempuan & Keperempuanan: Memaknai Hari Ibu” terhadap kesadaran gender subscriber sebesar 51,4%.

Kata Kunci: Komunikasi Massa, Pesan, Konten Youtube, Kesadaran Gender

References

Arnaut, C., Broglio, D., Dankelman, I., Dauvellier, M., Dennehy, J., Ferguson, L., Ferrari, E., Forest, M., Frangoudes, K., Frey, R., Irving, P., Lodovici, S., Loi, D., Mcdevitt-pugh, L., Mantouvalou, K., Mergaert, L., Brien, S. O., Orlando, N., Osch, T. Van, … Pillinger, J. (n.d.). Gender awareness raising European Institute for Gender Equality. https://doi.org/10.2839/26396

Balaka, Y. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG.

Firliandoko, R., Luthfie, M., & Kusumadinata, A. A. (2018). Strategi Manajemen Komunikasi Pada Bogor Ngariung. Jurnal Komunikatio, 4(1), 13–26. https://doi.org/10.30997/jk.v4i1.1209

Fitriani, D. dan heryanto susilo. (2022). J + PLUS : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah PENGARUH KOMPETENSI TUTOR TERHADAP KREATIVITAS Pendahuluan. J Plus, 11(2), 379–385.

Hidayat, T. W. (2021). Analisis Percakapan Komunikasi dalam Menentukan Keberhasilan Pesan. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 7(2), 166–176. https://doi.org/10.31289/simbollika.v7i2.5632

Kaul Krishna Lnmi, D. (2018). Decoding 7c’s in Effective Communication. International Journal of Communication, 28(2).

Kemp, S. (2024). Digital Indonesia: 2024. Datareportal. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia

Nurhadi, Z. F., Kurniawan, A. W., Studi, P., Komunikasi, I., & Garut, U. (2017). Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian-ISSN: 2461-0836 KAJIAN TENTANG EFEKTIVITAS PESAN DALAM KOMUNIKASI. 1, 90–95.

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Zifatama Publishing.

Purnomo, A. (2016). The Roles of Food Industries as a Part of Food Tourism Development for Woman Empowerment in Bogor. 368–373. https://doi.org/10.2991/atf-16.2016.55

Purnomo, A. M. (2022). Social Factors and Social Media Usage Activities on Customer Path 5A Continuity Due to E-Marketing Communication. International Journal of Social Science and Business, 7(1), 11–24. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i1.46701

Purnomo, A. M. (2023a). Agustina Multi Purnomo MetaCommunication: Journal of Communication Studies EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PESAN DALAM MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE. 8(2), 232–245.

Purnomo, A. M. (2023b). Bibliometric Analysis of the Trend of Sociology of Communication Research Topics. Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 8.

Purnomo, A. M. (2023c). Ten Principles of Interactional Communication Skills Implementation in Learning. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 7(2), 184–193. https://doi.org/10.22437/jssh.v7i2.20137

Purwasito, A. (2017). Analisis Pesan. Jurnal The Messenger, 9(1), 103. https://doi.org/10.26623/themessenger.v9i1.434

Regional, U., & Asia, S. (2017). Glossary of Terms and Concepts. November.

Schmitt, D. P., Long, A. E., McPhearson, A., O’Brien, K., Remmert, B., & Shah, S. H. (2017). Personality and gender differences in global perspective. International Journal of Psychology, 52, 45–56. https://doi.org/10.1002/ijop.12265

Tullio, I. Di. (2019). Efficacy Through Gender Awareness. 11(October), 226–245. https://doi.org/10.14658/pupj-ijse-2019-3-13

Vira, A., & Reynata, E. (2022). Penerapan youtube sebagai media baru dalam komunikasi massa. Komunikologi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2), 96–101. https://komunikologi.esaunggul.ac.id/index.php/KM/article/view/514/254

Yuristiadhi, G. (2019). The Seven Communication Series: Content. Universitas Gadjah Mada. https://publicspeaking.sv.ugm.ac.id/2019/09/04/the-seven-communications-series-content/

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Fadilah, J., Agustina Multi Purnomo, & Robby Firliandoko. (2024). Pengaruh Konten Youtube Gita Savitri Devi Terhadap Kesadaran Gender Subscriber . Karimah Tauhid, 3(8), 8701–8711. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i8.14993
Abstract viewed = 7 times

Most read articles by the same author(s)